SEO TipsPelajari bagaimana SEO bekerja untuk situs Anda!

Pengertian Sistem Secara Lengkap Menurut Ahli

Halo akang eteh gimana kabarnya? Semoga baik ya. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan membahas pengertian sistem secara lengkap untuk akang eteh semuanya.

Sebagai orang sunda, saya sering mendengar kata SISTIM. Sistim merupakan sebutan lain untuk sistem dalam bahasa indonesia.

Ketika ada orang sunda yang bercanda tentang suatu hal maka mereka mengatakan, “ah sok sistim bae lah”.

Menjawab rasa penasaran saya akhirnya saya mencari apa sih yang dimaksud dengan sistem? Apa pengertian sistem ? dan apa tujuan sistem ?.

Setelah saya searching di google, banyak artikel yang membahas tentang pengertian sistem menurut para ahli atau pengertian sistem secara umum.

pengetian sistem

Oke akang eteh, saya akan langsung saja pada pokok pembahasan tentang pengertian sistem.

Pengertian Sistem Ditinjau dari segi etiomlogis

Sistem secara umum diartikan sebagai keseluruhan gabungan unsur membentuk suatu kesatuan utuh dengan tujuan mempermudah laju informasi, energi atau materi.

Sesuatu tidak akan disebut sistem jika tidak tergabung atau tercerai berai. Contoh sistem dalam hukum atau sistem dalam administrasi yang secara keseluruhan tergabung sehingga membentuk sesuatu yang kompleks.

Ditinjau dari asal kata, secara etimologis sistem berasal dari bahasa dari bahasa Latin (systēma) dan dari bahasa Yunani (sustēma)

Baca Juga : System Of Filling

Menurut Wikipedia, Pengertian Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama.

Pengertian Sistem Menurut Pandangan Para Ahli

Para ahli menilai sistem adalah suatu kesatuan ( unity ) yang tidak terbatas. Artinya, jika ada salah satu unsur yang hilang, maka tidak akan disebut dengan sistem. Kenapa? karena sistem merupakan kumpulan semua unsur atau elemen.

Adapun pengertian sistem menurut para ahli adalah :

  1. Pengertian Sistem Menurut Davis, G.B. Sistem merupakan gabungan dari berbagai elemen yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
  2. Pengertian Sistem Menurut Jogianto. Sistem adalah gabungan dari berbagai elemen yang berhubungan dan berinteraksi untuk menyelesaikan tujuan tertentu.
  3. Pengertian Sistem Menurut Harijono Djojodihardjo. Sistem merupakan gabungan obyek yang memiliki hubungan secara fungsi dan hubungan antara setiap ciri obyek, secara keseluruhan menjadi suatu kesatuan yang berfungsi.
  4. Pengertian Sistem Menurut Murdick, R.G. Sistem merupakan sekumpulan elemen yang terdiri dari prosedur atau bagan pengolahan untuk mencari tujuan bersama atau tujuan bagian dengan cara mengoperasikan barang atau data pada waktu tertentu dengan tujuan untuk bisa menghasilkan informasi, energi atau data yang diinginkan.
  5. Pengertian Sistem Menurut Jerry Futz Gerald. Sistem merupakan sebuah jaringan kerja daripada prosedur – prosedur yang saling berkaitan, berkumpul secara bersama – sama agar bisa beroperasi sebuah kegiatan atau menyelesaikan tujuan tertentu.
  6. Pengertian Sistem Menurut Lani Sidharta. Sistem merupakan sekumpulan unsur – unsur yang saling berkaitan yang secara bersama beroperasi untuk meraih tujuan yang sama.
  7. Pengertian Sistem Menurut Indrajit. Sistem merupakan kumpulan dari komponen – komponen yang memiliki elemen saling berhubungan satu sama lain

Elemen Dalam Sistem

Ada 4 element penting yang terdapat dalam sistem. Elemen pertama disebut dengan OBJEK yaitu yaitu elemen yang dapat berupa fisik atau non fisik, tergantung dari sifat sistem tersebut.

pengertian sistem
Cloud Computing System

Elemen dalam sistem yang kedua disebut ATRIBUT yaitu penentu sifat kepemilikan atas sistem atau kualitas pada objek. Elemen yang ketiga elemen hubungan internal yaitu elemen yang saling berhubungan diantara objek yang terdapat didalam sistem. Elemen yang terakhir adalah Elemen lingkungan dimana sistem tersebut berada.

Elemen Pembentuk Sistem

Sesuatu dapat disebut sebagai sistem apabila memiliki elemen pembentuk sistem. Ada 7 elemen pembentuk sistem yaitu : Goal, Input, Proccess, Output, Boundary, Control Mechanism, dan Environtment.

Setiap sistem mempunya tujuan ( goal ), tanpa tujuan bukan merupakan suatu sistem. Sistem membutuhkan masukan atau input untuk kemudian di proses agar menghasilkan keluaran. Setiap sistem memiliki batasan tertentu dan harus didasarkan pada pengendalian dengan tujuan agar sistem tersebut berjalan sesuai arahnya. Elemen lain pembentuk sistem adalah lingkungan ( Environment ). Lingkungan membentuk suatu sistem dengan mempengaruhi sistem tersebut. Pengaruh yang ditimbulkan bisa merugikan atau menguntungkan.

Jenis – Jenis Sistem

Sistem mempunyai 2 kategori dengan 4 komponen yaitu terbuka, tertutup, fisik dan non fisik. Jenis sistem terbuka memungkinkan pengaruh lingkungan masuk sehingga merubah sistem yang sudah ada. Sedangkan sistem jenis tertutup tidak terpengatuh oleh lingkungan sehingga sistem tersebut tetap stabil. Berdasarkan jenisnya, sistem dapat berupa fisik yaitu komponen yang berupa energi atau materi ( benda berwujud ). Sistem non fisik adalah sistem yang tak benda atau tidak berwujud seperti ide, gagasan atau konsep.

Rupanya saya sudah cape ngetik dan artikel pengertian sistem saya cukupkan sampai disini saja. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda semua.

Sumber : Fredi Kurniawan

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *