Persyaratan Melamar Kerja

Bekerja atau Mempunyai Pekerjaan merupakan tujuan hampir semua orang. Terlepas anda mempunyai usaha sendiri atau tidak, apakah anda Owner atau Worker akan tetap disebut sebagai "Kerja". Kerja bukan hanya merupakan KATA atau UNGKAPAN, Kerja adalah suatu Sistem yang terbangun dari keinginan manusia untuk mempertahankan diri atau sebagai salah satu alat Eksistensi Kehidupan.
Permasalahannya, apakah kerja itu menguntungkan bagi diri anda sendiri dan juga bagi orang lain, atau sebaliknya merugikan anda dan menguntungkan orang lain atau bisa juga menguntungkan anda dan merugikan orang lain. ♚❤

Kerja adalah motivasi untuk mencapai taraf kehidupan yang diinginkan dan dicita-citakan oleh setiap insan di bumi ini.

Ketika anda melamar seseorang, dan calon mertua anda bertanya " Kerja dimana, dek?" .

Apa jawaban anda ? "Kerja di anu" "Tidak Bekerja" atau "sedang mencari kerja".??

Atau Anda bingung mau jawab apa??

Diatas sekilas intermezo tentang sebuah artikel yang akan saya tulis disini yaitu "Persyaratan Melamar Kerja" yang harus anda penuhi. Artikel ini hanya berisi saran - saran saja, tidak lebih dari itu. Karena urusan kerja sebenarnya ada pada diri pribadi anda. Apakah mau menjadi "Job Seeker" atau "Job Provider".

Berdasarkan data Kementerian Tenaga Kerja bahwa jumlah pencari kerja tiap tahun di Indonesia terus bertambah sementara jumlah lapangan kerja yang tersedia semakin sedikit dan akibatnya Penyakit Masyarakat merebak dimana-mana.
persyaratan+melamar+kerja

Nah, bagi anda sebagai calon tenaga kerja baru dan akan memasuki dunia kerja, persyaratan ini harus anda penuhi diantaranya :

  1. Jenjang Pendidikan, kebanyakan perusahaan menerapkan jenjang pendidikan terendah adalah setingkat SLTA untuk dapat diterima sebagai Pekerja atau Karyawan. Pendidikan yang minimal tersebut tentunya akan sebanding dengan bidang pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan.
  2. Jenis Keahlian, bagi anda yang tidak bersekolah dan tidak mempunyai Sertifikat Keahlian seharusnya mendapatkan peluang kerja yang sama dengan orang-orang yang bersekolah. Sudah seharusnya pemerintah memberikan solusi yang terbaik bagi para "Ahli" yang tidak tercatat secara administrasi.
  3. Motivasi Kerja, kebanyakan saat wawancara, anda akan ditanya "Apa Motivasi Anda Bekerja Di Perusahaan Ini?". dan Jawabannya sudah tentu akan sama yaitu "Ekonomi". Perlu anda ketahui, bahwa jawaban tersebut akan dianggap salah dan bisa-bisa anda tidak akan diterima diperusahaan tersebut. Mari saya kasih tau jawaban yang tepat  atas pertanyaan tersebut. "Saya harap, setelah diterima diperusahaan bapak/ibu, saya bisa memberikan konstribusi yang positif untuk perusahaan dan memberikan dampak yang baik sehingga perusahaan ini menjadi semakin maju". Jawaban yang sederhana bukan?, Namun memberi makna yang luar biasa.....
Diatas hanyalah sekelumit persyaratan umum saja. Secara administrasi, jika anda mau melamar kerja anda perlu mempersiapkan :
  • Surat Lamaran Pekerjaan (Penting dan Bisa anda baca blog ini)
  • Identitas, meliputi Kartu Tanda Penduduk / SIM dan Kartu Keluarga
  • Bukti Pendidikan Terakhir berupa Ijazah
  • Sertifikat Keahlian
  • Kartu Tanda Pencari Kerja dari DEPNAKERTRANS
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK / Police Record,
  • Foto Diri atau disebut juga pas foto
  • Sertifikat Kerja terdahulu atau disebut paklaring
  • Motivasi
  • Berpenampilan Menarik
  • Memenuhi Kriteria
  • Nasib mu ( hehheheeeee)...........
Rupanya cukup sekian artikel tentang Persyaratan Melamar Kerja ini saya buat, harapan saya semoga bermanfaat
Disqus Comments