Pengertian Karangan Deduktif

Posted on
Dalam artikel terdahulu saya telah membahas Pengertian Karangan Narasi dan Pengertian Karangan Persusasi yang secara rinci dijelaskan. Pada kesempatan ini, saya sedikit mengulas Pengertian Karangan Deduktif. 
Karangan deduktif adalah karangan yang gagasan utamanya terletak diawal paragraf. Gagasan utama atau pokok persoalan paragraf itu dinyatakan dalam kalimat pertama. Kemudian disusul atau penjelasan-penjelasan terperinci terhadap gagasan utama (Kosasih, 2003:41).

pengertian, karangan, deduktif
Pendapat lain menyatakan bahwa karangan deduktif adalah karangan yang menyajikan pokok permasalahan terlebih dahulu, lalu menyusul uraian atau rincian permasalahan karangan (Finoza, 2009:189)
Poerwordarmita (1984:449) menjelaskan bahwa karangan deduktif adalah karangan yang dimulai dari pernyataan yang bersifat umum disusul dengan pernyataan yang bersifat khusus. Gagasan pokok dalam karangan ini berada pada pernyataan yang bersifat umum atau berada di awal karangan.

Ciri dari karangan ini diantaranya: gagasan pokok berada diawal karangan, menarik dari pernyataan yang bersifat umum ke pernyataan yang bersifat khusus, peryataan yang bersifat umum merupakan penyebab, dan hanya memiliki satu tema dalam satu alineanya (Poerwordarmita, 1984:450).

Syarat dari karangan ini yaitu memiliki kohesi (kepaduan) dan koherensi (kesatuan) yang tinggi. Karangan dikatakan kohesi jika karangan tersebut memiliki tema yang tunggal. Karangan dikatakan koherensi jika setiap kalimat yang membangun karangan tersebut bersama-sama membentuk satu kesatuan yang utuh (Poerwordarmita, 1984:451). 

Demikian Artikel Tentang Pengertian Karangan Deduktif ini saya sampaikan. untuk memahami lebih dalam lagi, maka anda bisa membaca artikel saya yang berjudul Hakikat Karangan DeduktifSemoga bermanfaat

Gravatar Image

I am Heidy Hadiningrat a Writer, Blogger, SEO Practice and Internet Marketer owner TheCrazyPerfect.com. I started my blog in 2013 and get daily unique visitor 10K+. Sharing is sexy is my moto.

Leave a Reply