Ini Dia Pengertian Website Menurut Ahli

Istilah website atau situs web bukan hal yang asing dan biasa kita dengar dlm kehidupan sehari-hari. Bahkan setiap harinya, jutaan orang mengakses Website untuk mencari informasi. Namun, untuk dapat memahami pengertian website tidak semua orang dapat dengan mudah memahaminya.

Milyaran informasi dan data tersedia dalam jaringan internet seluruh dunia yang disediakan oleh WEBSITE. Data tersebut berupa data Text, Audio, Gambar dan Video yang bisa di akses atau di unduh langsung.
Kini, di era internetisasi sepertinya butuh rujukan timbul istilah – istilah baru yang mungkin tidak terpikirkan oleh orang yang hidup di era 60 an seperti :

“Coba saja tanya sama Mbah Google?” .
“Siapa sih mbah google ini?”
“Orang mana dia?”
“Sebagai apa dia?”

Sejarah Munculnya Website
Pada awalnya, website dirancang untuk memudahkan pertukaran informasi dan memperbaharui informasi. Website ditemukan dan dirancang oleh Sir Timothy John Tim Berners-Lee atau biasa dipanggil “Tim” yang merupakan seorang peneliti dan pekerja di CERN ( Europian Organization for Nuclear Research ) yaitu sebuah organisasi di Eropa untuk melakukan riset nuklir. Tim dan rekan – rekannya menggunakan website untuk memperbaharui data dan saling bertukar informasi.


pengertian-website-menurut-para-ahli


Kemudian, pada tahun 1991 website pertama kali tersambung dengan jaringan dan WWW ( World Wide Web) dapat digunakan oleh umum secara gratis.

Perkembangan Website

Generasi Pertama WEB 1.0 antara tahun 1990 sampai dengan tahun 2000.
WEB 1.0 Merupakan generasi pertama yang diperkenalkan kepada publik melalui jaringan internet. Penggguna internet dapat mencari data dan informasi yang tersedia dalam situs web. Mereka dapat mengakses sejumlah data melalui hyperlink atau url ( uniform resources locator ) dalam bentuk brosur online. WEB 1.0 tidak memungkinkan pengunjung berinteraksi dengan pemilik website atau sesama pengguna untuk memberikan penilaian atau berkomentar. Bukan hanya itu saja, pengunjung juga tidak dapat menambahkan data atau informasi ke dalam website alias read only.

Generasi Kedua WEB 2. 0 antara tahun 2001 sampai tahun 2010.
Generasi kedua merupakan pengembangan dari generasi sebelumnya dimana kekurangan pada WEB 1.0 diperbaharui. Pada generasi ini, pengunjung dapat melakukan interaksi dengan penambahan beberapa ciri khas yaitu : Share, Collaborate dan Exploit. WEB 2.0 dicetuskan pertama kali oleh O’reilly Media pada tahun 2003, setahun setelahnya yaitu pada tahun 2004 diadakan konferensi WEB 2.0.

Ciri khas pada WEB 2.0 mendorong munculnya berbagai situs berbagi ( Share ) yaitu Flickr untuk berbagi gambar. Youtube untuk berbagi Video. Situs untuk pertemanan seperti Friendster dan MySpace untuk pertemanan ( collaborate ) dan Blog untuk berbagi bermacam file seperti plain text, image dan video bahkan untuk exploitasi bahasa skrip.

Kemunculan Google pada tahun 1998 membawa perubahan besar pada website sehingga tidak memungkinkan untuk dibedakan teknologinya namun hanya berdasarkan karakternya. Lalu kemudian pada tahun 2001 muncul Wikipedia yang memungkinkan pengguna menambah, mengedit konten ke dalam website.

Pada dasarnya WEB 2.0 dibangun dengan azas “ Partisipatif” artinya antara pemilik website dengan pengguna website dapat saling berkomunikasi ( hubungan komunikasi many – to – many ) sehingga terbangun komunikasi dua arah.

Karakter atau Jenis Website Yang Tergolong Dalam Kategori WEB 2.0

1.Karakter Terbuka

Website dengan jenis ini memungkinkan para pengguna internet menambahkan konten ke dalam website tanpa harus login terlebih dahulu, artinya pengguna dapat dengan bebas menggunakan website tersebut. Kategori website seperti ini tidak pernah dibuat.

2.Karakter terbuka dengan syarat
Karakter terbuka dengan syarat adalah pengguna wajib menjadi member atau user website dengan cara registrasi terlebih dahulu untuk dapat menambah data atau content ke dalam website. Setelah user menjadi member dalam website tersebut, konten yang ada dalam website dapat diakses secara bebas. Contoh website karakter terbuka dengan syarat yaitu facebook, blogger.com, wordpress etc.

3. Karakter tertutup
Karakter tertutup merupakan jenis website paid member. Artinya, untuk dapat mengakses website user terlebih dahulu harus membayar untuk menjadi member dan mengakses konten website. Biasanya website ini adalah website dengan konten dewasa atau website yang berisi tutorial tertentu seperti IM ( internet marketing )

Generasi Ketiga WEB 3.0 antara tahun 2005 sampai sekarang

Ini adalah generasi terakhir yang pertama kali muncul dalam jurnal ilmiah Tim Berners-Lee dan mengilustrasikan WEB 3.0 sebagai sarana bagi mesin untuk membaca halaman web. Teknologi WEB 3.0 seolah-olah seperti nyata dengan hadirnya teknologi 3 Dimensi (3D) dan seperti kehidupan dalam dunia nyata juga, website seperti pembantu pribadi kita. Generasi ketiga ini dinamai juga dengan Web Semantik dengan konsep manusia dapat berkomunikasi dengan mesin dan juga mampu menyediakan informasi serta data yang akurat, relevan dan cepat.

Pengertian Website Menurut Para Ahli
Definisi umum dari website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan dan berada pada server yang sama berisi informasi atau data yang disediakan oleh individu atau kelompok. Website ditempatkan dalam sebuah tempat bernama Server Web untuk dapat diakses melalui jaringan lokal atau jaringan internet dengan alamat tertentu dan biasanya disebut dengan URL (Uniform Resource Locator ).

Ada banyak pengertian website menurut para ahli dan dapat kita simpulkan menjadi sebuah kalimat sederhana. Berikut pengertian website menurut para ahli :

1. Sukarno dan Hianoto memberikan pengertian website sebagai asset seperti hal nya rumah yang dapat diperjualbelikan.

2. Lukman Nulhakim mengungkapkan bahwa website adalah salah satu fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen dimaksud adalah laman web sedang penghubung disebut link yang memungkinkan user berpindah dari satu laman ke laman lain baik dalam lingkup server yang sama maupun diseluruh dunia untuk dapat dibaca dan diakses melalui Browser Untuk Surfing Internet

3. Gregorius menyatakan bahwa arti dari website adalah kumpulan laman yang saling terhubung dan ada keterkaitan antar file ( file yang satu terkait dengan file yang lainnya). Web terdiri dari laman dan kumpulan laman disebut Homepage dan dibawahnya disebut Child Page yang berisi hyperlink yang mengarah ke laman lain dalam website.

4. Jasmadi memberikan definisi bahwa yang dimaksud dengan Website adalah kumpulan halaman – halaman web beserta file2 pendukung seperti image, video, dan file digital lainnya yang diletakan di hosting atau Web Server yang umumnya dapat diakses melalui jaringan internet.

5. Yuhefizar menyatakan bahwa Website adalah metode untuk menampilkan informasi atau data di internet baik itu berupa teks, gambar, video dan audio maupun interaktif memiliki keuntungan yang menghubungkan dari dokumen dengan dokumen lainnya yang dapat diakses melalui browser.

6.Raharjo, Suwanto, S.Si. M.Kom mengatakan bahwa Pengertian Website adalah salah satu internet yang paling banyak dipergunakan dibandingkan dengan layanan lain seperti email, gopher dan lainnya.

7.Wahana Komputer memberikan pengertian bahwa yang dimaksud dengan Website adalah bentuk interaktif komunikasi yang digunakan dalam jaringan komputer satu.

8.A. Taufiq Hidayatullah menyatakan bahwa yang dimaksud dengan website adalah bagian yang paling terlihat sebagai jaringan terbesar di dunia.

Diatas adalah beberapa Pengertian Website Menurut Para Ahli yang dapat kita simpulkan bahwa arti dari website adalah :
  1. Kumpulan laman yang saling terkait
  2. Berisi file- file seperti gambar, video, audio dan teks
  3. Hanya dapat diakses melalui jaringan internet
  4. Komunikasi antara manusia dengan mesin atau mesin dengan mesin
  5. Komunikatif, dimana antar pengguna bisa saling berinteraksi, dan
  6. Informatif, berisi informasi yang dicari user atau pengguna internet

Pengertian Website Menurut Para Ahli berbeda- beda sesuai dengan sudut pandang masing-masing. Maka, anda pun juga pasti mempunyai pengertian tersendiri tentang website ini. Selanjutnya kita akan membahas Jenis – Jenis Website

Kurang Jelas? Tanya di Kolom Komentar
Disqus Comments