TUTORIAL BELAJAR MICROSOFT EXCEL #2

TUTORIAL BELAJAR MICROSOFT EXCEL #2 – Perangkat dan Sistem yang Dibutuhkan untuk Menjalankan Microsoft Excel, Microsoft Excel sering digunakan dalam perkantoran, perusahaan dan lembaga lainnya untuk melakukan perhitungan rugi laba, pengolahan data statistik, pembuatan database, operasi statistic, pembuatan grafik, penggunaan rumus, dan lain-lain. 
TUTORIAL BELAJAR MICROSOFT EXCEL #2

Untuk menjalankan Microsoft Excel perangkat dan system minimal yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
  • Perangkat Lunak (Software), perangkat yang dibutuhkan yaitu Operating System (Sistem Operasi) Windows
  • Perangkat Keras (Hardware), konfigurasi perangkat keras minimal yang dibutuhkan adalah processor 486, floppy Disk Drive 3.5”, memori RAM 8 Mb, keyboard, monitor VGA atau SVGA dan Mouse (seperangkat lengkap alat computer jadul)
Komponen Tambahan
  1. Printer dan Ploter, untuk menghasilkan print out, Microsoft Excel mendukung sejumlah printer diantaranya seri Hawlet – Packard, Laser Jet, seri Laser Writer Post Script atau jenis printer lainnya yang kompatibel dengan OS Windows.
  2. Mouse dan piranti penunjuk lainnya, program aplikasi pengolah angka Microsoft Excel menggunakan antarmuka (interface) grafik dengan memanfaatkan keunggulan menu drop-down dan ikon untuk melakukan pilihan dengan cepat dan mudah. Walaupun secara teknis mouse tetap dianggap sebagai aksesoris opsional namun perannya penting karena banyak kemampuan yang tersedia dalam Microsoft Excel yang memerlukan mouse. Contohnya control toolbar hanya dapat diakses dengan mouse. Tentunya untuk jaman sekarang yang semakin canggih fungsi mouse sedikit berkurang dengan banyaknya laptop atau notebook yang tidak membutuhkan mouse, fungsi mouse digantikan dengan Touchpad atau Touch Screen.
  3. Memori, agar program Microsoft Excel lebih efisien, kita dapat menambahkan memori supaya dapat membuat worksheet yang lebih besar dan melaksanakan perintah-perintah dan perhitungan dengan lebih cepat. Semakin besar sebuah memori maka akan semakin cepat pula suatu program berjalan.

Demikian TUTORIAL BELAJAR MICROSOFT EXCEL #2 ini dibuat, kita akan membahas program Microsoft Excel ini setahap demi setahap agar mudah dipahami oleh pemula atau pelajar. Cukup sekian dari saya dan terima kasih. Untuk lebih memahami tentang Microsoft Excel ini silahkan baca artikel saya terdahulu di TURORIAL BELAJAR MICROSOFT EXCEL #1. 
Disqus Comments