Hakikat Karangan Deduktif

Ad Blocker Detected

Website ini dibiayai dari iklan yang ditampilkan. Mohon non-aktifkan AdBlocker Anda untuk keberlangsungan THECRAZYPERFECT.COM

Apakah yang dimaksud dengan Karangan Deduktif?, Ya, karangan deduktif secara umum adalah karangan yang gagasan utamanya terletak diawal paragraf. Gagasan utama. Tetapi sebenarnya saya telah membuat artikel tentang Pengertian Karangan Deduktif beberapa waktu yang lalu, silahkan lihat kembali tentang pengertian karangan deduktif pada artikel sebelumnya.

Karangan yang baik adalah karangan yang memiliki kohesi dan koherensi yang tinggi. Suatu paragraf dikatakan koherensi, apabila ada kekompakan antara gagasan yang dikemukakan kalimat yang satu dengan yang lainnya.
Hakikat Karangan Deduktif
Kalimat-kalimatnya memiliki hubungan timbal balik serta secara bersama-sama membahas satu-satu gagasan utama. Tidak dijumpai satu pun kalimat yang menyimpang ataupun loncatan-loncatan pikiran yang membingungkan. Paragraf dikatakan kohesi (padu), apabila karangan tersebut membahas satu tema tertentu. Jelasnya bahwa kepaduan berarti dalam satu karangan tidak membahas berbagai tema atau tema bawahan.

Sebuah karangan terbentuk atas gagasan utama, kalimat utama, dan terdapat pula kalimat penjelas. Gagasan utama merupakan pokok persoalan yang terdapat dalam sebuah karangan. 
Kalimat utama merupakan kalimat yang masih bisa dijelaskan oleh kalimat penjelas atau dengan kata lain kalimat utama merupakan kalimat yang bersifat umum. 
Kalimat penjelas merupakan kalimat lanjutan yang melengkapi kalimat utama atau dengan kata lain kalimat penjelas merupakan kalimat yang bersifat khusus.
Semoga bermanfaat

Artikel serupa yang mungkin Anda cari

Leave a Reply

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE