Pengertian Internet Secara Teknis

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas pengertian Internet. Menurut data yang dikeluarkan KEMKOMINFO (Kementerian Komunikasi dan Informasi) pengguna Internet di Indonesia saat ini mencapai 82 Juta Jiwa dari total penduduk Indonesia sebanyak 250 Juta Jiwa. Ini berarti ada sekitar 30,5% Penduduk Indonesia melek internet. Dari total jumlah tersebut, banyak diantaranya yang tidak tahu Pengertian Internet itu sendiri.

Ada dua kategori Pengertian Internet, yaitu secara Teknis dan Ilmu Pengetahuan. Walau beda pengertian, tetapi keduanya mempunyai tujuan yang sama. Internet identik dengan jaringan dan computer.

Pengertian Internet secara teknis

Pengertian internet secara teknis adalah system global dari seluruh jaringan computer yang saling terhubung. Jaringan global tersebut dinamakan TCP/IP atau disebut juga dengan nama Standar Internet Protocol Suite. Fungsi dari TCP/IP ini adalah melayani milyaran pengguna di seluruh dunia, Protokol Pertukaran Paket ( Packet Switching Comunication Protocol).

Internet merupakan akronim dari Interconnection – Networking. Jika kita kaji dari kedua kata tersebut, maka akan didapat pengertian interconnected adalah a state of being connected reciprocally [1] the act of interconnecting ( Computer Science). Networking adalah Jaringan antar computer (1) Jaringan (2) Hubungan (3) Ketersambungan (4).

Pengertian Internet Secara Ilmu Pengetahuan (Scientific)

Pengertian internet

Ilustrasi Jaringan Internet

Pengertian internet jika dikaji dari segi ilmu pengetahuan (Scientitic) adalah perpustakaan besar yang memuat milyaran informasi, data berupa audio, video, teks, animasi, grafik.

Internet dibentuk dalam media elektronik. Ditinjau dari segi manfaat, internet sangat berperan dalam pertukaran informasi dan data, sebagai sumber ilmu pengetahuan dan sebagai sumber penghasilan.

Seiring perkembangan jaman, timbul istilah- istilah baru dalam internet, seperti Internet Marketing, E-Marketing. Istilah – istilah tersebut ditimbulkan karena besarnya pangsa pasar yang ditawarkan. Kemudahan adalah kunci dari kesuksesan internet meraih pangsa pasar yang tinggi, sehingga bisnis online menjadi booming.

Kesimpulan

Internet berkembang dari tahun ke tahun dan telah menciptakan pasar yang sangat luas. Internet menghubungkan orang per orangan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Dewasa ini, jumlah pengguna internet semakin meningkat dan terus meningkat seiring dengan perbaikan infstruktur jaringan internet.

Internet bukan saja hanya bisa diakses di rumah akan tetapi sekarang perangkat mobile pun sudah dilengkapi dengan fasilitas ini. Manusia dalam kehidupannya dapat menggunakan internet dimanapun berada.

Internet berperan penting dalam perkembangan peradaban manusia milenial. Menurut wikipedia, internet yang dibentuk oleh departemen pertahanan amerika ini akan terus berkembang dan menjadikan manusia kecanduan.

Sejarah internet di Indonesia dimulai pada tahun 90 an dan pada saat itu dikenal dengan istilah paguyuban network. Onno W Purbo adalah salah satu orang yang berperan dalam perkembangan internet di Indonesia.

Diatas adalah penjelasan singkat tentang Pengertian Internet. Semoga bisa memberikan Edukasi, Inspirasi dan Solusi bagi kita semua. Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah membaca pengertian internet ini secara sederhana. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.