SEO TipsPelajari bagaimana SEO bekerja untuk situs Anda!

Inilah Cara Riset Keyword Yang Benar

Cara Riset Keyword yang Bener – Kebanjiran visitor website dari target keyword adalah impian blogger. Untuk itu ane kasih Tips Sensasional Dalam Riset Keyword Idaman.

Ini merupakan Crazy Tips To Targeted Keyword For Your Blog or Website ( Tips gila dalam menargetkan keyword untuk blog atau website ) agar supaya blog agan selalu nangkring di SERPs pada laman pertama ( ranking satu ).

Agan harus tau, terus terang saja ane bukan mastah atau webmaster yang ahli dalam mengelola SEO sebuah website. Ane hanya seorang biasa yang ingin berbagi melalui blog ini ( personal blog ane ).

Sssttt. Ini personal blog ane, lalu blog dagang ane yang mana?. Itu rahasia perusahaan, yang jelas blog dagang yang isinya daging ane sembunyikan ( blog bule ). Ikuti saran master….

cara riset keyword yang benar

Back to topics. Sebenarnya ane gak ada niat untuk menulis artikel ini, namun karena ada salah seorang teman yang ingin tahu cara menentukan keyword, menargetkan keyword dan membuat skema atau konsep terbaik dalam mengelola keyword tersebut.

Bukan hanya seorang, tetapi ada beberapa blogger pemula yang bertanya kepada saya tentang bagaimana cara menjadi blogger yang sukses dan dari mana harus memulainya.

Saya selalu katakan kepada mereka bahwa untuk menjadi blogger harus dimulai dari pemilihan niche yang tepat dan keyword yang tepat pula. Keyeord yang tepat adalah keyword yang anda kuasai secara utuh dan tidak setengah – setengah.

Nah, untuk itu betapa pentingnya mengetahui dan menguasai keyword dan sebenarnya sudah saya sampaikan bagaimana cara riset keyword ini dalam tulisan yang lain tetapi saya rasa belum cukup dan saya ingin melanjutkan pada pembahasan lebih lengkap

Cara Riset Keyword yang Bener

Atas dasar diatas, maka ane putuskan untuk membuat panduan dalam membidik keyword sampai tuntas sehingga mereka yang punya keinginan untuk belajar ngeblog mempunyai basic sehingga tidak terjadi ketimpangan atau malah kekeliruan yang berakibat fatal.

Ane tidak ingin menutup – nutupi suatu pengetahuan atau pengalaman, karena menurut ane jika ilmu dibagi pasti bermanfaat, ilmu tidak akan habis hanya karena dibagi.

Agan tahu rumus sedekah? Begini, jika Agan keluar sedekah 10 ribu maka Agan akan dapat berlipat- lipat dari sedekah Agan dengan syarat Agan harus ikhlas dan tanpa harap imbalan atas sedekah Agan. Serahkan semuanya pada yang Maha Perkasa.

Simak Video Cara Riset Keyword ala Neil Patel dibawah ini

Mengetahui Makna dari Keyword
TERLALU, kata bang Haji jika Agan sampe detik ini masih belum tahu pengertian dari keyword. Untuk dapat mengetahui pengertian keyword, mari kita sama-sama menyimak beberapa penjelasan dibawah ini dan ane harapkan setelah agan membacanya agan dapat memahami pengertian keyword dan juga memahami fungsi keyword.

Pengertian Keyword Berdasarkan Asal Kata
Keyword berasal dari bahasa inggris ( anak kemaren sore juga tahu ) dan terdiri dari dua kata yaitu “ Key” dan “Word”. Key berarti “Kunci (noun)” untuk adjective arti Key adalah “Penting” dan Word mempunyai arti Kata; Ujaran; Perkataan; Istilah (noun). Jadi pada intinya pengertian keyword adalah “Kata Kunci”.

Pengertian Keyword Berdasarkan Fungsi
Jika ditinjau dari segi fungsi, pengertian keyword dapat diartikan sebagai berikut :

  1. Fungsi Program : Pengertian Keyword jika ditinjau dari segi program adalah sebuah kata yang disediakan atau dicadangkan yang mempunyai arti khusus. Keyword tersebut berupa Perintah dan Parameter. Setiap bahasa program telah mengatur keyword agar dapat digunakan sebagai variabel.
  2. Fungsi Editor Text : Ditinjau dari segi text editor, arti keyword adalah indeks masukan ( berupa perintah ) yang mengidentifikasi catatan yang spesifik
  3. Fungsi Pencarian ( Search Engine ) : Keyword adalah sebuah kata atau kalimat yang digunakan untuk mencari informasi yang sesuai dalam sebuah web pages

Agar lebih mudah memahami, ane akan sajikan beberapa pengertian keyword yang ane kutip dari berbagai sumber online.

  1. MOZ; Menurut MOZ dalam website nya, pengertian keyword adalah keyword are ideas and topics that define your content is about. Jika kita translate ke dalam bahasa lokal itu hampir sama atinya dengan Kata Kunci adalah gagasan – gagasan atau pokok-pokok yang mendefinisikan sebuah kontent website tentang sesuatu.
  2. TechnoPedia: keyword is a particular word or phrase that describes the contents of a Web Pages. Menurut TechnoPedia yang dimaksud dengan keyword adalah sebuah kata khusus tertentu atau kalimat ( bagian kalimat) yang menggambarkan atau mendeskripsikan konten dalam sebuah laman website.

Apakah Penting Keyword Untuk Website

Sangat tidak penting jika Agan tidak memahami arti dan fungsi keyword. Namun, jika Agan faham akan fungsi keyword maka itu sangat penting terutama untuk mendatangkan visitor ke website Agan sehingga agan perlu riset keyword

Keyword berfungsi untuk mengidentifikasi blog Agan sehingga sangat diperlukan. Ketika website atau blog Agan udah diidentifikasi oleh search engine, maka Agan siap – siap aja kebanjiran trefik terutama dari Direct or Organic Visitor yang berasal dari Pengetikan Kata Dikolom Pencarian.

Gan, gimana caranye agar website kite diidentifikasi oleh mesin pencari?

Jawabannya sangat mudah, bahkan tanpa Agan melakukan apapun untuk website Agan, secara berkala dan otomatis robots ( spider crawler ) search engine seperti bing, yahoo, google dan semacamnya akan akan mengunjungi website Agan. Spider crawlers ini bekerja otomatis dengan mengumpulkan milyaran informasi yang ada di dalam jaringan internet.

Namun, agar lebih mudah diindeks oleh mesin pencari, ada cara tertentu yang harus dilakukan yaitu dengan meminta robots mengindeks website kita.

Gimana caranya bos? Agan baca ini Cara Submit Website Ke Mesin Pencari wabilkhusus Yandex atau Agan juga bisa mempelajarinya didalam artikel ini tentang Cara Submit Blog Otomatis ke mesin pencari.

Macam atau Jenis keyword

Secara umum, menurut para pakar SEO ada dua macam jenis keyword yang berkembang saat ini, yaitu STK (Short Tail keyword ) dan LTK (Long Tail keyword). Namun, disini ane akan bahas lebih mendalam tentang jenis keyword.

Short Tail keyword

Pengertian dari Short Tail keyword adalah keyword yang pendek yang tidak lebih dari 2 kata. Short Tail keyword menurut beberapa orang sangat sulit untuk ditaklukan karena memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi.

Contoh Short Tail keyword : Belanja, Belanja Baju ( tidak lebih dari dua kata ).

Long Tail keyword

Ini bukan perkara pulau tinjil atau panaitan yang merupakan habitat kera ekor panjang, ini menyangkut soal keyword. Long Tail Keyword yang berarti kata kunci ekor panjang.

Kenapa dikatakan kata kunci ekor panjang? Ya, secara harfiah yang dimaksud dengan Long Tail keyword adalah keyword yang lebih dari 3 kata.

Contoh Long Tail Keyword : “ Pengertian Domain dan Hosting “ , Cara Merawat Bebek Manilla” dan seterusnya.

…. atau jika kita kembangkan dari short kw belanja maka long tail kw nya adalah Belanja Murah di Mall, Tips Belanja Tanggal Tua…

Core keyword

Mungkin Agan bingung dengan istllah tersebut. Selamat, Agan baru saja menemukan istilah baru dari jenis keyword dari blog ane. Istilah ini ane buat untuk menggolongkan jenis keyword yang tidak ane temukan informasinya atau adanya literatur yang mengulas tentang keyword jenis ini.

Bukan tanpa alasan istilah baru ini ane ciptakan, ini berdasarkan pada beberapa faktor yaitu :

  • Tidak Ditemukan Istilah untuk keyword jenis ini
  • Berdasarkan Riset yang mendalam oleh ane dari berbagai jenis informasi tentang keyword
  • Bersumber dari pengalaman dan pemikiran yang matang

Kenapa dikatakan Core keyword?

Pertanyaan yang bagus, lihat faktor diatas yang sudah ane tulis !. Alasan utama bahwa keyword jenis ini dinamai dengan Core keyword adalah berdasarkan ciri-cirinya yaitu :

  • Berdiri sendiri, artinya tanpa ada dukungan dari yang lain keyword jenis ini tetap merupakan sebuah keyword, jadi keyword jenis ini hanya terdiri 1 kata alias tunggal
  • Menjadi Penunjang, suatu keyword bisa dikatakan kedalam jenis keyword Short atau Long Tail keyword jika ada Core keyword yang menunjangnya
  • Dapat dijadikan Branding, inilah keunikan dari core keyword yaitu dapat dijadikan brand sebuah website. Contoh brand dari core keyword Google, Wikipedia,Yahoo,Lazada, dan lainnya.

Pengertian Core Keyword

Core Keyword diartikan sebagai kata kunci inti yang menjadi pendukung bagi keyword lain. Core keyword berupa kata tunggal yang ditargetkan dan secara mandiri bersifat dinamis dari segi persaingan.

Core keyword merupakan keyword yang mudah diingat dan berpotensi meningkatkan merk atau citra suatu website.

Itu pendapat ane, terserah orang lain sudah membahasnya yang penting ane sudah menciptakan istilah baru

Praktek Terbaik Target Keyword

Inilah yang ane maksudkan dari tujuan penulisan artikel ini, tips sensasional dalam membidik keyword idaman Agan yang dijadikan incaran karena menurut Agan mempunyai nilai jual dan nilai pasar yang tinggi.

Jika Agan terpengaruh oleh High Paying Keyword ( HPK ), maka sebisa mungkin Agan berusaha membidik keyword tersebut untuk dijadikan sumber pemasukan dollar.

Segala sesuatu ada ilmunya, ada tata cara yang harus dilakukan agar usaha Agan berdaya guna dan berhasil guna atau setidaknya bermanfaat bagi orang lain.

Jika Agan sedang mencari tips bagaimana mengincar keyword idaman dan bagaimana cara kerja agar keyword bidikan Agan merajai mesin pencari maka agan sedang berada ditempat yang tepat karena ane akan share cara ane dalam melakukan riset keyword

Siapkan diri agan untuk menerima ilmu dari ane ( No Tipu, No Secret )

Mempersiapkan Alat Tempur

Okelah pada fase awal ini ane anggap agan sudah punya bahan dan alat untuk melakukan pertempuran. Namun jika agan belum tahu maksud ane apa sih bahan dan alat yang diperlukan?

  1. LAPTOP ( Wajib)
  2. KONEKSI INTERNET (Wajib)
  3. SEHAT JASMANI dan ROHANI ( Sunah )
  4. BERDO’A

Riset Target Kata Kunci / keyword Idaman

Sebelum agan memutuskan untuk menentukan minimal satu buah keyword yang akan ditargetkan, kita harus melakukan Riset kata kunci tersebut. Riset dimaksud adalah :

  1. Profitable keyword Analytic.
  2. Popularity keyword Analytic
  3. Riset Tingkat Persaingan
  4. Riset Tingkat Kemampuan
  5. Riset Geografis
  6. Riset Prilaku Pengguna

Cara Melakukan Riset Profit keyword (Profitable keyword Analytic)

Riset profit menentukan keberlangsungan website / blog agan, jangan sampai agan kehabisan modal hanya karena keyword yang agan targetkan tidak menguntungkan sama sekali.

Riset ini berlaku untuk agan yang ingin mengeruk keuntungan dari website atau blog agan. Karena salah satu sumber uang dari internet adalah blog.

Bagaimana cara riset keyword profit?

Keyword identik dengan program pay per click ( PPC ). Secara pribadi ane tidak tahu dalam menentukan harga sebuah keyword. Namun, pada saat ini yang paling tinggi masih dipegang oleh keyword yang berasal dari luar negeri, terutama USA.

Untuk dapat mengetahui apakah keyword yang agan target profitable atau tidak, agan bisa mengetahuinya dengan berbagai metode, salah satu metode yang paling popular adalah AdWords.

Riset Profit keyword Menggunakan AdWords

AdWords adalah salah satu website milik google yang menurut pendapat ane paling ampuh dalam mengetahui harga sebuah keyword yang ditarget. Silahkan agan masuk ke situs AdWords dan masuk ke Keyword Planner.

Dalam kolom pencarian silahkan masukan keyword yang agan target maka akan muncul Query Pencarian Per Bulan dan juga Bid ( Tawaran )

Riset Profit keyword Menggunakan keywordpy

keywordspy pantas agan pake untuk riset kata kunci, termasuk jumlah pengiklan, website pengiklan, keyword turunan, query pencarian per bulan dan website kompetitor.

Namun kelemahan dari keywordpy adalah tidak tersedia target wilayah indonesia, untuk mengatasinya agan bisa gunakan singapore atau malaysia.

Riset Profit keyword Menggunakan SEMRush

Diantara semua tools online, SEMRush merupakan tools Riset yang powerfull, sayangnya tools ini berbayar

Riset Profit keyword Menggunakan Add On ( Extensi Google Chrome )

Cukup mudah, agan hanya perlu memasang extensi add on yang disediakan google chrome, silahkan agan ketik pencarian extensi dengan kata kunci “ Keyword”.

Popularity keyword Analytic

Tingkat popularitas keyword ditentukan oleh banyaknya query pencarian tiap bulan, semakin banyak orang mencarinya maka akan semakin popular keyword tersebut.

Trend pencarian ini bisa agan dapatkan dari google trends. Agan bisa mengRiset tingkat kepopuleran keyword berdasarkan geografis, rentang waktu bahkan bisa lebih spesifik lagi.

Ada dua jenis keyword popular yaitu Keyword Musiman dan Keyword Abadi.

Yang dimaksud Kata Kunci musiman adalah kata kunci yang trends pada saat dan rentang waktu tertentu saja. Sedangkan Keyword Abadi tak lekang oleh jaman dan selalu menjadi popular sepanjang masa.

Kata Kunci musiman biasanya berkaitan dengan kejadian pada waktu tertentu dan kata kunci ini tidak usah ditargetkan. Kata kunci ini biasanya bertahan hanya sebentar saja dan akan digantikan dengan kata kunci lain. Jika agan ingin menargetkan keyword musiman, setidaknya agan memelihara tuyul yang berkaitan dengan berita hangat atau viral.

Kata Kunci Abadi adalah kata kunci idaman buat ane, kata kunci jenis ini tak luput dimakan jaman. Orang akan tetap mencari kata kunci ini dari berbagai usia dan latar belakang yang berbeda. Ada banyak keyword abadi yang bisa dijadikan target diantaranya Cara, Pengertian, Tips, Tutorial, Coupon, How To, How To Make, Resep.

Bagaimana Cara Mengetahui Keyword Abadi?

Caranya hampir sama dengan cara menentukan profit keyword namun lebih terfokus pada Rentang Waktu dan Volume Pencarian. Agan bisa menggunakan Google Trends atau juga tools lain milik google yaitu AdWords.

Competition keyword Analytic

Riset tingkat persaingan diperlukan untuk mendapatkan trefik dari Search Engine, semakin tinggi tingkat persaingan, maka akan semakin sulit mendatangkan trefik.

Biasanya website besar mentargetkan keyword yang popular, jika website kita termasuk dalam website yang kecil, sudah pasti kalah.

Semakin populer sebuah keyword maka tingkat persaingannya semakin tinggi, begitu juga semakin mahal sebuah keyword, maka tingkat persaingan juga akan semakin tinggi.

Rumus Tingkat Persaingan
Popular = Sulit
Populer = Rumit

#Suhu, Bagaimana Caranya Agar Rumus Tersebut Tidak Berlaku?

Kasih tahu gak ya….. 

Agar rumus tersebut tidak berlaku, Agan harus tahu seberapa besar tingkat persaingannya, seberapa banyak website kompetitornya, dan seberapa besar tingkat kepopulerannya. Gunakan beberapa website online dibawah ini untuk mengecek tingkat persaingan.

  • MOZ
  • Market Samurai
  • Long Tail Pro

#BUKA RAHASIA TERSEMBUNYI ( Memanfaatkan keyword Revealer )
Keyword Revealer adalah tool gratis yang bisa agan gunakan untuk melihat tingkat persaingan dan volume pencarian, yang namanya gratis pasti banyak kekurangan, kalau agan mau powerfull silahkan beli tools tersebut.

Sistem penilaian yang digunakan keyword revealer adalah sistem penilaian berdasarkan tingkat kesulitan dengan rentang nilai 1 sampai 100. Nilai 1 sampai 10 masuk dalam kategori no competition, nilai 11 – 20 disebut extremely low competition sedang nilai 21 sampai 30 termasuk dalam low competition.

Jika tingkat persaingan diatas 30, kalau agan bukan webmaster jangan coba2 untuk ditarget. Silahkan diakses melalui link ini hxxp://keywordrevealer.com

Riset Tingkat Kemampuan

Tingkat kemampuan seseorang berbeda-beda. Perbedaan tersebut biasanya dilatarbelakangi oleh tingkat pendidikan. Namun agan jangan berkecil hati jika tidak berpendidikan tinggi, karena tingginya pendidikan tidak menjamin kesuksesan.

Banyak orang yang sukses bukan dari kalangan terdidik, tetapi mereka sukses karena mereka memahami Cara Mendidik Diri Sendiri. Tekun dan ulet adalah kuncinya, selepasnya adalah Do’a dan Takdir.

Kenapa harus lakukan riset kemampuan?

Jika agan memutuskan mulai ngeblog, selami diri agan, lihat apa kemampuan agan. Maka, manfaatkan kemampuan agan untuk berbagi

Riset Geografis

Geografis atau wilayah menentukan sukses atau tidaknya kata kunci yang agan bidik. Ibarat istilah Lain Ladang Lain Belalang, Lain Lubuk Lain Pula Ikannya.

Setiap wilayah berbeda dalam hal ketertarikan akan sesuatu hal, trend di indonesia akan berbeda dengan malaysia atau trend kota makassar akan berbeda dengan kota jakarta. Life style menentukan jenis ketertarikan, begitu juga budaya.

Sebagai contoh, misal agan seorang hijaber dan ingin berbagi tutorial seputar hijab. Negara apa yang agan targetkan? Amerika, Inggris atau Yunani? Apakah di Negara tersebut tingkat ketertarikan akan hijab tinggi?.

Untuk mengetahuinya, saya sarankan lagi agan menggunakan google trends dan pilih geografis, maka agan akan menemukan jawabannya.

Riset Prilaku Pengguna

Membangun sebuah website dengan niche yang spesifik lebih profitable dibandingkan dengan niche campur sari. Membahas satu topik dalam satu website akan lebih mudah menganalisa prilaku pengguna.

Riset keyword berdasarkan prilaku pengguna didasarkan pada beberapa hal yaitu :

  1. Usia Pengguna
  2. Latar Belakang Pengguna
  3. Jenis Kelamin Pengguna

Pengguna internet saat ini bukan saja orang dewasa, tetapi sudah menyasar anak-anak. Agan bisa memperkirakan keyword apa yang dicari anak-anak usia 10 sampai 17 tahun, begitu pula agan bisa memperkirakan keyword apa yang dicari oleh orang dewasa dengan jenis kelamin dan latar belakang yang berbeda.

Contoh, seorang guru yang berlatang belakang pendidikan maka dapat kita asumsikan bahwa keyword yang dia cari ketika surfing di internet adalah tentang niche pendidikan misalnya DAPODIK, INFO PTN, MATA PELAJARAN, SILABUS dan sebagainya.

 

Ane, sebagai seorang penganggur saat menjelajah internet yang dicari pasti info lowongan kerja dan bagaimana cari duit tanpa kerja ( mustahil ).

Memanfaatkan Google Suggestion Sebagai Target Keyword

Sebenarnya cara ini tidak ane sarankan karena berdasarkan riset ane google suggestion cukup sulit ditaklukan.

Google suggestion adalah keyword terdapat di bar penelusuran dan terdapat juga dalam related search yang paling bawah diatas tombol pagination.

Agan bisa bidik keyword dengan google suggestion sekaligus agan bisa menjadikan dasar untuk mendapatkan backlink yang relevan.

5 Langkah Riset Keyword dengan Blueprint

Simak Video tentang cara riset keyword dari Brian Dean dibawah ini :

Conclusions

Sebagai penutup artikel yang sederhana tentang cara riset keyword ini, saya ingin menyarankan beberapa hal kepada agan.

  1. Ada 2 hal yang menentukan kesuksesan agan, pertama ikhtiar yang sungguh sungguh dan kedua doa yang sungguh sungguh
  2. Dari sekian banyak cara riset keyword yang saya berikan, agan akan cukup sukses jika agan melakukan dua hal yaitu
    • Carilah keyword populer dengan volume pencarian diatas 1000 dan tingkat persaingan dibawah 20 berdasarkan data dari keyword revealer
    • Jangan paksakan diri agan menargetkan keyword yang tidak agan kuasai karena tidak akan nyambung dan berpotensi menyesatkan
  3. Jadilah blogger bijak, karena yang instant Cuma mie. Dengan menghargai karya orang lain, berarti agan sudah menghargai diri agan sendiri

Terima kasih sudi untuk membacanya, semoga ilmu yang ane ijazahkan ini bermanfaat buat agan semuanya dan khususnya untuk ane pribadi. Yakinlah bahwa setiap ilmu yang diberikan akan mengalir deras kepada si pemberi apalagi diamalkan oleh si penerima.

Artikel tentang cara riset keyword yang benar ini ane cukupkan sampai disini. Harapan ane semoga artikel ini dapat memberikan jawaban dan juga jalan keluar atas permasalahan agan seputar blogging. #SALAM_SUKSES SELALU ( S3 )

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *