TUTORIAL BELAJAR MICROSOFT EXCEL #1

TUTORIAL BELAJAR MICROSOFT EXCEL - Komputer pertama kali dikenal sebagai mesin pengolah angka. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, kemampuan computer tidak hanya terbatas pada kecepatannya menghitung, tetapi juga kemampuan mengolah data sehingga tampilan sebuah dokumen menjadi lebih menarik, elegan dan mudah difahami. Salah satu perangkat lunak (software) pengolah angka yang paling umum digunakan oleh masyarakat atau perusahaan/lembaga tertentu adalah program aplikasi Microsoft Excel. Penggunaan Microsoft Excel sebagai pengolah data adalah karena relative sederhana dan sangat mudah untuk dipelajari.

TUTORIAL BELAJAR MICROSOFT EXCEL
Ilustrasi Microsoft Excel
Perangkat lunak (software) system aplikasi pengolah angka merupakan bagian dari bagian dari perangkat lunak System Operasi (Operating System/OS). Perangkat lunak (software) pengolah angka merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola data terutama data angka.

Program aplikasi ini sangat tepat untuk digunakan dilingkungan perkantoran, perusahaan dan dunia pendidikan. Hal yang bisa dilakukan dari aplikasi ini adalah : MEMBUAT TABEL, MEMBUAT GRAFIK, MENYISIPKAN GAMBAR, dan MENGHITUNG ANGKA SECARA CEPAT DAN AKURAT.

Selain Microsoft Excel sebagai perangkat lunak aplikasi pengolah angka, ada bebrapa perangkat lunak lain yang juga mempunyai fungsi yang sama yaitu, Visical, Symphoni, Lotus, dan Supercal (ini akan kita bahas kemudian). Untuk pengolah angka tersebut lahir sebelum computer menggunakan Windows Operating System (Sistem Operasi Windows), sementara Microsoft Excel ini merupakan bagian dari Microsoft Office yang bekerja dibawah system operasi windows.

Ada beberapa program yang bekerja dibawah program Microsoft Office diantaranya yaitu, Microsoft Words, Microsoft Acces, Microsoft Power Point, dll. Fungsi dari beberapa program tersebut adalah:
  1. MicrosoftWords digunakan untuk menulis surat, membuat artikel, menulis makalah, meyimpan dokumen dalam bentuk HTML, TXT, DOC, DOCX, XML dan RTF. 
  2. MicrosoftAcces digunakan untuk membuat, mengolah dan mengelola basis data atau sering juga disebut dengan database. 
  3. Power Point digunakan untuk membuat, mengolah dan merancang presentasi, biasanya penggunaannya dilakukan ileh guru, dosen atau presentasi makalah ilmiah dan jurnal ilmiah.
  4. Microsoft Excel digunakan untuk memproyeksikan, menghitung, menganalisa dan mempresentasikan data.
Cukup sekian dari saya tentang pengenalan Microsoft Excel ini khususnya dan umumnya Microsoft Office. Selanjutnya kita akan membahas tentang “Perangkat dan Sistem yang dibutuhkan untuk menjalankan Microsoft Excel”. Sebagai pengenalan tentang fungsi logika, silahkan baca Tutorial saya di Pembelajaran Microsoft Excel Fungsi Logika. Demikian TUTORIAL BELAJAR MICROSOFT EXCEL ini saya buat, Selamat Sore dan Selamat Berbahagia.

Disqus Comments