Inilah Tips Terbaik Menulis Artikel Website

Inilah Tips Terbaik Menulis Artikel Website – Ane yakin, ente pasti kebingungan saat pertama kali menuliskan kata – kata pertama dalam sebuah artikel. Mau menyapa pemirsa blog, takut blog ente kagak ada pengunjungnya, yah terus mau bilang apa lagi selain kalimat “ Apa kabar sobat, ? Jumpa lagi dengan saya, kali ini kita akan membahas Tips Terbaik Menulis Artikel yang berkualitas untuk Website. Itulah kalimat pertama ane, ( sssstttt... sebenarnya ane juga bingung mau bilang ape ).

tips_menulis_artikel_berkualitas

Tips ini sangat berguna bagi ente yang ingin menulis sebuah artikel yang sangat mempunyai kwalitas bagi kepopuleran blog ente. Karena logika nya begini, “ A Degree Of Excelent From Website Relatef To Quality Of Content”. Sok inggris   

( Kualitas apa Kwalitas seeh? Yang bener yang mana? )

Kualitas website haruslah sejajar dengan isi yang terkandung dalam websiite tersebut. Ane ambil contoh kasus yang paling umum, ente tentu mengenal blogger yang bernama Sugeng Riyadi atau nama tenarnya adalah Mas Sugeng selaku pemilik Sugeng.id. Jika ente perhatikan blog beliau, maka hal pertama yang mungkin ente lihat adalah tampilan blog nya yang alakadarnya atau sederhana saja mengingat Mas Sugeng adalah seorang desainer template blog.

Ente tentu bertanya kenapa sih website seorang desainer template blog ko biasa saja? Ini soal selera boss, jika ente tipe blogger yang stylish atau modis, ente mungkin saban hari ganti template karena ingin blog ente tampil beda dan bagus ( kesan pertama adalah penampilan ). Sah-sah saja jika ente tiap hari ingin ganti template blog, bahkan tiap menit pun boleh namun ente harus tahu bahaya sering ganti template dan harus tahu juga cara mengganti template yang baik dan benar untuk meminimalisir bahayanya.

Ane ingin tanya ente, apa kesan pertama ente lihat blog ane? Jika ente mempunyai kesan bahwa blog ane berantakan, itu wajar. Dan, jika ente mempunyai kesan bahwa blog ane bagus, wah itu luar biasa;. Kesan pertama yang menggoda akan selalu teringat didalam hati.

Masih membahas websitenya mas sugeng, ada beberapa hal yang ane perhatikan dari mas sugeng, yang pertama adalah tampilan blog sederhana, kedua tentang iklan yang tidak dipasang, ketiga blog mas sugeng merajai berbagai keyword dengan niche blogging, template blog dan berbagai tips tentang blog ( ini bikin ane ngiri..... ) hehehhhee 
cara terbaik menulis artikel

Keempat, ini merupakan jawaban dari nomor ketiga yaitu “ merajai keyword”. Jelas sekali bahwa sangat terlihat bahkan tanpa bantuan alat bantu apapun bahwa kualitas konten beliau sangat luar biasa sehingga orang betah berlama-lama di blog mas sugeng. Kualitas artikel beliau luar biasa.

Apakah ente ingin blog ente terkenal seperti blog nya mas sugeng? Ikuti saran ane yang sama-sama ingin jadi artis #blogger.

Daftar Isi
  1. Persiapan
  2. Pedoman awal menulis artikel yang berkualitas
  3. Panduan lengkap menulis artikel yang berkualitas ( tips terbaik menulis artikel )
  4. Kesimpulan

Persiapan

Do’a adalah senjata yang paling ampuh untuk melakukan aktifitas. Dengan berdo’a maka kreatifitas ente akan semakin terasah.
Setelah ente berdo’a, saatnya ente usaha dan ikhtiar mencari jalan terbaik bagi hidup ente. Persiapkan diri ente untuk bertarung melawan ganasnya persaingan “SETAN ONLINE” yang melebihi persaingan Kim Jong Un vs Trump. ( Skip to main idea )

Apa saja yang ente butuhkan sebagai persiapan menulis artikel yang very high quality? Artikel yang pantas nangkring di pejwan? Artikel yang sangat berkualitas bagi ente dan pengunjung blog ente sehingga ente kebanjiran direct trefik.

Stamina

Penting dan wajib. Pastikan ente sehat jasmani dan rohani untuk memulakan pertempuran. Jangan loyo nanti ente keduluan sama orang lain. Lupakan slogan “ biar lambat asal selamat”

Mental

Ini lebih penting lagi, mental ente memegan kendali atas kesuksesan ente. Ente boleh hari ini gagal, tapi katakan tidak untuk lusa. Masalah utama seorang blogger sebenarnya terletak pada mental. Ente sudah berusaha keras untuk membangun sebuah website yang berkualitas, namun hasil yang ente dapatkan tidak sesuai harapan.

RUMUS INDEKS KEPUASAN
HASIL > HARAPAN = PUAS
HASIL < HARAPAN = LEMAS HASIL = HARAPAN = IMBAS


Mental utama seorang blogger adalah tidak putus asa, mengeluh bukan cara terbaik buat ente untuk berhenti melakukan usaha.

Pedoman Awal Menulis Artikel Yang Berkualitas

Sampai tahap ini, apakah ente sudah siap menjadi seorang blogger sukses?. Jika ente sudah siap, maka ente mesti mempersiapkan senjata ini untuk memulai menulis artikel berkualitas yang sangat disukai oleh pembaca, robots, dan search engine.

Menentukan Gagasan atau Ide

Gagasan atau ide adalah faktor yang penting untuk memulai sebuah tulisan, ente sebelum menulis harus punya ide yang akan memandu ente mendapatkan praktik terbaik sehingga ente mendapatkan impian ente yaitu hasil yang maksimal.

Dalam menentukan ide atau gagasan utama, yang harus ente lakukan pertama kali adalah mengenali kemampuan diri ente. Lihat dan perhatikan Potensi apa yang ada didalam diri ente. Okelah ane ambil studi agar ente lebih faham dengan beberapa pertanyaan.
  1. Apa hobi ente?. Duh gan, hobi ane jalan – jalan. Silahkan buat artikel tentang travelling atau reviews tempat wisata yang pernah ente kunjungi
  2. Ente tinggal dimana?. Ane tinggal di daerah pegunungan gan, deket sama gunung krakatau. Silahkan buat tulisan tentang alam ( nature) atau ente juga bisa membuat artikel tentang science
  3. Apa bakat ente?. Kalo bakat ane sih dibidang desain. Silahkan buat artikel tentang desain. Atau misalkan ente berbakat dibidang seni, silahkan buat artikel yang berkaitan dengan seni
  4. Apa Profesi ente? Jika ente seorang guru, sangat potensial jika ente menulis ulasan tentang Education, jika ente seorang mekanik namun ente membahas kesehatan, pikirkan ulang seribu kali

Menulis berdasarkan hobi, geografis dan bakat akan menghasilkan karya yang luar biasa. Memilih topik yang dapat membangkitkan minat paling potensial menghasilkan keluaran yang maksimal.

Membuat Sketsa atau Kerangka Artikel

Buka laptop ente dan masuk ke microsft word, buatlah beberapa list yang ingin ente tulis. Simpan list ente dalam folder agar sewaktu – waktu saat ente membutuhkannya ente tinggal buka aje.

Panduan Lengkap Menulis Artikel Yang Berkualitas ( Tips Terbaik Menulis Artikel )

Duh, subjudul yang sangat memikat, Panduan Lengkap Menulis Artikel Berkualitas ini mungkin bikin ente penasaran atau pusing sembilan keliling. Jangan begitu, ente pasti akan menyesal kalo tidak membaca artikel ini sampai beres.

Mengenali Jenis Artikel

Perhatikan baik-baik apa yang hendak ente sampaikan. Kenapa harus diperhatikan? Penting, untuk mengenali jenis artikel yang ingin ente sampaikan, masuk kedalam kategori mana. Apa berita, panduan atau opini tentang sesuatu hal.

Mengumpulkan Bahan Tulisan

Sebelum ente memutuskan untuk mulai menulis, maka tindakan pertama yang harus ente perbuat adalah mengumpulkan bahan atau materi. Ente bisa mendapatkan materi – materi tersebut dengan cara interview langsung dengan narasumber, melakukan percobaan dan penelitian, mencari buku bacaan, atau meng – copy artikel orang lain.

Mempelajari Tema atau Topik

Setelah semua bahan terkumpul, ente jangan langsung menulis. Sebaiknya ente pelajari dulu topik yang akan disampaikan dan dimaksudkan agar tidak terjadi kekeliruan ( blunder ) yang akan membuat artikel ente jauh dari harapan.

Mulai Menulis

Ini adalah masa yang paling sulit. Pada fase inilah kesabaran dan ketelitian ente diuji. Ketika jari mulai menari, sangat sulit untuk menulis kalimat pertama, namun ente jangan khawatir. Ane kasih saran, tulis aja apa yang ada pertama kali dalam fikiran ente.

Kecakapan menulis harus diimbangi dengan kemahiran berbahasa akan menghasilkan artikel yang enak dibaca dan tidak bosan, namun yang paling penting dari itu adalah artikel ente bisa memberikan “Jalan Keluar” bagi permasalahan pembaca karena hakikatnya menulis adalah menyampaikan solusi. Inilah ciri artikel yang berkualitas yang ditargetkan untuk Human.

Ane kasih tahu, selain ente menargetkan manusia, ente juga harus menargetkan mesin pencari agar tertarik akan isi artikel ente.
Gimana mastah caranya? Gampang vroh  ente hanya perlu melakukan ini dan itu.

  1. Perhatikan Panjang artikel, buat artikel dengan karakter 400 kata sampai 900 kata, karena kalau kepanjangan pengunjung keburu bosen, ini berakibat pada tingginga bounce rate ( rasio pentalan)
  2. Target Keyword, tempatkan kata kunci bidikan diawal kalimat, kemudian disisipkan ditengah kalimat secara natural, jangan dipaksakan agar tidak dianggap SPAM
  3. Eksternal dan Internal Link, jika ente punya artikel yang satu topik, maka wajib hukumnya bagi ente untuk membuat link internal antar artikel. Masukkan juga link eksternal yang berasal dari website besar seperti wiki sebagai penanda bahwa artikel ente bukan artikel sembarangan. ( Trust of Authority for other website)

Jika ente sudah berhasil melakukan 3 cara sederhana diatas, ane jamin -1000% blog ente bakal menjadi blog yang sangat berkualitas. Apalagi jika blog ente tidak kayak blog ane “ BLOG CAMPUR SARI”. Usahakan ente punya blog yang satu niche.

Kesimpulan

Silahkan praktek dan praktek untuk mendaptkan hasil yang maksimal. Semoga ente berkesan dengan pembahasan dan panduan tips terbaik menulis artikel berkualits. Masa depan ada ditangan ente, percuma saja ilmu segunung kalo tidak bermanfaat. Ilmu sedikit dibagi-bagi tidak akan habis toh?. Terakhir ane ucapin “ SILAHKAN PRAKTEK”
Disqus Comments