RAB Jalan Beton Ready Mix

Posted on
Salah satu upaya peningkatan infrastruktur jalan adalah dengan rabat beton, baik yang diolah sendiri atau beton Ready Mix. maka sangat dibutuhkan RAB jalan beton ready mix sebagai dasar untuk melaksanakan pembangunan
Untuk perhitungan perkerasan jalan desa dengan rabat beton sudah saya sampaikan sebelumnya. Begitu juga dengan perkerasan jalan telasah dan perkerasan jalan telford.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas perhitungan perkerasan jalan dengan rabat beton ready mix atau beton siap pakai tanpa besi tulangan.

Dasar Perhitungan

Dalam setiap pekerjaan infratstruktur selalu didasari dengan Standar Perhitungan yang sudah ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN).
Begitu pula dalam perhitungan perkerasan jalan rabat beton dengan ready mix ini saya menggunakan ketentuan harga yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dalam hal ini saya mengacu pada Standar Satuan Harga Kabupaten Lebak.
Bagi anda yang berdomisili di luar wilayah kabupaten lebak, silahkan menggunakan standar harga masing-masing kabupaten. Jika anda tidak mempunyai standar harga satuan kabupaten, maka perhitungan ini bisa dijadikan sebagai patokan.

Daftar Mutu Beton dan Harga Beton Ready Mix

Kalau bisa dibuat gampang kenapa harus dibuat susah. Anda ingin membangun jalan dan tidak tahu cara menghitung rencana anggaran biaya untuk pelaksanaan pekerjaan jalan maka dibawah ini adalah list mutu beton dan harga beton ready mix yang sudah siap anda gunakan.
  1. Beton Ready Mix Mutu B.0 M³ Rp. 1,275,000
  2. Beton Ready Mix Mutu K.100 M³ Rp. 1,312,500
  3. Beton Ready Mix Mutu K.125 M³ Rp. 1,475,000
  4. Beton Ready Mix Mutu K.150 M³ Rp. 1,485,000
  5. Beton Ready Mix Mutu K.175 M³ Rp. 1,490,000
  6. Beton Ready Mix Mutu K.200 M³ Rp. 1,495,000
  7. Beton Ready Mix Mutu K. 225 M³ Rp. 1,500,000
  8. Beton Ready Mix Mutu K. 250 M³ Rp. 1,585,000
  9. Beton Ready Mix Mutu K. 275 M³ Rp. 1,598,700
  10. Beton Ready Mix Mutu K. 300 M³ Rp. 1,606,200
  11. Beton Ready Mix Mutu K. 350 M³ Rp. 1,705,000
  12. Beton Ready Mix Mutu K. 400 M³ Rp. 1,840,000
  13. Beton Ready Mix Mutu K. 450 M³ Rp. 1,900,000
  14. Beton Ready Mix Mutu K. 500 M³ Rp. 1,950,000
Ok, sekarang kita sudah punya tabel mutu dan harga beton ready mix. Selanjutnya mari kita hitung berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun perkerasan jalan desa dengan rabat beton ready mix.
rab jalan beton ready mix

Cara Menghitung Perkerasan Jalan Rabat Beton dengan Beton Ready Mix

Ini merupakan poin penting yang harus anda perhatikan dengan baik-baik. Ada beberapa tahapan sebelum anda memutuskan untuk membangun jalan terutama jalan desa. Berikut tahapan-tahapan yang harus ditempuh.

Perencanaan

Pembangunan pada dasarnya adalah proses perubahan berbagai aspek kehidupan menuju kondisi yang lebih baik. Pembangunan diselenggarakan oleh para pemangku kepentingan sesuai Peraturan Perundang-undangan yang berlaku sebagai produk hukum yang pada hakekatnya adalah untuk menuju kondisi kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik sampai ke pelosok-pelosok perdesaan.
Dalam kaitannya dengan penerapan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), masyarakat menjadi kunci sentral ikut serta dalam sebuah proses ”perencanaan” mulai dari menggagas, merumuskan, memutuskan dan menetapkan usulan semuanya dilakukan secara partisipatif, transparansi dan akuntabel, dilakukan dari oleh dan untuk masyarakat (DOUM). Aspirasi dan kepentingan masyarakat melalui proses perencanaan partisipatif dalam pembangunan di desa.
Perencanaan pembangunan partisipatif yang terpadukan dengan perencanaan teknokratis dan politis menjadi wujud nyata kerjasama pembangunan antara masyarakat dan pemerintah. Sehingga dapat mendorong dan menguatkan inisiatif daerah dalam melaksanakan program pembangunan berbasis pemberdayaan masyarakat yang selaras dengan kebijakan pemerintahan daerah dan sesuai dengan kondisi, karakteristik, kekhususan serta kebutuhan daerah.
Indonesia memiliki persoalan kemiskinan dan pengangguran. Persoalan pengangguran lebih dipicu oleh rendahnya kesempatan dan peluang kerja bagi angkatan kerja di perdesaan. Upaya untuk menanggulanginya harus menggunakan pendekatan multi disiplin yang berdimensi pemberdayaan. Pemberdayaan yang tepat harus memadukan aspek-aspek penyadaran, peningkatan kapasitas, dan pendayagunaan.
Pokok dari semua perencanaan pembangunan adalah Desain dan Rencana Anggaran Biaya. Sebelum keluar desain, maka terlebih dahulu dilakukan survey kondisi lapangan untuk menentukan kebutuhan bangunan pendukung jalan seperti drainase, gorong – gorong, tembok penahan tebing atau bronjong.
Selain bangunan pendukung, maka kondisi jalan yang akan dibangun harus juga diperhatikan, apakah kondisi jalan tersebut masih berupa tanah ( perhatikan juga jenis tanahnya untuk menentukan jenis beton yang cocok disebut dengan DDT atau Daya Dukung Tanah ) atau sudah ada perkerasan seperti telford atau telasah, atau lapisan penetrasi makadam.
Perencaan yang baik dalam pengerjaan rabat beton harus meilputi ketentuan perencaan perkerasan jalan yaitu :
  1. Analisis kekuatan tanah dasar dan lapis pondasi.
  2. Perhitungan beban dan komposisi lalu-lintas.
  3. Analisis kekuatan beton untuk perkerasan
Dalam artikel ini tidak akan saya jelaskan secara rinci dan mendetail tentang standar rencana pengerjaan perkerasan jalan karena fokus utamanya adalah perkerasan jalan desa.
Kita skip bagian ini, saya anggap bahwa jalan yang akan dibangun sudah memenuhi unsur rencana diatas dan silahkan anda baca Perencanaan Perkerasan Jalan Beton

Pelaksanaan atau Realisasi

Setelah anda selesai melakukan survey atas kondisi jalan kini saatnya kita masuk pada desain dan gambar. Silahkan lihat dalam Perkerasan Jalan dengan Rabat Beton untuk melihat desain atau gambar.
Baiklah, saya disini akan membuat soal untuk kemudian kita jawab secara bersama-sama.
Desa Pondokpanjang Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak pada tahun 2018 akan membangun jalan menuju kampung sukahujan mesjid. Setelah dilakukan survey didapat data sebagai berikut : Panjang : 125 Meter Lebar : 2.5 Meter. Dalam perencanaan yang tertuang dalam RPJMDes dan RKPDesa bahwa jalan tersebut adalah jalan beton tanpa tulangan dan direncanakan mutu beton adalah K.225

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk pekerjaan jalan beton tersebut?

Dari ilustrasi diatas diketahui bahwa panjang jalan 125 Meter dan Lebar 2,5 Meter, rencana tebal perkerasan adalah 0,12 meter, jadi diketahui volume jalan beton adalah :
125 x 2, 5 x 0, 12 = 37.5 Meter
Direncakanan memakai mutu beton K.225 ( harga lihat list diatas )
Berapa???
Anda dapat menghitung sendiri biaya yang dibutuhkan untuk membangun jalan beton dengan ready mix. Demikian dan semoga bermanfaat

Gravatar Image

I am Heidy Hadiningrat a Writer, Blogger, SEO Practice and Internet Marketer owner TheCrazyPerfect.com. I started my blog in 2013 and get daily unique visitor 10K+. Sharing is sexy is my moto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *