Pengertian Belanja Langsung dan Tidak Langsung

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

THECRAZYPERFECT.COM ~ Kata Belanja hampir setiap hari kita dengar, terutama ibu-ibu rumah tangga pasti akan mengucapkan kata belanja, apa lagi saya, setiap hari mendengar istri harus beli ini itu untuk keperluan rumah tangga. Namun, walau sudah sering kita dengar

Tahukah Anda apa Pengertian Belanja?

Pengertian Belanja adalah sebuah upaya untuk mendapatkan/memperoleh suatu barang atau jasa yang dihargai dengan uang.



Belanja juga dapat diartikan pemerolehan barang atau jasa dari penjual/pedagang dengan tujuan membeli yang dilakukan pada saat itu.

Dari kedua pengertian belanja diatas, terdapat beberapa kata yang saling berhubungan, yaitu pedagang/penjual, pembeli, barang atau jasa, dan uang. Sesuatu dikatakan belanja apabila ada empat unsur tersebut terpenuhi, ada uang ada barang, gak ada uang namanya hutang.

# Apa Tujuan Belanja?

Pada dasarnya, tujuan dari belanja adalah untuk pemenuhan kebutuhan, baik berbentuk materi atau non materi. Setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda untuk berbelanja, contohnya saya, hanya mampu pake sandal jepit.

Dalam Laporan Keuangan Pemerintahan, belanja dibagi dalam dua jenis, yaitu belanja langsung dan belanja tidak langsung, pengertian belanja langsung dan tidak langsung bisa Anda lihat dibawah ini.

Pengertian Belanja Langsung dan Tidak Langsung

Belanja Langsung atau disingkat BL, yaitu belanja yang terkait langsung dengan produktivitas kegiatan atau terkait langsung dengan tujuan organisasi.

Contoh Belanja Langsung adalah Belanja Pegawai, Honor, insentif merupakan sesuatu yang harus dibayarkan oleh pemerintah kepada pegawai , tetapi apabila pegawai tidak melakukan pekerjaan maka upah tidak akan dibayarkan. ( dia bekerja / produktivitas dan berkaitan dengan tujuan organisasi )

Belanja Tidak Langsung atau disingkat BTL , yaitu Belanja yang tidak secara langsung terkait dengan produktivitas atau tujuan organisasi.

Agar lebih jelas lagi, khususnya bagi Anda yang baru bekerja di. Pemerintahan, saya akan menambahkan jenis belanja lain yang terkait dengan Belanja Langsung dan Belanja Tidak Langsung.

MAU KAYA DARI TRADING BITCOIN? KLIK BANNER DIBAWAH UNTUK BELAJAR TRADING

Buka Akun Trading Riil

BELANJA PEGAWAI Adalah dana yang disediakan/dialokasikan dalam DIPA untuk pembayaran gaji dan tunjangan.

BELANJA BARANG Adalah dana yang di sediakan/ dialokasikan dalam DIPA untuk pengadakan barang/jasa, pemeliharaan dan perjalanan dinas

BELANJA MODAL Adalah dana yang disediakan/dialokasikan dalam DIPA dalam rangka pembentukan modal termasuk untuk tanah, peralatan dan mesin, gedung dan bangunan, jaringan, maupun dalam bentuk fisik lainnya.

BELANJA LAINNYA Adalah dana yang disediakan/ dialokasikan dalam DIPA yang di gunakan/belanja pemerintah yang tidak dapat diklasifikasikan dalam jenis balanja. Kiranya sekarang Anda sudah memahami apa Pengertian dari Belanja Langsung dan Belanja Tidak Langsung. Good Job

UPDATE : PELAJARI CARA MENAMBANG BITCOIN DISINI

Artikel serupa yang mungkin Anda cari

2 Comments

Leave a Reply

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE