SEO TipsPelajari bagaimana SEO bekerja untuk situs Anda!

Cara Pasang SSL Gratis pada Custom Domain Blogspot

Cara Pasang SSL pada Custom Domain Blogspot – Pada awalnya saya tidak bermimpi akan memasang SSL atau HTTPS pada blog saya. Setahu saya, SSL itu berbayar dan harganya lumayan mahal. Untuk beberapa penyedia domain dan penyedia jasa hosting, apabila kita menggunakan protokol HTTPS dikenakan tarif antara IDR 100K sampai 150K.

Saat saya membuka akun adsense, di dashboard ada sebuah penawaran untuk mengaktifkan HTTPS pada blog saya dan memberitahukan bahwa dengan mengaktifkan protokol HTTPS maka akan meningkatkan pendapatan adsense.

Saya fikir, kenapa tidak saya coba untuk aktifkan SSL.

Masalahnya, saya memakai hosting gratis blogger dan seperti kita ketahui bahwa custom domain blogspot tidak mendukung protokol HTTPS berbeda dengan subdomain blogspot yang mendukung protokol HTTPS.

Setelah berfikir cukup lama, akhirnya saya surfing dan tanya om google apakah bisa custom domain blogger dipasang SSL dan Protokol HTTPS? Apakah saya harus membeli certificate SSL pada penyedia domain?

Jawaban atas pertanyaan pertama : Ya, anda dapat memasang SSL Certificate pada custom domain blogger
Jawaban atas pertanyaan kedua : Tidak, anda tidak usah mengeluarkan uang sepeser pun untuk membeli SSL

Koq Bisa????. Bisa, silahkan baca baik-baik sampai selesai panduan yang akan saya berikan tentang Cara Pasang SSL Gratis pada Custom Domain Blogspot.

Sebelum saya meneruskan panduan cara memasang SSL Gratis pada custom domain blogger, terlebih dahulu saya ingin menjelaskan beberapa hal penting kepada anda.

Pengertian SSL dan HTTPS

Bagi sebagian blogger, SSL bukan kata yang asing. Nah, bagi pendatang baru di dunia perbloggingan, apakah mereka mengetahui pengertian SSL?. So, khusus untuk pendatang baru, saya akan sedikit mengulas pengertian SSL pada website dan para master dimohon untuk tetap tenang. hehehe 🙂

Secara etomologis, SSL berasal dari bahasa Inggris yaitu Secure Socket Layer. Pengertian dari SSL adalah Salah satu cara website membuat sambungan aman untuk browser yang digunakan oleh pengguna atau pengunjung website anda. Jadi pada intinya anda mengatakan kepada pengunjung website anda bahwa “Website saya aman untuk anda kunjungi”.

SSL merupakan standar komunikasi website dengan pengguna website yang dianggap aman untuk melindungi link yang terdapat dalam sebuah website. Beberapa website jualan online menggunakan SSL untuk melindungi transaksi online mereka.

HTTPS merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. HTTPS adalah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia banyak dalam memanfaatkan sumber daya yang dihubungkan dengan link yang disebut dokumen hypertext yang membentuk World Wide Web secara aman dan terenkripsi dengan baik sehingga data-data yang terdapat dalam website tersebut aman. Pengertian HTTPS hampir sama dengan HTTP tetapi berbeda dalam Cara Kerja.

Perbedaan dimaksud bisa kita lihat dari port default yang digunakan, biasanya adalah 443 dan 80. Selain itu, untuk dapat mengaktifkan HTTPS kita diwajibkan membuat SSL Certificate atau TSL ( Transport Layer Security )

Fungsi SSL dan HTTPS

SSL berfungsi sebagai sertifikat keamanan yang akan tergabung dengan HTTP. Sertifikat SSL merupakan kumpulan embed kode yang biasanya dikelola oleh pihak ketiga yang digunakan untuk memverifikasi identitas pemilik.

Fungsi utama SSL adalah sebagai pelindung informasi sensitif ketika terjadi pertukaran informasi melalui internet atau selama pengiriman informasi dari internet dengan cara di enkripsi. Selain itu fungsi SSL juga merupakan kunci utama untuk mengaktifkan HTTPS.

Fungsi utama HTTPS adalah untuk melindungi data dari orang-orang yang ingin mengambil sebuah dokumen secara ilegal dari website sehingga data tersebut aman.

Sedangkan tujuan HTTPS adalah untuk mengantisipasi terjadinya eror program sebuah data dan kerusakan server akibat kegagalan koneksi yang disebabkan perusahaan yang di buat oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Apakah Penting Memasang SSL Certificate pada Website / Blog?

Sebelum anda memutuskan memasang atau mengaktifkan HTTPS pada website anda, sebaiknya fahami dulu apa yang telah saya sampaikan diatas. Penting atau tidaknya memasang HTTPS pada blog / website tergantung anda. Anda yang berhak menentukan apakah akan memasang atau tidak dan kalau saya lebih suka mengaktifkan HTTPS meski pun banyak yang harus dikorbankan.

Apa Keuntungan dan Kerugian Memasang SSL/HTTPS pada Website?

Berdasarkan dari data-data yang saya pelajari, mengaktifkan SSL diperlukan guna mengamankan website dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Anda bisa lihat sendiri website besar seperti Amazon, Facebook, Google bahkan Website perbankan pada saat ini menggunakan SSL certificate.

Dua hari setelah saya mengaktifkan dan memasang SSL pada blog ini, saya mempelajari beberapa perubahan yang terjadi. Perubahan tersebut ada yang menguntungkan dan ada pula yang merugikan.

#Keuntungan Memasang SSL pada Website

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, setelah dua hari pemasangan SSL ada beberapa perubahan yang menguntungkan yaitu :

  1. Search Engine Optimazion. Ada beberapa artikel saya yang naik peringkat, biasanya berada di laman 2 SERPs setelah saya mengaktifkan SSL menjadi laman pertama rangking 3
  2. CPC AdSense. Perubahan kedua yang saya pantau adalah CPC AdSense yang naik, jika sebelum saya memasang SSL / HTTPS CPC AdSense saya berkisar antara 0,01 sampai 0,03 sekarang menjadi 0,05 sampai dengan 0,07 per klik
  3. Memudahkan Crawler Sitemap. Hanya dalam hitungan menit setelah saya submit sitemap, dalam waktu 10 menit semua sitemap saya sudah terindeks.
    Luar Biyasaaaa

 

#Kerugian Memasang SSL / HTTPS pada Website

Setiap ada keuntungan pasti ada kerugian dan itu sudah mutlak. Beberapa kerugian yang saya alami dan itu merupakan resiko yang harus ditanggung jika anda ingin mengaktifkan SSL pada Website anda. Adapun beberapa kerugian yang saya alami beberapa hari ini adalah :

  1. Kehilangan Sosial Signal. Sebelumnya blog saya memiliki kurang lebih 124 like dan share. setelah saya memasang SSL semuanya kembali ke semula yaitu 0
  2. Double Indeks. Ini terjadi karena ada dua indeks yaitu protokol HTTP dan HTTPS. Indeks blog saya menjadi dua kali lipat dari biasanya. Saya tidak tahu apakah ini baik atau tidak untuk blog. saya akan mempelajarinya selama satu bulan ini

 

Cara Mendapatkan SSL Gratis

Yang gratis pasti laris, ya iya lah gak bayar.. hehehe :). Saya tidak ingin munafik, bahwa saya juga suka yang gratisan ( inget zaman inject ssh dulu ). Tetapi, yang namanya gratis ya pasti beda dengan yang berbayar, kita hanya bisa menikmati fitur seadanya tapi gak apa apa sih yang penting kita sudah pasang SSL pada website.

Dari mana saya bisa dapatkan SSL Certificate secara gratis?

Cloudflare adalah jawaban yang tepat. Banyak webmaster yang menyarankan menggunakan SSL gratis dari cloudflare ini. Saya berharap anda sudah punya akun cloudflare, jika belum punya silahkan registrasi keanggotaan anda DISINI. Ikuti instruksi yang diberikan karena saya rasa anda pasti bisa registrasi mandiri tanpa harus saya buatkan panduannya.

Setelah anda mempunyai akun cloudflare, kini saatnya anda mengaktifkan SSL Certificate dari Cloudflare pada custom domain blogspot anda. Ini merupakan pembahasan inti, jadi harap disimak secara baik-baik ya gan.

Berikut adalah langkah – langkah memasang SSL Gratis pada custom domain blogspot.

Mendaftarkan Blog pada Cloudflare

Sebelum anda mendapatkan SSL gratis dari cloudflare, terlebih dahulu anda wajib mendaftarkan blog anda. Lihat gambar dibawah secara baik – baik !

 

  1. Pada pojok kanan atas, silahkan klik tombol add site
  2. Kemudian, masukan URL blog anda seperti pada gambar contoh: www.hediputra.biz.id
  3. Klik Scan dan tunggu sampai proses selesai.
  4. Setelah selesai, mari kita lanjutkan pada Langkah Selanjutnya. Klik Continue Setup

Jika sudah ada tampilan seperti dibawah ini, mari kita lanjutkan

 

Mengatur Nameserver di domain masing-masing

Jika tampilan sudah sesuai gambar diatas, klik continue dan kemudian anda akan ditampilkan pada pilihan cloudflare plan dan pilih free website

Perhatikan Gambar Baik – Baik!

Masuk ke penyedia domain dimana anda membeli domain dan setting DNS yang telah disediakan oleh Cloudflare. Kebetulan saya membeli domain di pusathosting, jadi saya masuk ke client area pusat hosting dan mengganti Nameserver nya sesuai yang diberikan oleh cloudflare.

Setting SSL di Cloudflare

Setelah anda mengubah dan menyimpan DNS / Nameserver pada penyedia domain. Kini masuk kembali ke cloudflare dan lakukan beberapa pengaturan seperti dibawah ini

  1. Pertama, Klik Crypto dan Pilih Flexible
  2. Kedua, Klik Firewall dan Pilih Low
  3. Ketiga, Klik Page Rules dan ini adalah setting yang paling penting, Ada 3 tahapan yang harus anda lakukan

Cara Setting Page Rules Cloudflare

Setting page rules adalah tahapan inti dari setting SSL Certificate cloudflare. Disini anda akan memerintahkan untuk redirect HTTP menuju HTTPS. Berikut langkah – langkahnya

#Setting Page Rules Pertama

Mengatur Page Rules yang pertama adalah mengarahkan http ke https

  • Pada kolom pertama, silahkan masukan url lama anda contoh : ( http://www.hediputra.biz.id/* ). Jangan lupa akhiri dengan Slash dan tanda bintang
  • Kemudian Klik Add Setting dan pilih Forward URL kemudian isikan dengan ( https://www.hediputra.biz.id/$1 ). Akhiri dengan slash dan Satu Dollar ya dan kemudian Simpan

#Setting Page Rules Kedua
Settingan Page Rules yang kedua adalah mengarahkan https tanpa www ke https dengan www. Caranya hampir sama dengan cara diatas tetapi ada perbedaan. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini !

#Setting Page Rules Ketiga
Mengatur https di domain utama. Langkahnya sama seperti langkah pertama dan kedua. bedanya disini anda hanya mengisi satu saja. Pada kolom pertama silahkan masukan ( http://hediputra.biz.id/ ). dan pilih Add Setting kemudian centang Always Use HTTPS. Done.

Note :

Ganti hediputra.biz.id dengan domain masing-masing

 

Setting SSL di Blogger

Selain di Cloudflare, kita juga akan mengatur SSL / HTTPS ini di template kita. Masuk ke Blogger dan silahkan pilih edit template kemudian anda masukan kode html dibawah ini

<script>
$undefineddocument).readyundefinedfunctionundefined) 
{           $undefined"a").eachundefinedfunctionundefined) 
{             var i = $undefinedthis).attrundefined"href");            
 var n = i.replaceundefinedhttp://www.domainkamu.com, "https://www.domainkamu.com");                               $undefinedthis).attrundefined"href", functionundefined) {               return n             })           })         });       </script>

Masukan kode tersebut tepat diatas kode </head> dan tempel disana

Langkah selanjutnya, silahkan cari kode dibawah ini
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>

Kemudian ganti dengan kode dibawah ini

<link href='https://www.yourdomain.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/>
<meta content='blogger' name='generator'/>
<link href='https://www.yourdomain.com/feeds/posts/default' rel='alternate' title='BLOGTITLE - Atom' type='application/atom+xml'/>
<link href='https://www.yourdomain.com/feeds/posts/default?alt=rss' rel='alternate' title='BLOGTITLE - RSS' type='application/rss+xml'/>
<link href='https://www.blogger.com/feeds/BLOGID/posts/default' rel='service.post' title='BLOGTITLE - Atom' type='application/atom+xml'/>
<!--[if IE]><script type="text/javascript" src="https://www.blogger.com/static/v1/jsbin/2591933621-ieretrofit.js"></script>
<![endif]-->
<meta expr:content='data:blog.url' name='og:url:domain'/>
<!--[if IE]> <script> undefinedfunctionundefined) { var html5 = undefined"abbr,article,aside,audio,canvas,datalist,details," + "figure,footer,header,hgroup,mark,menu,meter,nav,output," + "progress,section,time,video").splitundefined','); for undefinedvar i = 0; i < html5.length; i++) { document.createElementundefinedhtml5[i]); } try { document.execCommandundefined'BackgroundImageCache', false, true); } catchundefinede) {} })undefined); </script> <![endif]-->

Ganti semua dengan URL blog sobat dan jangan lupa ganti pula BlogID nya, untuk blog ID bisa sobat lihat di bar penelusuran. Jika sudah selesai simpan template anda dan kita masuk pada tahap akhir agar SSL ini bekerja secara maksimal

Memaksimalkan Kinerja SSL pada Custom Domain Blogspot

Ini adalah langkah terakhir dalam mengatifkan SSL / HTTPS blog custom domain. Pada sesi ini adalah sesi yang menentukan apakah URL anda akan dialihkan atau tidak ke HTTPS.

Setting Robots.txt

Masih di dashboard blogger, silahkan ganti robot.txt anda dengan kode dibawah :

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: https://www.yourdomain.com/sitemap.xml

Ganti yourdomain dengan URL blog sobat dan simpan

Mengganti HTTP di Struktur HTML

Agar tidak terjadi eror, silahkan masuk ke edit template dan copy semua template anda. Kemudian buka notepad dan paste kan disana. Jika sudah, sekarang click Control + H dan ganti http dengan https.

Setelah selesai, klik kembali Control + H dan kemudian ganti HTTPSS dengan HTTPS dan Simpan Struktur template tersebut. Copy semua template dari notepad dan paste ke blogger dalam edit template klik pratinjau jika tidak terjadi eror, silahkan simpan dan selamat Anda berhasil.

Kemudian setelah anda memasang HTTPS pada blog custom domain, silahkan cek melalui link ini https://ssllabs.com/

Lihat hasil blog ini semuanya nilai A

Tunggu 1 x 24 jam dan tamu HTTPS akan menghampiri anda. Demikian artikel Cara Pasang SSL Gratis pada Custom Domain Blogspot ini saya sampaikan. apabila ada yang kurang dimengerti, silahkan tanyakan di kolom komentar

UPDATE… sekarang CUSTOM DOMAIN BLOGGER SUPPORT HTTPS… Silahkan Baca di Cara Pasang SSL Custom Domain Blogger

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *