100 Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Posted on

Mungkin judul artikel 100 cara menulis artikel SEO friendly ini terdengar naif, bahkan bisa dikatakan aneh. Dalam hati anda mungkin bertanya, memangnya ada berapa cara menulis artikel SEO friendly untuk blog. Cara menulis artikel seo friendly tidaklah sesulit yang anda bayangkan. Anda bisa melakukan praktek terbaik untuk menulis artikel berkualitas standar SEO

Bagi saya tidak, ada ratusan cara unik menulis artikel berkualitas yang sesuai dengan standar SEO. Bahkan bisa dikatakan lebih banyak lagi caranya.

Disini, saya tidak akan membawa Anda pada satu pemikiran kolot atau anda hanya berfikir bahwa artikel berkualitas adalah artikel yang dibatasi dengan jumlah kata atau artikel yang harus mengandung ini dan itu.

Itu dulu, sekarang google lebih canggih lagi bahkan dia lebih pintar daripada saya atau anda sekalipun.

Dulu, saya pernah menyampaikan tema yang sama dalam tulisan saya yang berjudul tips menulis artikel berkualitas untuk blog dan sekarang saya menulis 100 cara menulis artikel SEO friendly atau ramah mesin pencari. Silahkan ditinjau kembali tulisan saya tersebut maka anda akan menemukan beberapa jawaban yang harus anda lakukan.

Dalam penyampaian materi kali ini yang merupakan materi tambahan dari artikel saya yang lain, saya akan mengatakan kepada anda inilah yang harus anda lakukan.

Satu hal yang harus dan perlu anda perhatikan, anda tidak akan berkembang jika hanya terpaku pada praktik lama. Tinggalkan cara lama dan beralih pada cara baru yang lebih konkret untuk website anda.

Coba anda perhatikan, jika anda yang memulai blog pada tahun 2015 mungkin teknik SEO 2015 bisa anda gunakan. Dan, sekarang sudah tahun 2017, masihkah anda memakai teknik SEO 2015?

Saya masih ingat, dulu saya sangat senang berkomentar SPAM dengan mengunjungi berbagai forum atau setidaknya melakukan ping ke beberapa situs bookmarking atau blog directory.

Sekarang cara itu sudah saya tinggalkan.

Lantas bagaimana cara terbaru yang harus saya lakukan?

  1. Apakah saya tidak usah mencari backlink?
  2. Apakah saya tidak harus berkomentar pada blog orang lain?
  3. Apakah saya tidak usah submit situs web saya ke mesin pencari
  4. Apa yang harus saya lakukan?

Jawaban yang pertama Wajib, anda wajib mendapatkan backlink. Jawaban yang kedua, harus jika anda memang ingin membangun hubungan baik dengan blogger lain. Jawaban nomor 3 wajib, anda wajib mengetahui praktek terbaik webmaster tools. Jawaban nomor empat silahkan anda simak dengan seksama apa yang akan saya sampaikan.

Apa Itu SEO Friendly

Sederhana saja, SEO Friendly dapat anda artikan ramah mesin pencari. Jadi, pengertian SEO friendly adalah situs web atau blog yang ramah terhadap mesin pencari dan mesin pencari akan berbuat yang sama untuk situs web/blog anda.

Anda ramah saya ramah, anda tidak ramah saya tidak akan indeks kamu.Begitulah kira-kira yang dikatakan oleh mesin pencari terhadap website / blog anda.

Oh ya om, saya sudah tahu apa itu SEO friendly. Lalu ciri-ciri website/blog yang SEO friendly itu seperti apa sih om?

Jika saya harus jelaskan mungkin dalam artikel yang akan datang saya akan menjelaskannya. Kenapa? Karena saya tidak membahas tentang hal itu, tetapi saya menyampaikan kepada anda bagaimana menulis artikel seo friendly untuk blog anda agar blog yang anda kelola berkualitas dan tidak dianggap remeh oleh pengunjung setia blog anda.

Ok, langsung saja pada praktek yang harus anda lakukan untuk mendapatkan posisi yang baik bagi artikel anda dan akan berdampak pada blog anda.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly Standar Google

Bukan maksud saya untuk mengesampingkan mesin pencari lain seperti Bing, Yahoo, MSN , Yandex dan semacamnya melainkan karena satu faktor yaitu Jumlah Pengguna Mesin Pencari, jadi saya fokuskan bagaimana cara menulis artikel SEO friendly standar google.

