faktor halaman pertama google

Faktor Page One Google, Analisa dan Kesimpulan

Posted on

Menjawab rasa penasaran saya terhadap faktor yang menentukan untuk menjadi page one di google akhirnya saya memutuskan untuk membuat analisa dan mencari tahu hubungan sebab akibat dari faktor tersebut.

Bagi saya seorang amatir dan baru di dunia blogging mengejar peringkat satu di SERPs rasanya seperti mendaki gunung dan menyeberangi lautan tanpa perahu.

Berbeda dengan master yang sudah mencapai taraf “suhu” itu bukan perkara yang sulit. Bagi mereka hanya dengan menulis artikel seadanya sudah pasti mendapatkan peringkat.

Terlebih lagi jika harus bersaing dengan website besar seperti omblogging atau panduanim, saya bukanlah apa-apa ( aku mah apa atuh ).

Salah satu website yang menjadi langganan saya adalah kedua website yang saya sebutkan diatas, dan website para suhu sangat menginspirasi saya. Mungkin sudah banyak orang yang me – reviews website mereka dan melakukan pembahasan serta penilaian objektif.

Jika ada orang yang bertanya kepada saya tentang rangking satu di google, saya akan mengatakan “ Pelajari saja dari google”. Pertanyaan tadi sekaligus menginspirasi dan memotivasi saya untuk mencari penyebab page one di google.

Sepertinya saya harus menekankan bahwa ini bukan plagiat atau menulis ulang artikel orang lain. Tidak, saya bukan orang yang seperti itu, hanya ingin untung dengan enteng.

Berselancar di internet dengan waktu cukup lama, mencari rujukan dari berbagai sumber online, mencoba melakukan interaksi dengan sesama blogger tentang apa saja sebenarnya yang menjadi faktor page one artikel di mesin pencari terutama google yang katanya semakin canggih untuk memperoleh data yang akurat, valid, terpercaya serta dapat diakui kebenarannya untuk kemudian disimpulkan.

Dalam melakukan analisis terhadap objek yang saya kaji, saya menggunakan dua metode yaitu studi dokumen dan wawancara.

  1. Metode Wawancara: Dalam metode ini, saya mencoba mengajukan satu pertanyaan di grup facebook dengan harapan mendapatkan jawaban yang tepat
  2. Studi Dokumen: Karena ketiadaan sumber offline, akhirnya saya memutuskan untuk mengambil sampel dari beberapa dokumen online yaitu beberapa dari website indonesia ( omblogging dan panduanim) serta dari website bule.

Apa itu page one?

Secara etimologis, page one berasal dari bahasa inggris yaitu page dan one. Page berarti halaman atau lembar dan one merupakan bilangan ( 1 ) yaitu satu, eka, atau esa.

Page one saya artikan sebagai halaman satu dari segi asal kata ( etymology).

Bagaimana seandainya jika pengertian page one ditinjau dari sudut pandang mesin pencari?

Menurut pendapat saya, pengertian page one dapat dikaji dari dua sisi, yaitu sisi teknologi dan sisi manusia atau pengguna.

Dikaji dari segi teknologi, pengertian page one adalah proses pemeringkatan suatu halaman website atau blog oleh search engine berdasarkan pada perhitungan matematis atau algoritma khusus dan kompleks untuk ditampilkan halaman per halaman. Halaman per halaman tersebut kemudian dinamakan dengan SERPs atau Search Engine Result Pages.

Dari segi pengguna, page one dapat diartikan salah satu usaha – usaha untuk memanipulasi mesin pencari dengan cara mencari titik lemah mesin pencari untuk menjadi peringkat satu pada hasil pencarian ( Search Engine Result Pages ).

Anda setuju? Harus, pokoknya anda harus setuju, jika tidak berikan alasan di komentar.

Apa yang menjadi faktor utama agar bisa page one di google?

