Pengertian Hakikat Menulis Menurut Ahli

Pengertian Hakikat Menulis menurut para ahli adalah artikel yang akan disampaikan pada kesempatan ini. Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap tentang suatu kegiatan yang menyenangkan yaitu menulis.

Kegiatan menulis bukan hal yang mudah karena menulis harus dapat menghasilkan sesuatu yang baru dan dapat memberikan gambaran atau gagasan kepada pembaca melalui tulisan.

Dan penulis juga harus terampil dalam menggunakan struktur bahasa, tidak hanya merangkai kata demi kata tetapi harus sesuai dengan struktur kebahasaan.

Seseorang dapat menulis dengan baik bila penulis memiliki pengetahuan yang luas sehingga tulisannya tidak monoton.

Pada Dasarnya Budaya Menulis di Indonesia sangat Rendah, Kalo Budaya Lisan paling jago, seperti Infotainment, Gosip, Kasak kusuk dan sajabana…. hehe

Dilihat dari segi keterampilan berbahasa, kemampuan menulis seseorang tidak sekedar untuk berkomunikasi, tetapi juga untuk menyatakan gagasan-gagasan kepada orang lain.

Dalam kegiatan menulis, ada sebuah proses yang harus dilalui dengan beberapa tahapan.

Pengertian Hakikat Menulis

Menulis adalah aktivitas yang sangat menyenangkan dan untuk alasan itulah kenapa saya suka menulis di beberapa blog milik saya seperti di https://www.shoutedme.com dan beberapa blog lainnya.

Menurut pendapat pribadi penulis, bahwa menulis adalah sarana mengekspresikan diri. Dengan tulisan kita mampu mencurahkan isi hati serta pemikiran kita.

Selain itu, dengan menulis juga kita mendapatkan sesuatu yang sangat berharga. Sesuatu tersebut adalah amal jariyah.

Orang membaca tulisan kita dan anda tentu tahu bahwa dasar pengetahuan kita saat ini adalah berkat tulisan orang2 terdahulu.

dan berikut adalah pengertian hakikat menulis menurut para ahli.

Pengertian Hakikat Menulis Menurut Tarigan (1985:5)

Tarigan (1985:5) menyatakan bahwa menulis adalah

Keterampilan yang produktif karena menulis merupakan komunikasi tidak langsung yang sifat dan karakternya sangat berbeda dengan berbicara yang diungkapkan secara langsung.

Pengertian Hakikat Menulis Menurut Suparno Yunus

Suparno, Yunus (2006:14) berpendapat bahwa:

menulis merupakan serangkaian aktivitas yang terjadi dan melibatkan beberapa fase, yaitu fase persiapan, pengembangan isi dan telaah, serta revisi atau penyempurnaan tulisan.

Pengertian Hakikat Menulis Menurut Morsey

Menurut Morsey (Dalam Suparno, Yunus, 2006:30), menyatakan bahwa pengertian hakikat menulis adalah

menulis merupakan keterampilan yang produktif dan ekspresif karena menulis harus terampil menggunakan grofologi, struktur bahasa, dan memiliki pengetahuan bahasa yang memadai.

Yunus (2006:29) berpendapat bahwa tulisan dapat dipergunakan sebagai alat komunikasi secara tidak langsung kepada pihak lain untuk menyampaikan informasi.

Pengertian Hakikat Menulis

Kesimpulan

Berdasarkan teori-teori di atas, maka yang dimaksud dengan menulis adalah merupakan salah satu keterampilan yang produktif, artinya dapat menghasilkan sesuatu yang baru dan dapat dipergunakan sebagai alat untuk berkomunikasi secara tidak langsung oleh si penulis.

Definisi tersebut memperlihatkan bahwa pengertian menulis merupakan komunikasi secara tertulis kepada pihak lain melalui beberapa fase atau tahapan yaitu fase persiapan, pengembangan isi dan revisi serta memperhatikan dan menggunakan struktur kebahasaan yang benar.

Demikian artikel tentang pengertian hakikat menulis menurut para ahli ini disampaikan. Semoga artikel tentang menulis ini bermanfaat. Salam

Comments

  1. postingan yang sngat bermanfaat, terimakasih

  2. Media Jawa # sama – sama , terima kasih atas kunjungannya,,,

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.