Cara Migrasi Blogger Ke WordPress Self Hosted

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Hai guys, kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara migrasi dari blogger ke wordpress self hosted. Ini merupakan pengalaman saya pribadi dan mungkin anda membutuhkan pengalaman saya jika suatu saat anda berada pada posisi seperti saya atau suatu saat anda ingin memindahkan hosting dari free hosting blogger ke wordpress self hosted.

Awalnya saya tidak ingin memindahkan hosting dari blogger ke wordpress self hosted namun karena ingin sedikit keren akhirnya saya memutuskan membeli hosting dan transfer domain dari penyedia domain ke penyedia domain lain karena saya sewa hosting di A dan beli domain di B. Anda pasti faham maksud saya.

Migrasi atau pemindahan hosting ini bukan tanpa pertimbangan, jadi ketika anda memutuskan untuk memindahkan hostingan anda dari free hosting blogger ke wordpress self hosted ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa aspek dibawah ini.

  1. Aspek Ekonomi alias keuangan. Ini penting bahkan bisa dibilang sangat penting. Kenapa? Anda harus mempertimbangkan aspek keuangan karena wordpress self hosted diharuskan untuk menyewa hosting dari penyedia jasa sewa hosting. Anda harus pandai dalam memilih hosting karena tidak semua penyedia jasa hosting kredibel.  Saya merekomendasikan domainesia  ( Gunakan kode kupon “THECRAZYPERFECT”  untuk diskon 20% hosting selamanya ), niagahosting dan pusat hosting.  Menurut pendapat saya mereka cukup kredibel dan cepat tanggap ketika kita mengalami masalah.
  2. Aspek Pengetahuan. Sebelum saya memutuskan untuk migrasi ke WP Self Hosted, saya selama sebulan penuh mempelajari wordpress karena saya tidak ingin ketika saya pindah saya tidak tahu apa-apa tentang wordpress. Dalam hal pengelolaan, menurut saya wordpress sedikit lebih rumit namun dari segi SEO, wordpress sedikit lebih unggul karena didukung plugin yang bisa dikembangkan atau dikreasikan secara mandiri
  3. Aspek Infrastruktur dan Support. Baik Blogger maupun wordpress semuanya mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing. Ini tergantung dari segi mana anda memberikan penilaian. Dalam hal infrastruktur dan support, menurut hemat saya wordpress sedikit lebih unggul namun lemah dalam hal keamanan dan kapasitas penampungan ( hosted ).

Apa yang dibutuhkan untuk migrasi dari blogger ke wordpress?

Dua hal yang sangat penting dan paling dibutuhkan yaitu : Domain dan Hosting. Ketika anda tidak mempunyai uang untuk membeli domain dan menyewa hosting, jangan harap anda bisa bermigrasi.

Apa yang paling penting ketika migrasi?

Ini tidak boleh terlewati karena sangat penting. Ketika anda melewati hal ini, akan sangat sulit meningkatkan kembali traffic blog anda. Kenapa hal itu bisa terjadi?

  1. Permalinks.  Antara blogger dan wordpress ada perbedaan permalinks nya. Blogger mempunyai permalinks default yaitu tahun,  bulan dan numpost dan ini tidak bisa diubah. sedangkan wordpress dapat diubah sesuka hati anda
  2. 301 Perma-Redirection. Tentu anda tidak ingin kehilangan rangking dan traffic dari google. Ketika anda migrasi dari blogspot ke wordpess ini harus anda perhatikan. akan saya jelaskan caranya dibawah.
  3. Jangan pernah menghapus blogspot anda ketika anda bermigrasi 🙂

Apa yang dipindahkan dari blogger ke wordpress?

Semuanya, jangan sampai ada yang ketinggalan karena ini sangat berpengaruh terhadap website anda. Apa saja yang dipindahkan?

  • Gambar. Pindahkan semua gambar dari blogspot ke wordpress
  • Postingan. Pindahkan semua postingan dari blogspot ke wordpress
  • Page. Pindahkan semua page ke wordpress
  • Komentar. Pindahkan semua komentar dari blogspot ke wordpress
  • Visitor. Tidak perlu dipindahkan karena akan dengan sendirinya datang asalkan anda melakukannya dengan benar
  • User. Anda tentu harus pindah dong dan mulailah menggunakan wordpress
  • Feeds. Setting feed yang benar tidak akan menghilangkan rangking anda di google

Artikel serupa yang mungkin Anda cari

7 Comments

Leave a Reply

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE