Cara Membuat Blog Lengkap Sampai Mahir

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Banyak orang yang bertanya tentang bagaimana cara membuat blog ? Jawabannya sangat gampang, namun bagaimana cara membuat blog itu berkualitas, cukup sulit jika anda tidak mau belajar.

Saya berfikir, bahwa mungkin diluar sana banyak yang ingin menjadi seorang blogger dan mereka tidak tahu bagaimana cara membuat blog.

Mereka tidak tahu harus darimana memulai dan mereka juga tidak tahu apa yang pertama kali harus dilakukan.

Pengalaman, lagi-lagi saya berkata bahwa ini soal pengalaman. Untuk bisa seperti saat ini, pertanyaan – pertanyaan tersebut ada di dalam benak saya.

Dulu sekali, sekitar tahun 2009 adalah awal mula saya masuk dunia blogging dan pertama kali mengenal blog dan memutuskan untuk menjadi seorang blogger, saya bertanya, apa itu blog, apa fungsi blog dan bagaimana cara membuat blog. Simple dan mudah pertanyaannya namun sangat sulit untuk dipraktekan. Saat itu saya memilih platform wordpress untuk memulai ngeblog dan sekarang blog pertama saya hilang ditelan samudera.

Disini, dalam tulisan ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat blog dari awam sampai faham dan memandu anda dari biasa sampai luar biasa. Saya jamin, anda akan mahir bahkan bisa mengalahkan saya.

Sebelum memasuki pokok pembahasan, saya akan menyampaikan beberapa hal yang sangat penting dan anda wajib untuk mengetahuinya.

Kenapa? Agar anda berfikir ulang untuk memutuskan menjadi seorang blogger dan sekaligus menggiring anda pada pemahaman fundamental tentang blog. Pemahaman yang bisa merubah mindset anda dan dapat membawa anda pada perubahan perbaikan diri atau setidaknya menjadikan anda seorang yang bermanfaat.

Mengenal Makna dan Hakikat Blog

Tak kenal, tak sayang, tak tahu tak rindu. Mungkin pepatah lama tapi efektif. Orang tua saya pernah berkata, jika anda ingin melakukan sesuatu atau berbuat sesuatu, maka kenalilah makna dan hakikatnya, dan jika sudah mengenalnya maka tidak akan ada keraguan dalam hatimu.

Mengetahui kebaikan dan keburukan, mengetahui kelebihan dan kekurangan, mengetahui kelemahan dan kekuatan atau mengetahui keuntungan dan kerugiannya.

Pada dasarnya, pendapat saya pribadi makna blog adalah sebagai media melimpahkan, mencurahkan dan meluangkan perasaan lewat tulisan ( tepatnya ketikan ) untuk saya bagi kepada siapa saja yang mau membacanya.

Perkembangan blog semakin hari semakin pesat, bukan saja hanya sebagai media berbagi sekarang blog merambah dunia investasi. Blog adalah bisnis yang menjanjikan dan merupakan investasi jangka panjang oleh karena itulah tidak mengherankan kalau bermunculan blogger baru yang mencoba peruntungan dari nge-blog dan berusaha memperoleh keuntungan menjadi seorang blogger. Jadi hakikat blog selain sebagai sarana berbagi juga merupakan sebuah bisnis.

Cara Membuat Blog Menggunakan Blogspot

Dalam panduan membuat blog ini, saya akan menjelaskan secara rinci bagian per bagian atau tahap demi tahap dari mulai mengenalkan platform blogger sampai menerbitkan artikel pertama kali. Jadi, saya harap anda menyimak dengan seksama panduan dalam memulai aktifitas blogging.

Sejarah dan Perkembangan Blogspot

Dikutip dari Wikipedia bahwa Pada 23 Agustus 1999, Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs. Sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia, Blogger berperan dalam mempopulerkan format blog di dunia.

Pada Februari 2003, Pyra Labs diakuisisi oleh Google, membuat sejumlah fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs menjadi layanan yang sepenuhnya gratis. Pada Oktober 2004, salah satu pendiri Pyra Labs, Evan Williams, mengundurkan diri dari Google.

Pada tahun 2004, Google membeli Picasa, dan mengintegrasikannya dengan Blogger sehingga pengguna Picasa dapat mempublikasikan koleksi foto miliknya ke situs blognya.

Pada 9 Mei 2004, Blogger memperkenalkan beberapa perubahan besar pada sistem publikasi blognya, menambahkan fitur seperti templat yang memenuhi standar web, halaman arsip individual untuk masing-masing posting dan komentar, serta fitur posting melalui email.

Pada 14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan versi terbarunya dalam tahap beta, yang diberi nama kode “Invader”. Versi terbaru ini memigrasikan pengguna Blogger ke server milik Google dan menambahkan beberapa fitur baru. Pada Desember 2006, versi baru ini keluar dari tahap beta. Mei 2007, Blogger selesai memigrasikan semua data penggunanya ke server Google. Sumber Blogger Wikipedia

Tools atau Fitur Penting Blogspot yang Wajib Kamu Tahu

Sebagai pembuka, saya akan mengenalkan beberapa tools yang ada di blogger. Tools ini wajib diketahui masing – masing fungsinya. Karena dalam pedoman ini menggunakan bahasa indonesia, maka pengenalan tools atau fitur blogger juga akan saya gunakan bahasa indonesia.

  1. Postingan ( Post ) : Tools yang pertama adalah post, terletak di paling atas. Tools ini mempunyai tiga bagian yaitu :
    • Published : Merupakan bagian dari blogger yang menunjukan jumlah artikel yang telah dipublikasikan atau diterbitkan
    • Draft : Adalah bagian yang menunjukan jumlah artikel yang belum dipublikasikan
    • Scheduled : Adalah bagian yang menunjukan jumlah artikel yang dijadwalkan akan diterbitkan
  2. Statistik : adalah tools yang memberitahukan jumlah pengunjung blog keseluruhan. Tools ini terdiri dari 4 bagian yaitu :
    • Ikhtisar
    • Postingan
    • Sumber Lalu Lintas
    • Pages
  3. Pages adalah fitur blogger untuk membuat laman statis seperti laman privacy policy about us, disclaimer dan lain-lain
  4. Komentar / Comments adalah fitur blogger yang menampilkan jumlah komentar yang masuk atau komentar yang diterbitkan oleh pemilik blog terhadap blog miliknya
  5. Penghasilan adalah fitur yang disediakan untuk mendaftar AdSense dan tidak semua blog tersedia fitur ini
  6. Kampanye adalah fitur blogger yang khusus untuk mempromosikan blog, fitur ini berbayar
  7. Tata Letak / Lay Out adalah fitur blogger yang berfungsi untuk menentukan letak widget di dalam blogger seperti widget popular post , featured post dan widget lainnya
  8. Template adalah fitur yang disediakan oleh blogger untuk memudahkan memilih theme atau template. Anda bisa memilih template bawaan atau template gratis yang bisa di unduh di beberapa penyedia template
  9. Settings / Pengaturan adalah fitur yang berfungsi untuk mengatur blog anda. Fitur ini terdiri dari beberapa bagian yaitu :
    • Dasar
    • Posting, Komentar dan berbagi
    • Bahasa dan Format
    • Email
    • Prefensi Penelusuran
    • Lainnya
    • Setelan Pengguna

cara membuat blog lengkap

Anda sudah mengenal beberapa fitur blogger dan waktunya anda praktek membuat blog anda sendiri. Ikuti panduan membuat blog yang akan saya uraikan dibawah.

Panduan Cara Membuat Blog Untuk Pemula

Ada beberapa tahapan yang harus anda perhatikan sebelum anda memutuskan untuk membuat blog. Tahapan-tahapan yang saya maksud adalah :

  1. Menentukan Maksud dan Tujuan : Tentukan maksud dan tujuan anda, apakah anda build blog untuk sekedar berbagi atau mencari profit
  2. Menentukan Tema Blog : adalah tahapan awal yang harus anda perhatikan. Anda menentukan tema ( dikenal dengan niche ) untuk blog anda. Salah satu niche yang saya rekomendasikan adalah Kesehatan, Teknologi, Pendidikan atau Niche yang sesuai dengan basic anda
  3. Menyiapkan Modal : Dalam dunia blog, modal diperlukan seperti modal belanja quota internet atau juga modal non fisik yaitu skill atau kemampuan anda.

Cara Membuat Blog Tahap Pertama di Blogspot

Masuk ke BLOGGER atau bisa juga di BLOGSPOT dan pastikan anda sudah mempunyai akun google. Jika belum punya, silahkan membuat akun google dulu. Setelah anda masuk ke situs blogger anda akan melihat seperti tampilan dibawah ini

panduan membuat blog

Cara Membuat Blog Tahap Kedua Menentukan Alamat Blog

Alamat blog atau dikenal juga dengan URL adalah link yang anda pilih sebagai alamat blog anda. Contoh alamat blog hxxps://bloganda.blogspot.com.

Saya anggap anda sudah masuk ke dashboard blogger. Silahkan pilih buat blog baru, maka akan ada tampilan pop up. Kolom pertama adalah untuk judul blog dan kolom kedua adalah untuk untuk URL blog anda. Silahkan pilih URL yang telah anda siapkan. Jika URL tersebut tersedia, maka akan ada tanda ceklis berwarna biru. Kemudian pilih theme atau template dan klik buat. Lihat gambar dibawah ini

membuat blog

Sebenarnya, pada tahap ini anda sudah membuat blog namun belum terisi apa-apa. Ibarat rumah, anda baru mempunyai rumah dan alamat rumah ( belum isinya ). Sekarang lanjut ke tahap ketiga

Tahap Ketiga : Membuat Laman Statis

Sebelum saya pandu anda untuk menerbitkan artikel, sebaiknya anda membuat beberapa laman wajib yang harus ada pada blog anda. Laman statis tersebut adalah :

pandaun membuat blog

  1. About Us adalah laman statis yang harus pertama kali anda buat. Laman ini berisi informasi tentang diri anda dan blog anda. Silahkan buat se simple mungkin. Untuk contoh anda bisa lihat di laman statis saya About Us The Crazy Perfect
  2. Disclaimer dan Privacy Policy adalah laman wajib kedua. Anda bisa membuat laman ini menggunakan bahasa indonesia atau bahasa inggris. Agar lebih mudah, silahkan baca panduan membuat laman privacy policy untuk blog secara online
  3. Contact Us atau Hubungi Kami. Wajib dan penting, laman ini sebagai media komunikasi antara anda dan pengunjung blog anda secara pribadi atau terenskripsi. Meskipun anda bisa berkomunikasi di komentar blog, laman Contact Us berbeda dengan komentar blog. Silahkan baca panduan cara membuat laman hubungi kami ala the crazy perfect yang diadopsi dari arlina desain
  4. Laman Lain seperti Advertisement yang bisa anda buat yang berisi tawaran iklan kepada pengunjung blog anda

Setelah anda berhasil membuat laman yang wajib dan harus ada pada blog, maka selanjutnya kita akan melangkah pada tahap empat tentang bagaimana cara membuat blog.

Cara Membuat Blog Tahap Keempat Setting Dasar Blogspot

Setelah anda selesai membuat laman statis, sekarang saatnya untuk setting blog anda agar mudah dicari atau tepatnya agar lebih SEO friendly. Setting awal ini sangat penting untuk anda terapkan untuk SEO. Ada beberapa tahap dalam setting dasar ini yaitu :

Mengatur Deskripsi Blog

Deskripsi merupakan uraian singkat blog anda. Contoh, jika blog anda dengan niche kesehatan, anda bisa membuat deskripsi seperti ini “ Blog yang membahas tentang masalah kesehatan dan berbagai jenis obat” atau mungkin blog anda mempunyai niche pendidikan anda dapat menuliskan deskripsi di blog anda tentang pendidikan. Agar lebih SEO, Deskripsi blog sebaiknya tidak boleh lebih dari 160 karakter, terlalu pendek juga tidak baik.

cara membuat blog di blogspot

Setting Feed atau umpan blog

Pengaturan umpan blog merupakan pengaturan yang harus anda ketahui. Pengaturan ini berguna untuk membatasi jumlah feeds blog anda agar lolos dari AGC yang merupakan momok bagi blogger. AGC atau auto generated content adalah suatu sistem yang secara otomatis mengambil feeds blog kita menjadi artikel dalam blog AGC. Saat anda melakukan setting feeds pilih singkat untuk menghindari hal – hal yang diinginkan. Prinsip saya blog berkualitas berisi artikel yang berkualitas pula.

cara membuat blog berkualitas

Setting Komentar Untuk Blog

Dalam pengaturan ini anda bebas memilih apakah anda memperbolehkan visitor untuk berkomentar atau tidak. Jika anda memilih untuk memperbolehkan komentar, pilih pengguna terdaftar kemudian untuk moderasi komentar pilih selalu. Ini bertujuan untuk menghindari SPAM. Selain komentar default blogger, anda juga bisa menambahkan komentar facebook, disqus, dan google plus.

cara membuat blog seo

Mengatur Bahasa dan Format Waktu

Karena negara asal kita adalah Indonesia, sebaiknya anda setting untuk bahasa adalah bahasa indonesia dan zona waktu silahkan pilih zona waktu indonesia ( Jakarta, makasar atau jayapura. )

Tahap Kelima : Memilih Template Blog

Secara pribadi saya lebih merekomendasikan template bawaan blogger untuk build blog anda. Namun, jika anda seorang yang stylish dan modis dan menginginkan tampilan blog anda terlihat keren, ada beberapa pilihan template yang cocok untuk anda.

Beberapa situs web penyedia template gratis yang patut anda coba seperti btemplates, sugend.id, dan arlina desain.

Nah, sebagai panduan dalam mengatur template, silahkan download template yang saya sediakan sebagai bahan praktek. Template ini dinamakan SANG SEO Template

DOWNLOAD

Setelah selesai mendownload template diatas. Selanjutnya anda ikuti panduan dalam proses pengaturan template. Silahkan menuju fitur template.

Cara Kesatu : Upload Langsung

Cara yang pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengupload langsung template hasil download tadi melalui fitur Download dan Backup. Klik dan kemudian anda dihadapkan pada pilihan untuk download.

cara membuat blog

Simpan dulu template anda dengan cara mengklik nomor 1 pada gambar. Setelah selesai, silahkan pilih tombol Choose File kemudian pilih file template hasil download tadi dan unggah.

Cara Kedua : Masuk ke Mode Edit HTML

Cara yang kedua adalah dengan masuk ke mode edit html langsung di blog, cara ini sebenarnya udah masuk level kedua. Lihat Gambar dibawah ini !

cara buat blog

Setelah anda dihadapkan pada tampilan layar seperti diatas, silahkan hapus kode template tersebut dengan cara pilih semua ( Ctrl+A dan kemudian tekan delete di keyboard anda).

Buka template hasil download tadi dengan menggunakan notepad atau notepad++ ( jika anda punya notepad++), kemudian silahkan pilih semua ( Ctrl +A ) dan kemudian Copy. Kembali ke blogger dan Paste kan disana.

Agar tidak terjadi kesalahan, jangan dulu disimpan. Silahkan klik tombol pratinjau, jika tampilan template berubah dan tidak terjadi eror, silahkan simpan template.

Saya cukupkan dulu sampai disini tentang pengaturan template. Untuk mempercantik lagi agar lebih ciamik dan mempunyai navigasi yang jelas, saya akan bahas diakhir.

CaraKeenam : Mendaftarkan Blog ke Search Engine

Cara membuat blog yang selanjutnya adalah mendaftarkan blog anda ke Search Engine seperti google, yahoo, yandex atau bing yang bertujuan agar blog anda di indeks oleh mesin pencari. Meskipun mesin pencari secara otomatis bekerja, alangkah baiknya kalau kita memaksa search engine untuk mengindeks blog kita secepat mungkin.

Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools

Silahkan menuju Google Webmaster Tools untuk mendaftarkan blog anda. Jika anda sudah masuk ke webmaster, pada pojok kanan atas ada tulisan tambah properti, klik tombol tersebut dan akan keluar jendela munculan, kemudian masukan alamat blog anda, setelah itu verifikasi kepemilikan blog anda. Untuk panduan lengkapnya silahkan baca Cara Sumbit Blog ke Google Webmaster Tools.

Mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster Tools

Mendaftarkan blog ke mesin pencari bing cukup sulit karena anda membutuhkan akun microsoft. Sebelum anda mendaftarkan blog ke bing webmaster, terlebih dahulu anda harus membuat akun microsoft. Silahkan daftarkan diri anda sebelum anda mendaftarkan blog anda ke Bing Webmaster Tools.

Setelah anda punya akun microsoft, silahkan masuk ke Bing Webmaster Tools. Karena jika dijelaskan disini terlalu panjang, anda bisa mempelajarinya dalam panduan cara mendaftarkan blog ke bing webmaster tools.

#Mendaftarkan Blog ke Yandex

Yang ini lebih sulit lagi karena yandex adalah mesin pencari yang berasal dari Rusia. Tapi anda jangan khawatir, saya punya solusi untuk anda dalam mempermudah mendaftarkan blog anda ke mesin pencari yandex, silahkan baca panduannya dalam artikel saya yang berjudul cara submit blog ke yandex

Tahap Ketujuh. Cara Menerbitkan Artikel

Setelah enam tahap terlewati, sekarang anda dapat menerbitkan artikel pertama anda. Jika anda menggunakan wordpress, maka otomatis anda sudah mempunyai artikel yang berjudul Hello World.

Sebelum anda menerbitkan artikel pertama anda, saya sarankan anda untuk mengetahu ciri-ciri artikel berkualitas. Sebuah blog yang berisi artikel yang sangat berkualitas merupakan salah satu faktor page one di google dan ini merupakan salah satu cara meningkatkan trafik blog. Anda sudah punya artikel di rangking pertama, maka blog anda akan ramai pengunjung.

Ada dua metode atau fitur yang disediakan platfrom blogger untuk menerbitkan artikel, yang pertama adalah mode compose dan yang kedua mode html.

Sebagai pemula, sebaiknya anda menggunakan mode compose dulu, karena mode html cukup sulit. Sebagai rujukan bagi anda, silahkan pelajari kode html untuk postingan blog dan cara memasukan kode html dalam postingan. Selanjutnya, silahkan lihat gambar dibawah ini !

Untuk mempermudah anda memahami dalam menerbitkan artikel di blog, lihat dengan seksama gambar diatas. Berikut adalah fungsi-fungsinya.

  1. Kolom nomor satu merupakan judul artikel yang anda terbitkan. Judul atau istilah kerennya title merupakan keyword. So, sebelum anda menulis artikel silahkan lakukan riset keyword terlebih dahulu
  2. Kolom nomor dua adalah isi artikel, pada bagian ini anda menulis artikel yang akan anda terbitkan
  3. Kolom nomor 3 adalah Label atau kategori, fungsi dari kolom ini adalah memisahkan tulisan antara kategori satu dengan kategori lain atau membedakan antara label A dan label B. Sebagi contoh artikel pertama anda adalah tentang Domain, maka label atau kategori yang cocok adalah Domain dan Hosting dengan judul contohnya Pengertian Domain dan Hosting Menurut Para Ahli
  4. Nomor 4 adalah jadwal, anda bisa set kapan artikel anda diterbitkan dan masuk dalam antrian terbit
  5. Nomor 5 merupakan permalink, ini adalah url artikel yang anda terbitkan. Pilih otomatis dan permalink secara otomatis tercipta. Contoh permalink https://www.thecrazyperfect.com/2013/07/pentingnya-memelihara-artikel.html
  6. Kolom Nomor 6 adalah geolocation atau lokasi. Abaikan saja bagian ini
  7. Kolom Nomor 7 adalah setting, buat default saja, gak ada yang perlu diubah
  8. Dibagian atas yang saya lingkari adalah pilihan untuk menyimpan artikel sebagai draft, tombol pratinjau adalah tombol untuk melihat tampilan artikel sebelum diterbitkan dan tombol publikasikan adalah untuk menerbitkan artikel anda

Mempercantik Blog dengan Navigasi yang jelas

Seperti janji saya diatas, bahwa saya akan membahas juga cara mempercantik blog anda. Google sangat menyukai blog yang mempunyai navigasi yang jelas dan terlihat oleh semua device. Salah satu alasan beberapa teman saya yang mencoba melamar adsense dan ditolak adalah karena navigasi blognya tidak sesuai dengan standar adsense.

Pertama, silahkan masuk ke template dan klik edit html, kemudian anda melakukan pencarian dengan mengetik ctrl+f dan silahkan tulis nav class menus. Jika sudah ketemu silahkan ganti tanda pagar (#) dengan url seperti gambar dibawah

bikin blog

  1. Nomor 1 adalah navigasi laman statis seperti yang sudah saya sebutkan diawal, jika anda belum membuat laman statis, silahkan buat dahulu.
  2. Nomor 2 adalah navigasi untuk media sosial, silahkan isi sesuai dengan ID atau username sosmed masing-masing

Itulah beberapa panduan cara membuat blog yang bisa sampaikan kepada anda jika anda ingin membuat blog menggunakan free hosted blogger.

Jika anda ingin membuat blog menggunakan wordpress, anda dapat mencari beberapa referensi di google. Panduan cara membuat blog menggunakan wordpress insya allah akan saya buat di kemudian hari. Perlu anda ketahui, bahwa perbedaan blogger dan wordpress terletak pada plugin yang disediakan. Demikian artikel cara membuat blog ini saya sampaikan semoga bermanfaat. Selamat Ngeblog gan

Artikel serupa yang mungkin Anda cari

No Responses

Leave a Reply

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE