Cara Mendidik Anak Laki-Laki Agar Cerdas

Posted on

Siapa sih yang tidak ingin anak laki-lakinya cerdas dan menjadi kebanggan orang tua. Anda atau saya pasti inginkan hal itu. Sebagai orang tua, tentu saja harapan terbesarnya adalah ingin anak anaknya sukses luar biasa. Kalau bisa melebihi orang tuanya. Nah, kali ini saya ingin berbagi tips cara mendidik anak laki-laki agar cerdas.

Melalui tulisan ini saya ingin berbagi Tips bagaimana Cara Mendidik Anak Laki-Laki Anda Pintar. Ini sekedar berbagi pengalaman saja. Siapa tahu anda setelah membaca tulisan ini menjadi terkesan bahkan terinspirasi.

Saya mempunyai seorang anak laki-laki dan satu anak perempuan. Anak perempuan saya tidak terlalu bandel dan nakal kayak kakaknya, namun manjanya minta ampun. bikin puyeng kepala

Berbeda dengan anak pertama saya yang laki-laki, selain bandel sifat keras kepalanya mulai terlihat sejak kecil. Dia tidak mau mengalah meski hal sepele.

Inilah Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Cerdas

Anak yang nakal memang membuat kita sebagai orang tua merasa cemas dan bingung harus berbuat apa. Tapi anda jangan khawatir, saya punya tips cara mendidik anak laki-laki anda supaya cerdas dan tidak nakal

Bagaimana Cara Mengatasi Nakal Pada Anak Laki-Laki?

Ini agak sulit, namun pasti bisa dilakukan. Perlahan tapi pasti, anda akan menikmati hasilnya. Yuk kita intip tips saya mengatasi anak yang bandel.

Jadikan Dia Juara

Maksudnya, dalam segala hal coba dulu melakukan hal kecil pada anak laki-laki anda. Anda cukup katakan “Wah, Reyhan hebat sekali” atau ” Pinternya anak Ayah”. Simple kan?? Sanjungan kecil akan masuk dalam otaknya dan kita mulai langkah kedua.

Tanamkan Rasa Hormat Pada Orang yang Lebih Tua

Ini poin yang sangat penting, jangan anggap sepele hal ini. Anda tentu tidak akan merasa senang jika ada seseorang yang mengatakan anak anda kurang ajar, kurang sopan atau tidak tahu sopan santun. Jika ada orang yang berkata seperti itu kepada anak anda, apa yang akan anda lakukan? Menempuh jalur hukum ataukah introspeksi diri?.

Untuk menanamkan rasa hormat kepada orang lain atau orang yang lebih tua, memang bukan perkara gampang apalagi anak kita keras kepala.

Cara menanamkan rasa hormat pada anak bisa anda lakukan dari hal yang kecil dulu seperti penyebutan nama untuk yang lebih tua. Katakan pada anak anda jika ada orang yang lebih tua darinya dengan sebutan kakak, abang, om atau tante. Dengan sendirinya si anak akan mengerti bahwa mereka lebih tua dan pantas disebut kaka.

Yang kedua, katakan kepada anak anda bahwa orang yang lebih tua itu harus dihormati. Dengan berkata langsung kepada anak anda, maka dia akan sangat mungkin balik bertanya “ Kenapa harus dihormati?”. Anda bilang bahwa itu salah satu cara menyayangi orang tua.

Jangan Selalu Mengikuti Kemauannya

Anak kalo ada maunya pasti merengek, apalagi anak laki-laki, tidak akan diam sebelum kemauannya dituruti. Ini pernah terjadi sama saya, saat itu saya membawa anak laki-laki saya ke Pasar untuk berbelanja kebutuhan sehar-hari, kebetulan istri saya lagi sakit jadi terpaksa saya yang belanja sambil menggendong jagoan saya, maklumlah pasarnya deket rumah jadi gak terlalu repot.

Sesampainya di Pasar, anak saya ingin sepeda, padahal di Rumah sudah punya tentu saja dong saya gak ikuti kemauannya, selain harganya yang mahal juga kebetulan keuangan sedang menipis.

Tips saya menghadapi keinginan anak saya itu adalah dengan cara mengatakan hal yang sangat sederhana “ De, di Rumah kan masih sudah ada, yang di rumah lebih bagus gak kayak yang itu, nanti diejek temen2 lho kalo sepeda dede jelek”.

Dia terdiam sesaat, mungkin berfikir bahwa perkataan ayahnya benar dan dia gak jadi beli sepeda dan hanya minta dibeliin kesukaannya yaitu permen Y*upi.

Berikan Hukuman Untuk Tiap Kesalahan

Memberikan hukuman kepada anak sudah menjadi keharusan orang tua, namun jangan sampai dengan kekerasan fisik atau perkataan buruk, jika itu terjadi pada anak anda ada kemungkinan besar dia akan menjadi pribadi yang memberontak dan tidak mau menghormati anda sebagai orang tuanya.

Berikan hukuman kecil saja jika anak laki-laki anda melakukan kesalahan. Seperti menyapu lantai kalau dia tidak belajar, atau disuruh membersihkan tempat tidurnya jika dia shalat. Cukup simple kan?

Berikan Dia Hadiah Kecil Atas Prestasinya

Perhatian sekecil apapun kepada anak anda akan membuat si kecil menjadi lebih giat belajar. Tidak perlu hadiah yang wah, sekedarnya saja seperti mengajak dia makan di restoran kesukaannya atau ajak dia main ke tempat pavoritnya

Sekecil apapun hadiah yang anda berikan, akan sangat berarti baginya, dan katakan kepadanya bahwa hadiah tersebut adalah penghargaan atas prestasinya

Jangan Banyak Melarang

Karena kasih sayang orang tua terhadap anak, banyak dari orang tua yang melarang anaknya untuk melakukan aktifitas seperti lari-larian atau manjat pohon ( anak laki-laki saya suka manjat pohon). Saya tidak melarangnya untuk memanjat pohon namun tidak pernah jauh untuk mendampinginya agar tidak terjadi hal yang tidak dikehendaki.

Jika anak anda ingin melakukan sesuatu, biarkan saja dan anda tetap mengawasi aktifitasnya. So, siapa tahu dengan aktifitasnya, anak anda akan menjadi anak yang lebih pintar.

Conclusions

Sebagai penutup dari artikel tentang cara menjadikan anak laki-laki menjadi lebih pintar ini, saya ingin menekankan sekali lagi bahwa “ Anak adalah amanah, mensia-siakan amanah dosa besar”. Jadi saya menghimbau kepada seluruh orang tua, jangan pernah menelantarkan anak anak anda.

Ada istilah yang pernah saya dengar dari orang-orang bijak

“ Manusia Lahir Seperti Kertas Putih, Jika dia dibuat hitam akan menjadi hitam dan jika dia dibuat tetap putih maka akan menjadi putih”.

Orang tua lah yang berperan “ Menulis Kertas” tersebut. Menjadikan anak anda pintar dalam mengatasi berbagai hal di masa depan merupakan tugas yang sangat berat bagi orang tua

So, peran anda sebagai orang tua sangat menentukan masa depan anak anda. Salam Hangat

Catatan Kecil

Lebih mudah menjadikan anak kyai menjadi kyai daripada menjadikan anak jawara menjadi kyai, tapi tidak menutup kemungkinan anak kyai menjadi jawara dan tidak menutup kemungkinan juga anak jawara menjadi kyai

Gravatar Image

I am Heidy Hadiningrat a Writer, Blogger, SEO Practice and Internet Marketer owner TheCrazyPerfect.com. I started my blog in 2013 and get daily unique visitor 10K+. Sharing is sexy is my moto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *