Pengertian Puisi dan Makna Puisi

Puisi merupakan salah satu jenis kesusastraan yang banyak melahirkan sastrawan-sastrawan terkemuka, seperti Ajip Rosidi, Khairil Anwar, N. H. Dini, Sapardi Djoko Damono, dan masih banyak sastrawan-sastrawan terkenal lainnya. Dari banyak sastrawan tersebut mempunyai ciri khasnya masing-masing. Baik dari bentuk puisinya, jenis dan kategori puisi, sampai pada tata cara penulisan puisi.

RA Kartini
Secara etimologis, kata puisi dalam bahasa Yunani berasal dari poesis yang artinya berati penciptaan. Dalam bahasa Inggris, padanan kata puisi ini adalah poetry yang erat dengan –poet dan -poem. Mengenai kata poet, Coulter (dalam Tarigan, 1986:4) menjelaskan bahwa kata poet berasal dari Yunani yang berarti membuat atau mencipta. Dalam bahasa Yunani sendiri, kata poet berarti orang yang mencipta melalui imajinasinya, orang yang hampir-hampir menyerupai dewa atau yang amat suka kepada dewa-dewa. Dia adalah orang yang berpenglihatan tajam, orang suci, yang sekaligus merupakan filsuf, negarawan, guru, orang yang dapat menebak kebenaran yang tersembunyi.
Menurut sumber yang dikutip dari http://forum.wgaul.com, para ahli memiliki pandangan yang berbeda tentang fungsi puisi.   
  1. Menurut Matthew Arnold puisi merupakan keistimewaan tersendiri, ia memberikan sumbangan kepada perbendaharaan pengalaman atau pengetahuan manusia. 
  2. Menurut Aristoteles puisi yang bersifat tragis berupaya membersihkan kerohanian manusia melalui rasa simpati atau belas kasihan. 
  3. Menurut Shelley puisi memperkuat organ moral manusia sama seperti pendidikan jasmani yang memperkuat urat-urat dalam badan, dan puisi juga bisa membawa kita untuk melihat apa yang kita tidak pernah kita lihat, untuk mendengar apa yang tak pernah kita dengar. 
  4. Menurut Shahnon Ahmad puisi adalah untuk menyemarakkan kesadaran. Umtuk memanusiakan kembali manusia itu, meninggikan budi pekerti, membentuk perwatakan dan juga membangkitkan semangat untuk bertindak. dan terakhir 
  5. Menurut gue puisi ya puisi... hehe.............
Demikian tulisan mengenai Pengertian Puisi dan Makna Puisi ini saya sampaikan. Semoga bermanfaat
Disqus Comments