Pengertian Domain dan Hosting

Posted on
Perkembangan Teknologi yang semakin maju dan terus tumbuh menciptakan inovasi baru dalam berbagai bidang. Perkembangan ini tidak terlepas dari peran sumber daya manusia yang bergerak dinamis mengikuti pola teknologi.

Pergerakan dan pertumbuhan teknologi selalu menghadirkan tantangan bagi orang-orang yang ingin tercatat namanya dalam sejarah (Baca : Sejarah dan Pengertian Domain) atau setidaknya memberikan andil bagi perkembangan teknologi itu sendiri. Kita mengetahui bahwa pertumbuhan teknologi sangat cepat sehingga kita harus berlari mengejar ketertinggalan dari pesatnya perkembangan teknologi. 

pengertian domain dan hosting

Pengertian Domain dan Hosting sendiri harus difahami sebagai suatu kesatuan yang utuh. Ibaratya sebagai fondasi dan bangunan. Domain lebih mengarah kepada sifat atau zat (Non Fisik) sementara hosting merupakan bentuk fisik. Agar lebih mudah memahami tentang pengertian domain dan hosting, saya akan mengambil contoh dalam kehidupan sederhana. Pernahkah sobat makan sayur tetapi kurang garam? jika pernah tentu rasanya akan hambar. Nah, seperti itulah hubungan antara domain dan hosting ibarat “Masakan dan Garam”.

Apa Itu Pengertian Domain?

Menurut Wikipedia Pengertian Domain adalah Nama Unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat website. Namun, dalam artikel ini saya akan mencoba menguraikan secara lebih jelas tentang Pengertian domain agar lebih mudah difahami meski oleh anak Sekolah Dasar sekalipun.

Pengertian domain adalah sebuah nama yang menunjukan alamat suatu website sebagai pengganti IP Address yang rumit untuk dihafal oleh pengguna Internet yang memiliki extensi tertentu. Dari pengertian tersebut terdapat hubungan beberapa kata yang merupakan suatu sistem utuh yaitu Nama dan Alamat, IP Address dan Ekstensi.

Nama dan Alamat

Nama dan Alamat sebenarnya masih sama, artinya bahwa keduanya adalah sama-sama menunjukan sesuatu. Sebagai contoh disini saya akan menggunakan nama “Facebook” yang sudah sangat dikenal luas. Facebook merupakan nama dan alamat sebuah website. Setiap anda browsing di Internet akan mengetikan “Facebook” untuk login dan yang muncul adalah beberapa link yang mengandung keyword facebook. Untuk lebih jelasnya yang dimaksud nama dan alamat bisa juga disebut “judul website’. dalam dunia SEO disebut tag heading 1. Anda dapat membaca dalam artikel saya yang berjudul ” Choosing A Good Domain Name

IP Address

Jika sobat mencermati pengertian domain diatas, maka sobat menemukan kata IP Address. Apa maksud kata tersebut?. Jawabannya adalah bahwa yang dimaksud IP Address adalah sebuah angka yang di redirect menjadi huruf. Artinya terdapat pengalihan dari angka menjadi huruf. sebagai contoh http://127.0.0.01 dialihkan menjadi http://www.contoh.com

Ekstensi

Yang dimaksud dengan ekstensi adalah akhiran yang terdapat diakhir nama dan alamat website. Ekstensi diawali dengan Titik atau lebih dikenal dengan nama DOT. facebook memiliki ekstensi DOT COM (facebook.com). www.facebook.com diartikan sebagai Facebook sebagai alamat dan .com sebagai ekstensi.

Apa Itu Pengertian Hosting?

Secara sederhana pengertian hosting adalah tempat penyimpanan file secara online untuk kemudian ditampilkan dalam sebuah laman website. File tersebut berupa teks, audio, video atau lainnya. Hosting sebagai penyimpan online dijadikan bisnis oleh penyedia jasa layanan internet dengan menyediakan server yang kemudian diterjemahkan menjadi sebuah website. Secara umum, ada 4 jenis hosting yang ada sekarang yaitu : Virtual Dedicated Server, Dedicated Server, Colocation Server dan Shared Hosting. 

Demikian artikel sederhana tentang Pengertian Domain dan Hosting ini saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua, jika sobat merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan.

Gravatar Image

I am Heidy Hadiningrat a Writer, Blogger, SEO Practice and Internet Marketer owner TheCrazyPerfect.com. I started my blog in 2013 and get daily unique visitor 10K+. Sharing is sexy is my moto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *