Sukses Dalam Pandanganku

Posted on
Sukses Dalam Pandanganku – Sering kali kita mendengar slogan – slogan tentang sebuah pencapaian, sebuah usaha dan kerja keras untuk mencapai apa yang dinamakan kebanyakan orang sengan kata “Sukses”. Usaha untuk mencapai keinginan melibatkan berbagai aspek dan cara, dari sudut pandang individu, maka sejuta alasan tercipta dari pembahagian aspek dan cara.
Sukses Dalam Pandanganku
Selama masih terbentuknya komunitas dunia, maka proses akan terus berlanjut dan menimbulkan sesuatu yang baru dari segi aspek dan cara tersebut. Tahap demi tahap dari waktu ke waktu terus tercapai, dan pencapaian itu dinamanakan “Target”. Namun, sejatinya penentuan target suatu kelompok atau individu terjadi sedikit perbedaan walau didalamnya terdapat persamaan. Contoh ilustrasi dibawah

sesama pedagang kain ingin kainnya habis terjual, namun hasil penjualannya itu digunakan untuk hal berbeda, si A menginginkan keuntungannya untuk membeli sebuah Motor, dan Si B mengingikan keuntungan dari penjualannya tersebut untuk membuka toko yang baru. Untuk itulah saya mengatakan ‘Sama tapi tak serupa”.

Dari contoh diatas, perbedaan kedua tujuan dan peruntukannya terhadap suatu hasil, maka kita dapat membuat satu kesimpulan bahwa “Kesuksesan menurut pandangan saya adalah kemampuan mempertahankan sesuatu yang telah dijalaninya 1”.
Selain hal tersebut, sukses bukan berarti sebuah pencapaian suatu impian atau keinginan. Walaupun keinginan dan impian kita tidak tercapai, setidaknya masih bisa disebut “Sukses”. Sebagai ilustrasi, kita perhatikan cerita berikut”

“Dalam sebuah peperangan yang hebat, terjadi pertempuran disebuah gurun yang tandus, dimana keduanya mengambil jalan melintas dan secara kebetulan bertemu di satu titik tengah gurun. Dalam pertempuran tersebut, kubu A dikalahkan oleh kubu B”

Dari ilustrasi cerita diatas, kedua kubu bisa dinyatakan “Sukses” dan “Tidak Sukses”. Kenapa?
  1. Sukses ditentukan oleh jalan atau cara
  2. Sukses ditentukan oleh tempat
  3. Sukses bukan berarti menang
  4. Sukses juga bukan berarti kalah

Penjelasannya, kubu B bisa dinyatakan tidak sukses walaupun dia menang, penyebab ketidaksusesan kubu B adalah:
  1. Menang berada dalam posisi tempat/lokasi yang salah atau tidak tepat
  2. Berkurangnya jumlah pasukan ataupun persenjataan untuk mencapai tujuan.

Meski sukses memenangkan pertempuran, namun gagal dalam mempertahankan kekuatan dan itu disebut pengorbanan, namun pengorbanan yang baik adalah tidak menghilangkan kekuatan karena jika sudah hilang kekuatan, kemampuan untuk mencapai pun berkurang. Ingat [ Kegagalan Bukanlah Halangan ]
Demikian juga dengan kubu A, dia bisa dinyatakan sukses karena telah mampu menahan dan mengubah sesuatu kemampuan yang dimiliki kubu B menjadi lebih sedikit atau berkurang.
Jadi, dalam sudut pandang saya pribadi, sukses itu “kita mampu bertahan untuk mempertahankan keinginan untuk mencapai tujuan dan sukses bukan hasil akhir sebuah drama kehidupan”.
Bagaimana Anda bingung? Perhatikan kalimat demi kalimat saya secara cermat dan teliti.
Gravatar Image

I am Heidy Hadiningrat a Writer, Blogger, SEO Practice and Internet Marketer owner TheCrazyPerfect.com. I started my blog in 2013 and get daily unique visitor 10K+. Sharing is sexy is my moto.

Leave a Reply