Perlu anda ketahui, bahwa google mempunyai standar baku dalam menilai artikel yang diterbitkan apakah sesuai standar SEO atau tidak. Apakah yang anda tuliskan memenuhi standar mereka atau tidak.

Google selalu melakukan update terhadap algortimanya, jadi bukan hal yang mengherankan jika pada hari kamis artikel kita berada di laman pertama dan hilang pada hari minggu.

Jika anda menemukan kasus seperti itu, anda wajib waspada dengan artikel lain yang anda punya. Silahkan cek kembali apakah masih ada atau hilang.

Artikel yang tetap bertahan di posisinya adalah artikel yang kuat dan mempunyai otoritas dan artikel yang hilang adalah artikel sampah, anda bisa memperbaikinya atau anda bisa membiarkannya saja dan menggantikannya dengan yang baru.

Jika artikel anda ingin tetap bertahan, rawatlah artikel anda seperti merawat binatang kesayangan anda, peliharalah artikel anda sebagaimana anda memelihara hewan kesayangan anda.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly secara Struktural

Didalam menulis artikel, pokok utama tulisan adalah struktur yang tepat. Jika kita cermati, pengertian struktur artinya adalah sesuatu yang disusun atau sesuatu yang dibangun. Struktur dalam menulis artikel yang baik dan benar mempunyai makna sesuatu yang terbentuk dan terkait.

Struktural dalam kaitannya dengan kegiatan menulis adalah makna yang terbentuk karena dikarenakan penggunaan kata dalam kaitannya dengan tata bahasa yang digunakan.

Dalam ilmu nahwu ( bahasa arab ) atau tata bahasa ( dalam bahasa indonesia ), menulis erat kaitannya dengan kaidah bahasa yang lazim digunankan. Meski tidak menjadi kaidah yang resmi yang berlaku bagi si Penulis.

Sebagai contoh : Saya menulis ini dan saya boleh saja menggunakan tata bahasa yang baku dan saya juga berhak menulis semau saya tanpa memperhatikan kaidah bahasa.

Tulisan yang enak dibaca adalah tulisan yang disusun memakai kaidah yang berlaku tetapi juga ada tulisan yang enak dibaca tetapi melawan arus dari yang umum dilakukan oleh orang – orang.

Ada satu hal yang harus anda perhatikan dalam menulis yaitu APA YANG ANDA SAMPAIKAN BERMAKNA

Setidaknya ketika anda menulis mengandung beberapa makna yang terkandung yaitu Makna Leksikal, Makna Konstektual dan Makna Metaforis

Cara Menulis Artikel SEO Friendly secara Sistematis

Cara menulis artikel SEO friendly yang kedua adalah menulis secara sistematis. Sistematis adalah segala usaha untuk menguraikan dan merumuskan sesuatu dalam hubungan yang teratur dan logis sehingga membentuk suatu sistem yang berarti secara utuh, menyeluruh, terpadu , mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut obyeknya (Wikipedia )

Mengacu pada pengertian sistematis diatas, jika kita mengaplikasikannya dalam sebuah tulisan maka didapat suatu kesimpulan bahwa apa yang anda sampaikan harus memenuhi unsur- unsur berikut :

  1. Mempunyai hubungan yang teratur
  2. Disusun secara logis
  3. Mampu menjelaskan hubungan sebab akibat

Cara Menulis Artikel SEO Friendly secara logis

Cara yang ketiga ketika anda ingin menulis artikel seo friendly adalah logis. Seperti point dua diatas, bahwa apa yang anda sampaikan haruslah logis.

Logis artinya dapat diterima oleh akal. Sesuatu yang disampaikan ketika diterima oleh akal maka akan mudah diterima oleh mesin pencari.

Kenapa? Jika anda mengikuti perkembangan teknologi mesin pencari pada saat ini, anda akan sedikit dibuat kaget karena mereka menerapkan teknlogi semantic.

Artinya, spider google mampu membedakan mana kalimat yang sesuai ilmu bahasa dan mana kalimat yang tidak sesuai ilmu bahasa.

Bukan saja kalimat, mereka juga mampu mengambil makna dari keseluruhan artikel yang anda tulis.

Dikutip dari laman resminya, google sekarang tidak lagi menggunakan keywords sebagai dasar pemberian CPC tetapi mereka menilai keseluruhan kontent situs.

Cara Membuat Artikel SEO Friendly dari Google

Tips menulis artikel SEO friendly dari google ini patut anda coba dan akan sedikit saya sampaikan disini. Sebenarnya tips ini adalah rahasia dan kebanyakan disembunyikan oleh pakar SEO.

Karena kebanyakan blogger tidak memahaminya terutama pemula, maka akan saya sampaikan bagaimana cara menulis artikel SEO friendly yang direkomendasikan oleh Google

Ada dua tips umum yang direkomendasikan oleh google yaitu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Pastikan apa yang disampaikan bermanfaat

Ketika anda menulis artikel, pastikan bahwa apa yang anda sampaikan dibutuhkan oleh pengunjung. Maksudnya begini, ketika anda menulis A pastikan bahwa isi tulisan anda adalah A, jangan sampai menipu pengunjung karena akan berdampak buruk pada blog anda.

Anda bisa saja melakukan teknik clickbait tetapi akan berlaku sementara untuk website anda. Banyak saya temukan kasus-kasus seperti ini, terutama mereka yang bermain konten viral.

Mendapatkan Backlink Secara Alami

Backlink adalah salah satu tolak ukur yang dijadikan dasar pemeringkatan website. Ada dua jenis backlink yang sekarang berkembang yaitu backlink dofollow dan backlink nofollow.

Backlink yang didapat secara alami lebih bagus dan lebih mempunyai otoritas dibandingkan dengan backlink yang didapat dari hasil tukar backlink.

Berusahalah lebih keras lagi agar website lain bersedia memberikan backlink terhadap website anda secara sukarela. Backlink type inilah yang disukai oleh google ( one way backlink ).

Navigasi artikel yang jelas

Membuat navigasi yang jelas dan mudah diakses sangat disarankan oleh google. Sebagai contoh, Anda bisa lihat sendiri website support google.

Jangan lakukan ini agar artikel anda SEO friendly

Dikutip dari laman resmi google

Jangan isi laman Anda dengan daftar kata kunci, coba “tutupi” laman, atau pajang laman “penelusur saja”. Jika situs Anda berisi laman, tautan, atau teks yang tidak ingin Anda tampilkan kepada pengunjung, Google akan menganggap tautan dan laman tersebut menipu dan dapat mengabaikan situs Anda

Jangan merasa harus membeli layanan pengoptimalan mesin telusur. Beberapa perusahaan ingin “menjamin” peringkat tinggi situs Anda dalam hasil pencarian Google. Sementara perusahaan konsultan yang sah dapat meningkatkan aliran dan konten situs Anda, perusahaan lain menggunakan taktik tipuan untuk mengelabui mesin telusur. Hati-hati; jika domain Anda diafiliasikan dengan salah satu layanan tipuan ini, domain itu akan dilarang dari indeks kami.

Jangan gunakan gambar untuk menampilkan nama, konten, atau tautan penting. Perayap kami tidak mengenali teks yang terkandung dalam grafik. Gunakan atribut ALT apabila konten utama dan kata kunci di laman Anda tidak dapat diformat dalam HTML reguler.

Jangan membuat beberapa salinan laman pada URL yang berbeda. Banyak situs menawarkan versi laman khusus teks atau ramah printer yang berisi konten serupa seperti laman kaya grafis yang sesuai. Jika situs Anda memiliki konten identik yang dapat dijangkau via URL yang berbeda, ada beberapa cara untuk mengindikasikan versi kanonis (pilihan) suatu laman

Saya harap anda memahami maksud kalimat diatas. Demikian cara menulis artikel SEO friendly yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Dan perlu anda ingat, bahwa menulis artikel SEO friendly adalah salah satu faktor page one google

Gravatar Image

I am Heidy Hadiningrat a Writer, Blogger, SEO Practice and Internet Marketer owner TheCrazyPerfect.com. I started my blog in 2013 and get daily unique visitor 10K+. Sharing is sexy is my moto.

4 thoughts on “100 Cara Menulis Artikel SEO Friendly

  1. Wah ternyata selama ini saya salah kalau nulis artikel asal-asalan dan tidak terindex, pantas saja blog saya sepi terus. ternyata ada tekniknya seperti ini ya.

    Makasih banyak, artikelnya membantu saya bisa belajar blogging lebih baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *