Pengertian Asuransi

Mencermati kondisi yang ada serta perkembangan global yang menuntut manusia untuk cerdas dan bijak dalam memutuskan persoalan termasuk merencanakan masa depan. Prinsip dan hakikat hidup memaksa kita terperangkap dalam putaran sosial dan peta pemahaman yang terpusat kepada cita-cita. Saya teringat kata bang Iwan Fals bahwa " Keinginan adalah sumber penderitaan", akan tetapi jika manusia tanpa keinginan maka tidak akan ada kemajuan.

Secara garis besar, naluri manusia dan hewan adalah ingin. yaitu sesuatu yang harus didapatkan atau dicapai. Menurut Marthin Luther King " I Have a Dream" itu artinya seorang tokoh dunia mempunyai mimpi yang harus diwujudkan dalam kenyataan. Untuk mewujudkan mimpi itu maka diperlukan perjuangan dan pengorbanan.


Cukup sekian pembuka dari saya, selanjutnya kita akan membahas tentang Pengertian Asuransi. Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis di mana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) mendapatkan penggantian dari kejadian atau peristiwa yang tidak terduga. yang dimaksud kejadian tidak terduga ini seperti seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit. Asuransi selalu melibatkan dua belah pihak yaitu Penanggung dan Tertanggung yang didalamnya memuat perjanjian.
Pengertian Asuransi

Pengertian lain dari Asuransi adalah "Asuransi atau Pertanggungan adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu.”. Pengertian ini dimuat Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD), tentang asuransi atau pertanggungan seumurnya, Bab 9, Pasal 246.

Jadi secara sederhana pengertian asuransi adalah Perjanjian antara kedua pihak untuk mengganti biaya atau kerugian yang diakibatkan oleh suatu lejadian dimana pihak tertanggung harus membayar sejumlah uang sebagai jaminan. Demikian artikel tentang Pengertian Asuransi ini disajikan, semoga menjadi edukasi, inspirasi dan solusi.

Disqus Comments