SEO TipsPelajari bagaimana SEO bekerja untuk situs Anda!

Cara Membuat Kata Pengantar Terheboh

Cara Membuat Kata Pengantar. Ketika kita akan membuat sebuah Makalah atau Karya Tulis di halaman awal kita akan menemukan yang namanya Kata Pengantar.

Kata pengantar biasanya berupa ungkapan dan ucapan yang disampaikan atau diharapkan oleh penulis. Seperti dalam Blog ini saya dulu pernah memberikan contoh makalah yang mempunyai kata pengantar tetapi sudah saya hapus.

Banyak yang beranggapan bahwa menyusun kata pengantar disebut susah tapi gampang atau gampang tapi susah.

Tetapi, ketika Anda tahu tips dan trik bagaimana cara membuat kata pengantar yang baik maka akan terasa sangat mudah.

cara membuat kata pengantar makalah dan skripsi

Cara Membuat Kata Pengantar dengan Mudah

Sebelum kita masuk pada materi atau bahasan pokok tentang membuat kata pengantar, terlebih dahulu saya ingin menyampaikan apa sih yang dimaksud dengan kata pengantar?

Dikutip dari KBBI, bahwa yang dimaksud dengan pengantar adalah:

1. orang yg mengantar(kan); source: kbbi3

2. alat untuk mengantar(kan); source: kbbi3

3. pembimbing; source: kbbi3

4. pandangan umum secara ringkas sebagai pendahuluan (mengenai isi buku, ceramah, dsb)

Kata Pengantar adalah sepatah dua kata dari si pengarang kepada pembaca mengenai karyanya, Kata Pengantar berisi kata-kata atau kalimat harapan penulis, ucapan terima kasih dari penulis dan lain sebagainya.

Kata pengantar biasanya berisi puja-puji pada Tuhan YME, kemudian harapan pembuatan karya ilmiah yang dibuat.

Disamping itu juga terdapat ucapan terima kasih terhadap yang telah membantu dalam penulisan makalah tersebut.

Cara Membuat Kata Pengantar cukup mudah, berikut ada beberapa langkah dalam pembuatan kata pengantar

  1. Awali dengan memanjatkan rasa syukur kepadaTuhan YME, yang telah memberikan anda kesehatan sehingga bisa menyelesaikan karya tersebut dan pihak-pihak terkait yang telah membantu penulisan karya ilmiah Anda.
  2. Lanjutkan dengan memberikan sedikit gambaran tentang Karya ilmiah yang telah anda tuliskan. Biasanya sih berisi tujuan penulisan makalah.
  3. Terakhir, akhiri dengan pernyataan perminta maaf jika ada kekurangan karya Anda, Harapan-harapan pada pembaca, dan doa agar karya bisa bermanfaaf

Contoh KATA PENGANTAR

Setelah mengetahui tata cara membuat kata pengantar, sekarang saya akan memberikan contoh sederhana kata pengantar.

Ingat, ini hanya sekedar contoh kata pengantar dan bukan kata pengantar beneran ye..

Bismillahirrohmanirrohim

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan taufik dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi yang diberi judul “ Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teacher and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Drama Siswa Kelas VIII MTs Mathla’ul Anwar Binuangeun Tahun Ajaran 2011/2012”.

Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat dalam memperoleh gelar Sarjana Pendidikan pada program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah (DIKSASTRASIADA) di Universitas Mathla’ul Anwar (UNMA) Banten.

Dalam penyusunan Skripsi ini, penulis memperoleh bantuan dan pengarahan dari berbagai pihak, oleh karena itu dengan rendah hati penulis mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Kedua orang tua, dan seluruh keluarga yang senantiasa mendukung baik secara moral maupun materi.
  2. Ibu Dra. Hj. Fitri Hilmiyati, M. Ed, selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mathl’aul Anwar Banten.
  3. Bapak H. Sugiyanto, S. Pd, M. Pd, selaku Dosen pembimbing II FKIP UNMA Banten yang telah tekun serta bersedia hati membimbing dan mengarahkan penulis hingga skripsi ini selesai.
  4. Bapak Akhsan Sukroni, M. Si selaku Dosen Pembimbing I FKIP UNMA yang berpartisipasi serta berempati untuk membimbing dan mengarahkan penulis dalam penyusunan Skripsi ini.
  5. Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah FKIP UNMA Banten.
  6. Kepala Madrasah MTs Binuangeun beserta dewan guru dan jajarannya yang telah bersedia membantu penulis dalam melakukan penelitian.
  7. Rekan-rekan seperjuangan yang banyak membantu semangat, tenaga, serta pemikirannya dalam proses penyelesaian Skripsi ini.
  8. Teknologi Copy Paste Mbah Google (heheheee… jangan tersungging ya)

Penulis menyadari bahwa Skripsi ini masih jauh dari sempurna, baik materi maupun penyajiannya. Penulis berharap semoga Skripsi ini dapat memberikan sumbangan pikiran serta manfaat khususnya bagi penulis umumnya bagi semua pembaca.

Akhirnya betapa pun penulis berusaha seteliti dan secermat mungkin, namun sebagai manusia biasa tak luput dari kesalahan. Untuk itu penulis mengharapkan koreksi dan saran yang membangun dari para pembaca. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua. Amin.

Malingping, 20 Mei 2013
Penulis

H E D I
NIM : D.*8.08.04**

Demikian artikel cara membuat kata pengantar ini dibuat dengan harapan semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan. Terima kasih

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *