Cara Mendapatkan Sertifikat SSL Gratis Selamanya

Posted on

Cara Mendapatkan Sertifikat SSL Gratis – SSL adalah layanan yang banyak disediakan oleh penyedia jasa hosting. Cara mendapatkan sertifikat ssl gratis sangat mudah dan anda tidak perlu membayar mahal

Untuk mendapatkan sertifikat SSL yang bisa dipasang di website anda hanya perlu menjadi member dari penyedia jasa.

Bagi pengguna free hosting seperti BlogSpot dan WordPress.com anda tidak usah pusing lagi karena secara sukarela mereka memasang sertifikat SSL pada domain mereka.

Otomatis blog anda juga kecipratan

Anda tahu SSL? Kalau seandainya masih belum tahu apa itu SSL, coba cari di google dan anda akan mendapatkan jawabannya.

Umumnya, fungsi SSL adalah pengaman komunikasi antara user dengan website. Ketika anda mengunjungi situs web, pada pojok kiri atas terapat tanda yang memberitahukan status website anda.

Ada tiga tanda yang memberitahukan status situs anda yaitu Aman, Tidak Aman Tanpa Peringatan dan Berbahaya.

Tanda Pertama. Aman untuk dikunjugi.

Bergambar gembok dan berwarna hijau. Ini menandakan bahwa situs web yang anda akses aman untuk dikunjungi. Contohnya seperti blog saya

Aman Untuk Dikunjungi

Kenapa bisa seperti itu?

Ikuti sampai selesai sampai anda tahu bagaimana cara mendapatkan sertifikat SSL gratis dan berlaku untuk selamanya.

Tidak Aman Tanpa Peringatan

Dalam kategori tidak aman tanpa peringatan situs web yang anda akses masih dalam kondisi normal.

Anda tidak perlu khawatir jika menemukan situs web seperti itu karena situs web tersebut sebenarnya dalam kondisi aman. Tapi, itu terjadi karena belum memasang sertifikat SSL untuk domain situs web.

Gambar diatas adalah contoh website yang belum memasang HTTPS.

 

Berbahaya Untuk Dikunjungi

Website yang masuk dalam zona ini adalah website yang dianggap SPAM atau setidaknya mengandung script yang tidak dipercaya.

Untrusted Site jangan pernah anda kunjungi karena berpotensi mengambil data pribadi anda.

Contoh website yang masuk dalam zona merah adalah website scam dan website yang pernah dilaporkan atas tindak kejahatan.

Ciri website yang berbahaya : mempunyai jendela munculan otomatis

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat SSL Gratis ?

Nanti dulu, jangan terburu – buru untuk mendapatkan sertifikat SSL secara gratis. Jika anda pengguna free hosting blogspot dan sudah di upgrade menjadi custom domain blogspot, silahkan simak baik – baik cara pasang SSL gratis pada custom domain blogspot.

 

Sertifikat SSL Gratis dari WordPress dan Blogspot

Baik BlogSpot maupun wordpress telah menyediakan sertifikat SSL dan bisa didapat secara gratis. Anda, sebagai pengguna subdomain dari blogspot dan wordpress.com dapat mengaktifkan sertifikat SSL gratis dengan melakukan beberapa perubahan pada setting di dashboard.

 

Cara Mendapatkan Sertifikat SSL gratis pada subdomain BlogSpot

Bagi pengguna subdomain blogspot, saya sarankan segera aktifkan sertifikat SSL anda dengan langkah mudah.

Login ke Blogger.com pilih Setting pilih Dasar dan scrol ke bawah ada fitur HTTPS Redircet pilih Yes dan Simpan

 

Cara Mendapatkan Sertifikat SSL gratis pada subdomain WordPress.com

User subdomain wordpress.com tidak usah pusing. Kenapa? Karena blog anda sudah otomatis di redircet ke HTTPS.

Ada dua pilihan yang patut anda coba. Pilihan pertama adalah mendapatkan sertifikat SSL gratis dari penyedia jasa hosting dan yang kedua adalah dari website penyedia jasa SSL.

Mari kita simak secara baik-baik

 

Cara Mendapatkan Sertifikat SSL Gratis dari Penyedia Hosting

Untuk mendapatkan layanan sertifikat SSL dari penyedia jasa hosting dan domain kita harus membeli dulu paket hosting yang disediakan.

Banyak perusahaan hosting yang menggratiskan layanan SSL contohnya adalah domainesia, niagahosting dan lain-lain.

Khusus untuk blog ini, sebelumnya saya menggunakan layanan free hosting blogger dan memasang sertifikat SSL gratis dari cloudflare.

Kemudian atas dasar pertimbangan SEO, akhirnya saya memutuskan untuk memindahkan hosting ke WordPress Self Hosted.

Proses migrasi dari blogger ke wordpress memang cukup memakan waktu. Saya menghabiskan setengah hari untuk proses pemindahannya tetapi itu tergantung kecepatan internet anda.

Berikut adalah beberapa perusahaan hosting yang menyediakan layanan sertfikat SSL secara gratis

Layanan Sertifikat SSL Gratis dari Domainesia

Dikutip dari laman resminya bahwa

domainesia berdiri pada tahun 2009, DomaiNesia merupakan perusahaan rintisan dengan layanan registrasi nama domain, web hosting, dan layanan web yang berfokus terhadap kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya. Kami terus berupaya memberikan pengalaman layanan terbaik serta membangun sistem automasi yang efektif dan efisien. Kami telah melayani lebih dari 32.000 customer dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara.

Untuk mendapatkan layanan sertifikat SSL gratis dari domainesia, anda harus membeli salah satu layanan hosting yang disediakan. Banyak pilihan paket hosting yang ditawarkan, silahkan pilih sesuai selera dan kantong anda.

Jika anda tertarik untuk mendapatkan layanan sertifikat SSL gratis dari domainesia, silahkan registrasi DISINI dan gunakan kode kupon “THECRAZYPERFECT” untuk mendapatkan diskon sebesar 20% dan berlaku untuk selamanya.

Atau anda juga bisa membeli layanan Virtual Private Server dengan menggunakan kode kupon “VPSCRAZY“.

Cara Mendapatkan Sertfikat SSL Gratis dari Niagahoster

Niagahoster adalah salah satu perusahaan yang saya percaya untuk website saya yang lain.

Anda bisa mendapatkan layanan sertifikat SSL gratis dari niagahosting. Tidak gratis sih, namun anda bisa mendapatkan potongan harga dengan membeli paket hosting yang ditawarkan.

Gunakan kode kupon “a-180916” untuk mendapatkan potongan harga. Silahkan registrasi disini untuk membeli PAKET HOSTING MURAH DAN HANDAL 

Dengan membeli paket hosting dari niagahosting, selain mendapatkan layanan SSL gratis anda juga mendapatkan domain gratis.

Cara mendapatkan Sertifikat SSL Gratis dari Situs Penyedia SSL Gratis

Sebagai seorang blogger pemula dan tidak cukup modal untuk membeli layanan SSL yang harganya hampir sama dengan harga domain anda patut mencoba sertifikat SSL yang ditawarkan secara gratis.

Berbeda dengan blogger profesional yang notabene sudah mapan dalam hal keuangan tentu mereka bisa membeli layanan premium.

Seandainya saja anda tertarik untuk memasang HTTPS pada website anda, silahkan coba layanan SSL gratis dari beberapa penyedia SSL gratis dibawah

Free SSL dari Let’s Encrypt.

Didirikan pada tahun 2016 oleh Electronic Frontier Foundation, Mozilla Foundation dan juga University of Michigan di bawah induk organisasi Internet Security Research Grup berbasis non profit layanan yang disediakannya patut anda coba.

Untuk mendapatkan layanan SSL gratis dari Let’s Encrypt, silahkan langsung menuju ke situsnya yang beralamat di https://letsencrypt.org/

SSL Gratis dari CloudFlare.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa CloudFlare adalah penyedia SSL Gratis yang paling banyak digunakan oleh blogger terutama mereka yang menggunakan custom domain blogspot.

Panduan cara mendapatkan sertifikat SSL gratis dari cloudflare bisa anda baca dalam article Cara Pasang SSL Gratis Custom Domain BlogSpot.

SSL Gratis dari StartSSL

Layanan Free SSL dari StartSSL patut anda coba. Silahkan lakukan registrasi melalui link ini https://www.startcomca.com/SignUp.

Kelemahan dari StartSSL adalah jangka waktu yang diberikan, kalau dulu setahu saya adalah satu tahun tetapi untuk sekarang layanan SSL gratis yang ditawarkan StartSSL adalah dua tahun dan setelahnya anda akan diminta biaya langganan.

SSL Gratis dari COMODO

Comodo Group, Inc menyediakan layanan sertifikat SSL Gratis yang bisa anda dapatkan dengan cara akses link InstantSSL Security Service.

Diatas adalah diagram proses mendapatkan SSL untuk kemudian anda pasang ke dalam domain anda.

Sebelumnya anda harus membuat sertifikat SSL secara mandiri dengan mengunjungi link INI

Isi semua data yang diperlukan dan saya rasa anda bisa untuk membuatnya.

Demikian artikel cara mendapatkan sertifikat SSL gratis selamanya untuk keamanan website anda. Terima kasih

Gravatar Image

I am Heidy Hadiningrat a Writer, Blogger, SEO Practice and Internet Marketer owner TheCrazyPerfect.com. I started my blog in 2013 and get daily unique visitor 10K+. Sharing is sexy is my moto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *