Hakikat Karangan Deduktif

Posted on
Apakah yang dimaksud dengan Karangan Deduktif?, Ya, karangan deduktif secara umum adalah karangan yang gagasan utamanya terletak diawal paragraf. Gagasan utama. Tetapi sebenarnya saya telah membuat artikel tentang Pengertian Karangan Deduktif beberapa waktu yang lalu, silahkan lihat kembali tentang pengertian karangan deduktif pada artikel sebelumnya.

Karangan yang baik adalah karangan yang memiliki kohesi dan koherensi yang tinggi. Suatu paragraf dikatakan koherensi, apabila ada kekompakan antara gagasan yang dikemukakan kalimat yang satu dengan yang lainnya.
Hakikat Karangan Deduktif
Kalimat-kalimatnya memiliki hubungan timbal balik serta secara bersama-sama membahas satu-satu gagasan utama. Tidak dijumpai satu pun kalimat yang menyimpang ataupun loncatan-loncatan pikiran yang membingungkan. Paragraf dikatakan kohesi (padu), apabila karangan tersebut membahas satu tema tertentu. Jelasnya bahwa kepaduan berarti dalam satu karangan tidak membahas berbagai tema atau tema bawahan.

Sebuah karangan terbentuk atas gagasan utama, kalimat utama, dan terdapat pula kalimat penjelas. Gagasan utama merupakan pokok persoalan yang terdapat dalam sebuah karangan. 
Kalimat utama merupakan kalimat yang masih bisa dijelaskan oleh kalimat penjelas atau dengan kata lain kalimat utama merupakan kalimat yang bersifat umum. 
Kalimat penjelas merupakan kalimat lanjutan yang melengkapi kalimat utama atau dengan kata lain kalimat penjelas merupakan kalimat yang bersifat khusus.
Semoga bermanfaat

Gravatar Image

I am Heidy Hadiningrat a Writer, Blogger, SEO Practice and Internet Marketer owner TheCrazyPerfect.com. I started my blog in 2013 and get daily unique visitor 10K+. Sharing is sexy is my moto.

Leave a Reply