RAB Perkerasan Jalan Telasah

Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi materi ilmu sipil yang diharapkan bermanfaat bagi kita semua. Namun, dalam materi ini yang dibahas hanya “Perhitungan Perkerasan Jalan dengan Telasah atau Telford” saja

Prakata
Coretan Hati. Jalan merupakan sendi kehidupan manusia yang tidak akan pernah terpisah dari kehidupan manusia. Jalan juga merupakan suatu sarana publik yang sangat vital bagi keberlangsungan ekonomi masyarakat. Maju atau tidaknya suatu daerah dinilai dari konstruksi jalan yang bagus. Kita sering menyaksikan berita tentang demo yang dilakukan oleh masyarakat apabila kondisi jalan di daerah mereka rusak. Seperti halnya yang terjadi di daerh saya, di kota kelahiran saya ada suatu jalan yang rusak, penuh debu dan lubang sehingga kalau melewati jalan tersebut harus bersiap-siap menghirup debu dan mata perih. Padahal, status jalan tersebut adalah jalan nasional yang menghubungkan provinsi jawa barat dan Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Kalo mau tahu, cari aja di google maps.
RAB Perkerasan Jalan Telasah

Latar Belakang
Perkerasan Jalan dengan Telasah atau Telford merupakan salah satu cara meningkatkan kondisi jalan tanah sebelum dilakukan perkerasan lanjutan seperti pengaspalan atau rabat beton. Sebagai Kader Teknik Desa, saya pribadi baru tahap belajar tentang Perhitungan Biaya yang dibutuhkan untuk perkerasan jalan telasah atau telford.
Sekedar berbagi pengalaman saja, bahwasannya saya memiliki pengalaman yang cukup soal perkerasan jalan, yaitu dari tahun 2010 sampai sekarang. Tentu saja itu belum apa-apa jika dibandingkan dengan temen-temen yang udah sangat berpengalaman lebih dari saya, tetapi karena keinginan saya untuk berbagi, maka akhirnya timbulah suatu ide untuk menulis artikel ini.

Baca Juga : Format Gaji Karyawaran Ms Excel
Pengertian Telasah
Secara umum, pengertian telasah adalah teknik perkerasan jalan dengan menggunakan batu belah dimana posisi pemasangan batu runcing ke atas. Telasah merupakan kebalikan dari telford.

Prinsip Pemasangan Jalan Telasah
Pada pengerjaan perkerasan jalan telasah, ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan yaitu :
1. Lebar Jalan Minimal 2 Meter dan Maksimal 3,5 Meter
2. Tingkat kemiringan 15%
3. Kondisi Jalan Baru, artinya kondisi jalan yang akan dilakukan perkerasan masih tanah
4. Jika dilakukan pemadatan, bisa dilakukan secara manual maupun dengan alat pemadat maksimal 8 ton.

Prinsip Perhitungan Perkerasan Jalan Telasah
Perhitungan kebutuhan volume bahan dan pekerja adalah sebagai berikut :
Bahan
Batu Belah : 15/20 Cm
Sirtu
Pasir Urug

Pekerja
Pemecah Batu
Tukang
Pekerja Biasa
Tukang Gali

Penutup
Daripada agan repot, saya sudah sediakan RAB Perhitungan Perkerasan Jalan Telasah secara gratis, silahkan download RAB Perkerasan Jalan Telasah

Disqus Comments