Pengertian, Prinsip dan Makna Organisasi

Posted on

Hai Guys, kali ini ane akan ngebahas tentang organisasi. Yups, siapa saja mungkin akan tahu apa pengertian organisasi menurut sudut pandangnya masing masing. Atau mungkin juga ada yang tidak tahu sama sekali apa itu organisasi.

pengertian-prinsip-dan-makna-organisasi

Bagi anak sekolah atau mungkin ente yang uda kuliah, pasti lah tahu organisasi secara kan di universitas universitas atau kampus banyak organisasinya. Contohnya BEM alias Badan Eksekutif Mahasiswa, ada MAPALA Mahasiswa Pencinta Alam.. ada juga MALAKA Mahasiswa Langsung Kawin ( yang ini gak ada guys)
Baca Juga :

  1. Pengertian Administrasi
  2. Perkembangan Administrasi
  3. Definisi dan Dimensi Administrasi
  4. Pengertian Ilmu Administrasi, dan
  5. Perkembangan Ilmu Administrasi

Banyak orang mengatakan bahwa organisasi adalah perkumpulan, nah ane jadi inget tuh sama ibu ibu yang tiap hari kumpul di deket rumah ane, saban pagi ngerubutin tukang sayur keliling. Ane kira itu organisasi ibu2 eh gak taunya Cuma nawar sayur doang bakal lauk sekeluarga.

Inget gak sama Vickynisasi yang kesohor itu gara gara hartanisasi dan ekonomisasi?
Syukur deh kalo inget berarti ente kage pikun yee. Fenomena vikinisasi merupakan fenomena yang spektakuler dan sungguh luar biasa dimana penempatan bahasa “ Ilmiah Nan Asing”. Sekilas sih kayak bener tuh bahasa, tetapi kalo diperhatikan memang bener tapi ngaco.

‘ok guys, kita langsung aja nih ngebahas yang namanya Organisasi ya. Organisasi memiliki banyak makna dan arti, masing – masing pakar berbeda menafsirkan organisasi. Berikut adalah Pengertian Organisasi yang ane rangkum dari berbagai sumber.

Chester I Barnard (1938:75) Organisasi adalah suatu sistem mengenai usaha usaha kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

James D. Money (1947) Organisasi adalah setiap bentuk perserikatan manusia untuk mencapai suatu maksud bersama (tujuan umum)

Organisasi adalah Setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerjasama untuk sesuatu tujuan bersama dan terikat secara formal dalam persekutuan yang didalamnya terdapat hubungan antara atasan dan bawahan

Organization Is A Social Unit of people that is structured and managed to meet a need or to pursue collective goals.

An Organized body of people with a particular purpose especially a bussines etc.

Organisasi sebagai alat dari manajemen yaitu sebagai wadah/tempat manajemen, dapat diartikan organisasi tidak bergerak tetapi manajemen bergerak.

Organisasi sebagai fungsi manajemen yaitu organisasi yang memberi kemungkinan tempat manajemen bergerak (dinamis) dalam batas batas tertentu.

Disamping itu organisasi masih mempunyai berbagai pengertian yaitu sebagai:

Group Of People yaitu pengelompokan sejumlah orang yang bekerja sama untuk melaksanakan suatu usaha
A system of Authority yaitu organisasi sebagai system wewenang yang memberikan kekuatan bagi setiap pejabat dalam melaksanakan tugasnya.
A system of function yaitu sebagai sistem distribusi tugas sehingga masing masing pejabat memegang tugas tertentu.

MAKNA DAN HAKIKAT ORGANISASI

  1. Organisasi sebagai “Wadah” Organisasi adalah tempat dimana kegiatan kegiatan administrasi dan manajemen dijalankan. Organisasi sebagai wadah bersifat relatif statis/permanen, pola dasar organisasi perlu dibuatkan atas dasar landasan yang kuat dan pemikiran yang matang
  2. Organisasi sebagai Proses. Yaitu menyoroti tentang interaksi antara orang orang di dalamnya, organisasi sebagai proses ini jauh lebih dinamis, ada dua macam hubungan didalamnya yaitu hubungan formal dan informal

PRINSIP PRINSIP ORGANISASI

Suatu organsasi yang baik yaitu memiliki ciri ciri :

  1. Terdapat tujuan yang jelas
  2. Tujuan organisasi harus dipahami oleh setiap orang didalam organisasi
  3. Mengetahui apa yang diharapkan oleh organisasi
  4. Memahami apa yang mereka dapatkan dari organisasi
  5. Dapat menilai tujuan organisasi singkron dengan tujuan mereka
  6. Tujuan Organisasi harus bisa diterima oleh setiap orang di dalamnya
  7. Adanya kesatuan arah (unity of direction)
  8. Adanya kesatuan perintah (unity of command)
  9. Adanya keseimbangan antara wewenang dan tanggung jawab seseorang.
  10. Adanya pembagian tugas (distribution of work)
  11. Struktur organisasi harus disusun sesederhana mungkin
  12. Pola dasar organisasi harus relatif permanen
  13. Adanya jaminan jabatan (scurity of tenure)
  14. Imbalan yang diberikan harus setimpal dengan jasa yang diberikan
  15. Penempatan orang harus sesuai dengan keahliannya (the right man on the right place

Gimane uda faham pengertian organisasi. Jika belum faham sila di copy aja guys namun jangan lupa cantumkan link sumber ya..

Gravatar Image

I am Heidy Hadiningrat a Writer, Blogger, SEO Practice and Internet Marketer owner TheCrazyPerfect.com. I started my blog in 2013 and get daily unique visitor 10K+. Sharing is sexy is my moto.

Leave a Reply