Paradigma Administrasi Negara Menurut Nicholas Henry

Posted on

Paradigma Administrasi Negara Menurut Nicholas Henry | TheCrazyPerfect.com. Seperti biasa, tino duduk termenung di dekat warung di Kampusnya. Tempat favoritnya adalah sebelah utara dekat dengan danau buatan.

Dia masih teringat dengan kata kata pak dosen kemarin, bahwa hidup harus sederhana, bahwa hidup harus rendah hati, bahwa hidup tidak perlu dipamerkan.

Kenyataan itulah yang harus diterima manusia, bukan khayalan atau angan angan yang tak pasti. Jalani hari ini untuk esok hari, bertindak baik hari ini besok akan menerima buah yang baik. Begitulah fikirnya.

“ Duaaaaar” Tino terkejut dari lamunannya. “ Bengong aja lu tin, mikirin apa brow?”. Asep Samehong bertanya pada tino. “ Eh, elu hong, ngagetin aja”. Mehong dan Tino adalah teman akrab sejak kecil, sejak Sekolah Dasar mereka selalu bersama-sama. Sobat dalit istilah sunda.

“ Gua bingung ton, tadi pagi dosen gua ngasih gua tugas kuliah nih”. Mehong sedikit mengeluh. “ Emang tugas apaan hong?” Tino menimpali keluh kesah mehong.

“ Gua disuruh ngejelasin Paradigma Administrasi Negara Menurut si Nicholas Henry. Gimana gua ngejelasinnya. arti paradigma aja gua kagek tahu”.

“ Ya elah, mehong, masa sih yang kayak gitu aja tidak tahu”

“ Swear lah gua sambar geledek tin, kagek tahu”

“ kalo lu mau tau pengertian paradigma, tuh baca di blognya bang Hedi Hadiningrat. Lengkep deh pokoknya. Dari mulai Sejarah Administrasi, Perkembangan Administrasi sebagai ilmu dan juga seni. Pokoknya banyak deh, siapa tahu aja bisa jadi referensi buat lu” Tino menjelaskan panjang lebar.

“ Oh, gitu ya.. ngomong2 referensi apaan tin?” Tanya Mehong.

“ Asem banget lu hong, referensi aja kagak tahu”. Tepok jidat. “ Referensi itu rujukan hong, ngarti?”
Asep Samehong manggut2. Maklum pemilik IQ diatas 200 jadi level ilmu mehong lebih tinggi, jadi wajar saja kalo tidak tahu yang kayak gitu.

Kemudian, setelah lama mereka terdiam dan melongo memikirkan kehidupan yang cukup keras dari cadas. Mehong lalu bertanya “ Menurut lu tin, paradigma administrasi negara menurut nicolas henry apa sih, soalnya gua bener2 gk ngeuh sama sekali”. Tino mulai berfikir dan mencari2 apa yang dia ingat.

“ Kalo dari buku yang gw baca sih ada 5 hong”. Mehong mulai seneng, keliatan dari lubang hidungnya mulai membesar. “ Apa aja tin?, tolong dong jelasin ke gua”. Merengek seperti anak minta jajan sama ibunya.

“ Menurut Nicolas Henry, paradigma administrasi negara ada lima yaitu : dikotomi politik dan administrasi rentang waktu antara 1900 sampai dengan 1926 adalah paradigma yang pertama. Prinsip – prinsip administrasi negara antara tahun 1927 sampai dengan 1937 adalah paradigma ke – 2. Administrasi Negara Sebagai Ilmu Politik (1950-1970) masuk dalam paradigma ketiga. Administrasi Negara Sebagai Ilmu Administrasi tahun 1954 sampai tahun 1970 paradigma keempat. Administrasi Negara Sebagai Ilmu Administrasi Negara tahun 1970 adalah paradigma kelima”. Tino menyebutkan paradigma negara menurut Henry semampunya.

“ Oh, gitu ya? Terus penjelasannya gimana?”. Mehong mulai penasaran

“ Ada bayarannya gak nih”? Canda Tino

“ Tenang aja, gw traktir es dawet” jawab mehong

“ Nih, dengerin ya hong !” tino mulai menjelaskan

# 1. Paradigma satu yaitu Dikotomi Politik Dan Administrasi

Dimuat dalam tulisan Frank J. Goodnow dan Leonard D. White yang menyatakan ada dua fungsi pokok administrasi yaitu :

  1. Fungsi politik yaitu melahirkan keinginan-keinginan negara/merumuskan kebijakan-kebijakan.
  2. Fungsi administrasi yaitu melaksanakan kebijakan-kebijakan tersebut.

Ini merupakan tonggak sejarah paradigma kesatu menurut Nicolas Henry
Penekanan paradigma ini pada lokusnya yaitu dimana seharusnya administrasi ini berada dan kemudian dijawab oleh Goodnow. Menurutnya Administrasi Negara berpusat pada BIROKRASI PEMERINTAH

Baca Juga : Paradigma Administrasi Negara Menurut G.Frederickson

# 2. Penjelasan Paradigma Adm. Negara yang kedua yaitu : Prinsip – Prinsip Administrasi Negara.

Dalam paradigma ini lokus dari administrasi negara tidak begitu penting, yang paling penting adalah fokusnya yaitu “prinsip prinsip administrasi” dan dipandang dapat berlaku umum dan menyeluruh ( universal ) pada setiap bentuk organisasi dan lingkungan sosial budaya.

Prinsipnya adalah administrasi negara dapat diterapkan di negara mana saja walaupun berbeda budaya, lingkungan, bahasa visi misi dan lain sebagainya sehingga administrasi negara pada waktu itu mencapai puncak reputasinya.
Paradigma ini banyak menghasilkan karya yang hebat diantaranya :

  • Mary Parker Follet dalam Creative Experience tahun 1930
  • Henri Fayol dalam Industrial And General Manajement 1930
  • Willougby dalam Principles of public Administration tahun 1927
  • Frederick .W. Taylor dalam Principles of scientific Management tahun 1911
  • James D. Mooney dan Alan C Reiley Principles of Organication tahun 1939
  • Luther H Gulick dan Lyndall Urwick dalam Paper on the science of administration tahun 1937 Prinsip yang terkenal adalah POSDCORB (Planing, Organication, Stafing, Directing, Reporting, Budgeting)

# 3. Paradigma Ketiga dimana Administrasi Negara sebagai Ilmu Politik.

Pada fase ini upaya untuk menetapkan kembali hubungan konseptual antara administrasi negara dengan ilmu politik.

Umar (2004 : 5) menyatakan bahwa administrasi negara telah berkembang sebagai bagian dari ilmu politik. menurutnya dalam tahapan ini ada dua perkembangan baru yaitu:

Baca Juga :Perkembangan Administrasi Di Indonesia

  1. Tumbuhnya penggunaan studi kasus sebagai suatu sarana yang bersifat epistimologis.
  2. Tumbuhnya studi perbandingan dan pembangunan administrasi sebagai salah satu bagian dari ilmu administrasi

Namun terjadi masalah saat Dwight Waldo menyebutkan Administrasi bukan lagi dianggap sebagai ilmu politik. Maka timbul reaksi dari para sarjana Administrasi negara, mereka merasa tidak senang dan merasa dianggap sebagai warga kelas dua.

# 4. Administrasi Negara Sebagai Ilmu Administrasi (1954 – 1970).

Pada masa ini administrasi negara telah berkembang sebagai ilmu administrasi. Perkembangan ini diawali dengan ketidaksenangan bahwa ilmu administrasi dianggap sebagai ilmu kelas dua setelah ilmu politik.
Pada fase ini ilmu administrasi hanya memberikan focus tetapi tidak pada locusnya yaitu administrasi negara sebagai ilmu administrasi. Tahun 1956 terbitlah jurnal Administrative Science Quarterly sebagai sarana yang amat penting untuk menyuarakan pendapat dan konsep konsep dari paradigma ini.

# 5. Administrasi Negara Sebagai Ilmu Administrasi Negara 1970.

Pada masa ini administrasi negara telah berkembang menjadi ilmu administrasi negara yaitu dengan merambah kepada Teori Organisasi, Ilmu Kebijakan dan Ekonomi Politik. Dalam waktu singkat administrasi negara suatu bidang kajian telah menemukan warnanya tersendiri.

Gimana hong, kamu udah faham belum?. Kalo belum faham, kamu mandi kembang aja yaa. Kata tino kepada mehong. Saya kira penjelasan Paradigma Administrasi Negara Menurut Nicholas Henry ini cukup jelas, jika memang kurang jelas, anda bisa nanti ya,,, karena hari udah mulai subuh, saya undur diri untuk shalat subuh dan olahraga.

TheCrazyPerfect.com berusaha menyajikan artikel yang mudah difahami oleh anak2 atau orang dewasa, mengulas materi dari segi cerita adalah warnanya. Salam the crazy perfect

Gravatar Image

I am Heidy Hadiningrat a Writer, Blogger, SEO Practice and Internet Marketer owner TheCrazyPerfect.com. I started my blog in 2013 and get daily unique visitor 10K+. Sharing is sexy is my moto.

Leave a Reply