Definisi dan Dimensi Administrasi

Definisi dan Dimensi Administrasi - Jumpa lagi dengan saya admin blog ini yang “ganteng kabina-bina ka koncara ka janaprya ka jamparing angin-angin”. Maaf pake bahasa planet saturnus yee.

Dalam tulisan yang lalu saya menyampaikan tentang Pengertian Administrasi, maka atas ijin Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat dan nikmat iman serta umur panjang pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan tentang Definisi Administrasi dan Dimensi..

Berikut adalah Definisi Administrasi menurut para ahli :
  1. Menurut Herber A. Simon (1999:3) bahwa “Administrasi sebagai kegiatan kegiatan kelompok kerjasama untuk mencapai tujuan tujuan bersama.”
  2. Leonard D White dalam Inu Kencana Syafiie dkk (1999). Administrasi adalah suatu proses yang umum ada pada usaha kelompok kelompok, baik pemerintah maupun swasta, baik sipil maupun militer, baik dalam ukuran besar maupun kecil.
  3. Sondang P. Siagian (2004:2). Administrasi adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
  4. The Liang Gie (1993:9) Administrasi adalah rangkaian kegiatan terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh sekelompok orang di dalam kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.
Dimensi Administrasi - Menurut dimensinya, Administrasi terbagi kedalam dua kelompok yaitu :

Dimensi Karakteristik meliputi :

  • Efisien tujuan Administrasi untuk mencapai hasil yang efektif dan efisien, artinya administrasi bertujuan untuk berdaya hasil guna (efektif) berdaya guna (efisien). Efisien adalah Perbandingan yang terbaik antara input dan output atau perbandingan antara pengeluaran dan keuntungan.
  • Efektifitas atau berdaya hasil guna artinya tujuan yang telah direncanakan sebelumnya dapat tercapai dengan adanya proses kegiatan. James L. Gibson (1996:38) mengatakan efektifitas adalah pencapaian sasaran dalam upaya bersama.
  • Rasional artinya bahwa tujuan yang telah dicapai bermanfaat untuk maksud yang berguna yang dilakukan dengan sadar atau disengaja. Herbert A. Simon (2004:135) bahwa Rasional secara objektif jika tujuan yang hendak dicapai untuk kepentingan organisasi, sedangkan rasional secara subjektif tujuan yang hendak dicapai untuk kepentingan pribadi. Dwight Waldo (1986) Tindakan rasional adalah suatu tindakan yang telah diperhitungkan secara tepat untuk merealisasikan tujuan tertentu yang diinginkan.

Dimensi Unsur -unsur Administrasi meliputi :
  1. Adanya Tujuan atau sasaran yang ditentukan sebelum melaksanakan pekerjaan.
  2. Adanya kerjasama baik sekelompok orang atau lembaga pemerintah maupun lembaga swasta
  3. Adanya sarana yang digunakan oleh sekelompok atau lembaga dalam melaksanakan tujuan yang hendak dicapai
Conclusions
Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa :
  1.  Administrasi merupakan suatu kegiatan atau proses antara dua orang atau lebih (umumnya disebut Kelompok) untuk mencapai tujuan tertentu
  2. Dimensi adminsitrasi ada 2 kelompok yaitu Dimensi Karakter dan Dimensi Unsur - Unsur Administrasi
Demikian artikel tentang Definisi dan Dimensi Administrasi ini saya tulis dengan  harapan bahwa tulisan ini menjadi sumber referensi bagi akang eteh. 


Disqus Comments