Berdasarkan metode pengambilan data diatas, dapat diketahui faktor- faktor yang menyebabkan salah satu keyword yang ditargetkan menjadi page one.

Ini baru hipotesa, tidak mutlak bahwa anda harus melakukan ini agar halaman website anda atau artikel anda menjadi page one. Namun apa salahnya jika anda langsung praktek saja.

Buktikan bahwa analisa saya tentang Faktor Page One itu benar.

Dan, jika artikel ini tidak page one. Terserah anda mau praktek atau tidak.

Analisa Berdasarkan Metode Studi Dokumen Atas Faktor Page One

Dalam melakukan analisa ini, saya hanya mengambil sample dari beberapa dokumen online. Saya hanya memperhatikan dua hal dari dokumen online yang diambil. Pertama, Otoritas Situs dan Popularitas Situs. Itu saja…..

PanduamIM

faktor page one panduanim

Dalam artikel panduanIM yang berjudul 5 Tahap Untuk Masuk ke Halaman Pertama Google dengan Keyword Apapun saya mengambil beberapa data. Berikut data-data yang saya ambil :

  1. Keyword, Kesalahan dalam memilih keyword tidak akan membuat kita berhasil untuk bersaing. Menargetkan keyword untuk website harus terstruktur dan didasari oleh pemahaman yang dalam tentang topik yang akan dibahas. Intinya, harus ada relevansi antara keyword dengan konten dan ini merupakan salah satu ciri artikel yang berkualitas sesuai dengan standar SEO
  2. Backlink, Pemilihan backlink yang tepat akan membawa pengaruh yang bagus kepada konten website. Backlink mempunyai dua sisi yang berbeda, dari satu sisi backlink bisa mempengaruhi peningkatan peringkat artikel di google dan dari sisi lain membawa pengaruh buruk terhadap peringkat halaman website atau keyword yang ditargetkan dan ini bisa menjadikan artikel anda jatuh ke dasar jurang dan tenggelam di samudera terdalam. Ada dua jenis backlink yang bagus untuk sebuah website, pertama backlink konstektual dan editorial
  3. Konten harus relevan, mempunyai nilai jual dan memiliki asset, Inilah jenis konten yang disukai mesin pencari dan manusia. Website seperti ini merupakan asset yang sangat berharga

OmBlogging

faktor pageone omblogging

Sebelumnya saya minta maaf kepada Ian Susela selaku pemilik resmi OmBlogging karena artikel beliau yang berjudul Faktor Pageone: Alasan Kuat Artikel Bisa di Halaman Satu Google saya jadikan refferensi. Semoga beliau sudi untuk menerimanya, kalau pun tidak, saya akan merevisi artikel ini. Ucapan terima kasih juga saya ucapkan kepada beliau karena sudah berbaik hati berbagi ilmu di grup facebook yang saya ikuti. Semoga tuhan memberkatinya. Amin…….

Menurut OmBlogging, ada 3 faktor yang mempengaruhi artikel bisa berada di halaman satu google yaitu :

  1. Pengucapan Kata Kunci, Saya lebih suka menyebutnya dengan Keyword Placement ( agar terlihat keren ), adalah faktor pertama untuk dapat page one di google. Penempatan keyword yang baik akan berpengaruh besar terhadap peringkat. Kesalahan terbesar blogger adalah menuliskan keyword berulang-ulang sehingga kalimat tersebut menjadi rancu atau tidak sesuai dengan kaidah bahasa yang baik dan benar atau EYD ( Ejaan Yang Disesuaikan ).
  2. Originalitas, Saya tidak suka barang kw, saya lebih suka barang yang asli. Apakah ini sama dengan google? Menurut omblogging, artikel yang orisinil adalah artikel yang sesuai dengan standar algoritma google.
  3. Memanipulasi Search Engine,Nah, ini berkaitan dengan backlink. Terus terang saja saya paling lemah dalam mencari backlink. Diluar sana, banyak blogger yang mengatakan bahwa backlink adalah fondasi yang kuat bagi website, namun nyatanya ini tidak berlaku bagi omblogging.

Unamo.Com

faktor page one google unamo

Unamo.Com adalah website luar yang dijadikan rujukan untuk menentukan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi target keyword page one. Saya tidak akan mengulas secara rinci dari website ini karena keterbatasan saya dalam menguasai bahasa inggris, nilai ebtanas murni saya untuk bahasa inggris 5,21 meski pun saya pernah kuliah di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan jurusan Bahasa Inggris dan mentok di semester 4.
Dari website tersebut dalam artikel yang berjudul 30 Most Important Google Rangking Factors A Beginner Sholud Know yang ditulis oleh Pawel Grabowski ada 4 faktor utama yang mempengaruhi peringkat google dan dari ke empat faktor tersebut dijelaskan faktor-faktor pendukungnya.

  1. On Page Factors, terdiri dari 12 faktor pendukung yaitu Keyword di dalam tag judul, Keyword di dalam meta deskripsi, keyword di heading ( h1), Menggunakan Keywords In Salinan Laman, Panjang Artikel Atau Konten, Duplikat Konten, Tag Kanonis, Pengoptimalan Gambar, Update Konten, Outbound Links, Internal Links, Keyword di dalam URL
  2. Faktor Website, Terdapat lima faktor yaitu Sitemap, Domain Trust, Lokasi Server, Situs yang dioptimalkan untuk Mobile Device, dan Integrasi Google Search Console ( Webmaster Tools )
  3. Off Page Factors, Terdiri dari 10 faktor pendukung yaitu The Number of Linking Domain ( Jumlah Link di Domain ), The Number of Linking Pages ( Jumlah Link dari Halaman ), Domain Authority Of Linking Page ( otoritas domain dari link halaman ), Link Relevancy ( Keselarasan atau Keterkaitan antar Link ),Authority Of Linking Domain ( otoritas dari link domain ), Link From a Homepage ( link dari beranda ), A Number Of Dofollow and Nofollow Links ( Jumlah Link Do dan Nofollow), The Diversity of Link Types ( yang ini saya gak bisa translate nya, tapi kurang lebih seperti ini ( terlalu banyak jenis link ), Contextual Links, dan Anchor Links
  4. Domain Factors, Terdiri dari 3 faktor yaitu Domain Registration Length ( Usia Domain ), Domain History, dan Country TLD Extension

Neil Patel

faktor page one google neil patel

Neil Patel adalah salah satu blogger bule favourit saya. Dalam artikel yang berjudul The Step-by-Step Guide to Improving Your Google Rangkings Without Getting Penalized Neil menjelaskan secara terperinci bagaimana cara meningkatkan peringkat google tanpa harus terkena penalti.

Menurut Neil Patel, ada 9 faktor yang harus dilakukan untuk meningkatkan peringkat website di mata google dan ini tentu akan berimbas pada naiknya peringkat keyword yang ditargetkan. Faktor apa saja yang mempengaruhi peringkat website menurut Neil?

  1. Get to know the Google ranking algorithm ( Mengetahui Algoritma Pemeringkatan Google)
  2. Assess your current search rangking, ( mengevaluasi peringkat pencarian terbaru anda )
  3. Track and measure the right metrics, ( melacak dan mengukur metrik yang tepat)
  4. Ensure your website is mobile-friendly, memastikan bahwa situs web kita mobile friendly dan sekarang disebut AMP ( Accelarated Mobile Pages)
  5. Diagnose and Fix your current penalties, mendiagnosa dan memperbaiki penalti terbaru,
  6. Do Keyword Research, melakukan riset keyword,
  7. Perfect your on page SEO, menyempurnakan SEO on page,
  8. Use your keyword to create great content, menggunakan keyword untuk membuat konten yang berkualtas,
  9. Build Links the Right Ways, membangun backlink dengan cara yang benar sesuai standar SEO

Analisa Berdasarkan Metode Wawancara Atas Faktor Page One

Metode pengumpulan data dari studi dokumen telah selesai, dan sekarang masuk pada metode penelitian yang kedua yaitu Metode Wawancara

Saya mengambil dua sample dari penelitian ini, yaitu dari Grup Blogger Indonesia dan Sekte Karungan ( Grup Facebook ). Jadi ini termasuk ke dalam jenis wawancara langsung namun menggunakan media online.

Pendapat dari Grup Blogger Indonesia

faktor page one google ala blogger indonesia

Sampai pukul 11:13 malam baru ada dua orang yang bersedia menjawab yaitu saudara Alexandromeo L Gunawan dan saudara Fery ZeZe. Menurut pendapat mereka masing-masing, bahwa faktor page one google adalah kualitas dan SEO.

Pendapat dari Grup Sekte Karungan

page one google

Hasil wawancara dari grup ini lumayan banyak, yaitu ada 6 tanggapan dan masing-masing memberikan pendapat yang berbeda.

  1. Sdr. Pay Xmutz, Faktor SEO,
  2. Sdr, Zaenal Susanto Zaen Vyxerz, Artikel yang fresh dan low persaingan ( tingkat persaingan rendah )
  3. Sdr. Bi, Kuatkan modal pasang iklan ke google ( Jasa AdWords )
  4. Sdr. Sapto MexAvriand, Click Through Rate, Pogosticking, dan UX ( User Experience )
  5. Sdr. Kikin Kembaren Faktor Face ( yang ini bercanda )
  6. Sdr. Hafid Taruh link dari artikel Backlinko<//li>

Kesimpulan atau Analisa Terhadap Faktor Page One Google

Sampai pada tahap akhir dari tujuan penulisan artikel ini. Kini, saatnya saya menyimpulkan Faktor-Faktor yang menyebabkan suatu website atau konten website berada di Page One Google.

Berdasarkan data – data diatas, saya menyimpulkan beberapa hal yang menurut saya paling penting agar artikel kita selalu berada di page one google.

  1. Penguasaan SEO,. Seorang blogger yang menguasai dan memahami SEO termasuk memahami cara kerja mesin pencari berpeluang besar untuk dapat page one di google. Ini harus ditunjang dengan modal yang cukup yaitu Asset dan Mindset
  2. Asset yang dimaksud dapat berupa asset diri ( skill ) dan asset fisik berupa website yang mempunyai otoritas tinggi
  3. Mindset Kerangka berfikir atau pola fikir seorang blogger berpengaruh terhadap berhasil atau gagal dalam mencapai tujuan yang diinginkan

Penutup

Akhirnya, selesai sudah artikel ini saya tulis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi saya. Ucapan terima kasih kepada jaringan internet, tukang siomay, mak emi tukang pecel dan rekan-rekan blogger yang menjadi inspirasi saya. Terakhir saya berharap, seandainya ada diantaranya yang tidak bersedia artikelnya atau websitenya dijadikan rujukan, saya minta maaf dan silahkan hubungi saya untuk kemudian saya tindak lanjuti dan revisi artikel ini.

Ditulis pada : 12 Oktober 2017 dari pukul 19:00 sampai dengan pukul 23:45 WIB di Kp. Babakan Jaha RT 009 RW 003 Desa Rahong Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak Provinsi Banten.

Sumber Inspirasi :

  1. OmBlogging
  2. PanduanIM
  3. NeilPatel
  4. Unamo.Com
  5. Blogger Indonesia dan Sekte Karungan ( Grup Facebook)
Gravatar Image

I am Heidy Hadiningrat a Writer, Blogger, SEO Practice and Internet Marketer owner TheCrazyPerfect.com. I started my blog in 2013 and get daily unique visitor 10K+. Sharing is sexy is my moto.

Leave a Reply