Pengertian Domain dan Hosting

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Pengertian Domain dan Hosting- Perkembangan Teknologi yang semakin maju dan terus tumbuh menciptakan inovasi baru dalam berbagai bidang. Perkembangan ini tidak terlepas dari peran sumber daya manusia yang bergerak dinamis mengikuti pola teknologi.

Pergerakan dan pertumbuhan teknologi selalu menghadirkan tantangan bagi orang-orang yang ingin tercatat namanya dalam sejarah (Baca : Sejarah dan Pengertian Domain) atau setidaknya memberikan andil bagi perkembangan teknologi itu sendiri.

Kita mengetahui bahwa pertumbuhan teknologi sangat cepat sehingga kita harus berlari mengejar ketertinggalan dari pesatnya perkembangan teknologi.

pengertian domain dan hosting

Pengertian Domain dan Hosting

Pengertian Domain dan Hosting sendiri harus difahami sebagai suatu kesatuan yang utuh. Ibaratya sebagai fondasi dan bangunan. Domain lebih mengarah kepada sifat atau zat (Non Fisik) sementara hosting merupakan bentuk fisik. Agar lebih mudah memahami tentang pengertian domain dan hosting, saya akan mengambil contoh dalam kehidupan sederhana. Pernahkah sobat makan sayur tetapi kurang garam? jika pernah tentu rasanya akan hambar. Nah, seperti itulah hubungan antara domain dan hosting ibarat “Masakan dan Garam”.

Apa Itu Pengertian Domain?

Menurut Wikipedia Pengertian Domain adalah Nama Unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat website. Namun, dalam artikel ini saya akan mencoba menguraikan secara lebih jelas tentang Pengertian domain agar lebih mudah difahami meski oleh anak Sekolah Dasar sekalipun.

Pengertian domain adalah sebuah nama yang menunjukan alamat suatu website sebagai pengganti IP Address yang rumit untuk dihafal oleh pengguna Internet yang memiliki extensi tertentu. Dari pengertian tersebut terdapat hubungan beberapa kata yang merupakan suatu sistem utuh yaitu Nama dan Alamat, IP Address dan Ekstensi.

Nama dan Alamat

Nama dan Alamat sebenarnya masih sama, artinya bahwa keduanya adalah sama-sama menunjukan sesuatu. Sebagai contoh disini saya akan menggunakan nama “Facebook” yang sudah sangat dikenal luas. Facebook merupakan nama dan alamat sebuah website. Setiap anda browsing di Internet akan mengetikan “Facebook” untuk login dan yang muncul adalah beberapa link yang mengandung keyword facebook. Untuk lebih jelasnya yang dimaksud nama dan alamat bisa juga disebut “judul website’. dalam dunia SEO disebut tag heading 1. Anda dapat membaca dalam artikel saya yang berjudul ” Choosing A Good Domain Name

IP Address

Jika sobat mencermati pengertian domain diatas, maka sobat menemukan kata IP Address. Apa maksud kata tersebut?. Jawabannya adalah bahwa yang dimaksud IP Address adalah sebuah angka yang di redirect menjadi huruf. Artinya terdapat pengalihan dari angka menjadi huruf. sebagai contoh http://127.0.0.01 dialihkan menjadi http://www.contoh.com

Ekstensi Domain

Yang dimaksud dengan ekstensi adalah akhiran yang terdapat diakhir nama dan alamat website. Ekstensi diawali dengan Titik atau lebih dikenal dengan nama DOT. facebook memiliki ekstensi DOT COM (facebook.com). www.thecrazyperfect.com diartikan sebagai thecrazyperfect sebagai alamat dan .com sebagai ekstensi.

Jenis – Jenis Domain

Top Level Domain atau Ranah Internet Tingkat Atas diatur oleh IANA ( Internet Assigned Numbers Authority ) yaitu suatu badan atau organisasi yang didanai oleh pemerintah Amerika Serikat yang mengurusi masalah penetapan parameter protokol internet, seperti ruang alamat IP, dan Domain Name System (DNS).

Pada saat ini, IANA membuat klasifikasi domain ke dalam 3 jenis yaitu :

  1. gTLD ( Global Top Level Domain )
  2. ccTLD ( Country Code Top Level Domain )
  3. iTLD ( Infrastruktur Top Level Domain )

gTLD ( Global Top Level Domain )

gTLD ( Global Top Level Domain ) adalah ekstensi domain yang bisa didaftarkan di negara mana saja, dimiliki oleh siapa saja dan sebagian tanpa syarat seperti dokumen atau identitas.

gTLD ( Global Top Level Domain ) merupakan ranah domain tingkat atas pertama yang saat ini banyak digunakan di seluruh dunia.

Contoh gTLD ( Global Top Level Domain )

Berikut adalah list gTLD yang banyak digunakan :

#1. Domain Lama

.com digunakan untuk komersil
.net digunakan untuk jaringan
.org digunakan untuk organisasi
.biz digunakan untuk bisnis
.aero digunakan untuk industri pesawat terbang
.root gak tau buat apa
.co sama dengan .com
.travel untuk wisata
.info untuk informasi

#2. New Domain
  1. .news untuk berita
  2. .live
  3. .site
  4. .space
  5. .online
  6. .xyz
  7. .club
  8. .tech
  9. .life
  10. .store
  11. .website
Ekslusif Top Level Domain

Merupakan nama domain ekslusif yang hanya bisa didaftarkan oleh lembaga tertentu dan persyaratan yang rumit. Berikut adalah ekslusif TLD

  1. .edu untuk departemen pendidikan di US sono
  2. .gov untuk pemerintah US
  3. .mil untuk militer

Ekstensi TLD ekslusif sangat dicari oleh blogger karena merupakan nama domain khusus. Mereka memburu .gov .edu untuk backlink ( saya juga sama ).

ccTLD

ccTLD merupakan ranah domain khusus yang mengidentifikasi suatu negara. ekstensi ini membutuhkan syarat dokumen seperti KTP dan harganya cukup mahal untuk ranah tingkat atas.

Sedangkan untuk second level domain harganya cukup terjangkau.

Contoh Ekstensi ccTLD

Berikut adalah list ccTLD yang terdaftar oleh IANA

  1. .id untuk indonesia
  2. .sg untuk singapura
  3. .ad untuk andora
  4. .pl untuk polandia
  5. .

  6. nl untuk belanda
  7. .masih banyak lagi… selengkapnya sedot disini gan
Second Level Domain

Merupakan domain tingkat dua yang terdiri dari gTLD dan ccTLD. Nama domain ini cukup populer dan banyak yang udah pake..

Contoh Second Level Domain

Berikut adalah contoh second level domain untuk negara indonesia.

  1. .desa.id untuk desa
  2. .sch.id untuk sekolah
  3. .go.id untuk pemerintahan
  4. .ac.id untuk perguruan tinggi
  5. .web.id untuk apa saja
  6. .co.id untuk komersil
  7. .biz.id untuk bisnis indonesia
  8. .net.id untuk siapa saja
  9. .my.id untuk personal

Apa Itu Pengertian Hosting?

Secara sederhana pengertian hosting adalah tempat penyimpanan file secara online untuk kemudian ditampilkan dalam sebuah laman website. File tersebut berupa teks, audio, video atau lainnya.

Hosting sebagai penyimpan online dijadikan bisnis oleh penyedia jasa layanan internet dengan menyediakan server yang kemudian diterjemahkan menjadi sebuah website.

Setelah anda memahami pengertian hosting, diharapkan anda bisa memilih hosting yang kredibel yang sesuai dengan budget anda.

Jenis-Jenis Hosting

Secara umum, ada 4 jenis hosting yang ada sekarang yaitu :Virtual Dedicated Server, Dedicated Server, Colocation Server dan Shared Hosting.

Dedicated Server

Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Layanan hosting ini harganya cukup mahal karena sesuai namannya dedicated jadi khusus untuk 1 akun saja

Virtual Dedicated Server

VDS atau Virtual Dedicated Server adalah adalah infrastruktur server virtual yang memungkinkan pengguna atau penyewa memiliki hak khusus seperti isolasi atas server yang disewanya ( satu akun). Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.)

Colocation Server

Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

Shared Hosting

Shared hosting adalah server hosting yang digunakan secara bersama sama dengan pengguna lain. Dalam hal ini satu server dipake oleh lebih dari satu nama domain.

Demikian artikel sederhana tentang Pengertian Domain dan Hosting ini saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua, jika sobat merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan.

Artikel serupa yang mungkin Anda cari

Leave a Reply

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE