Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan

Posted on

Selamat malam pemirsa ijinkanlah pada kesempatan malam hari ini saya membahas sedikit tentang pengertian wirausaha dan kewirausahaan serta segala sesuatu yang berhubungan dengan usaha atau berbagai hal yang menyangkut wirausaha dan kewirausahaan.

Siapa yang tidak menginginkan dalam hidup dan kehidupannya sukses, semua orang pasti menginginkannya termasuk saya atau anda sekalipun.

Kesuksesan merupakan dambaan setiap insan yang hidup dimuka bumi. Setiap orang berusaha keras mewujudkan apa yang diinginkan dan dengan cara apapun mereka melakukan usaha untuk itu.

Sebagai seorang blogger, tentu saya juga ingin meraih kesuksesan dan memperoleh keuntungan menjadi seorang blogger. Sebagai petani, maka sang petani berusaha memperoleh hasil panen yang maksimal sebagai tanda suksesnya seorang petani.

Dan jika anda seorang pedagang? Maka anda juga akan berusaha menjadi seorang pedagang yang sukses.

Untuk meraih kesuksesan tersebut, harus didasari dengan ilmu dan pengetahuan yang cukup. Tanpa ilmu, akan sangat susah meraih keinginan yang dicita-citakan.

Coba anda renungkan !

Semua orang sama, dilahirkan sama, mempunyai peluang yang sama, berhak mendapatkan sesuatu, berhak melakukan sesuatu

Dalam artikel tentang pengertian wirausaha dan kewirausahaan ini, tujuan utama saya adalah mengajak anda tentang bagaimana meraih kesuksesan dengan menumbuhkembangkan jiwa wirausaha.

Selain itu, dalam penulisan artikel ini saya juga ingin anda mampu untuk :

  1. Membuat Ide Wirausaha
  2. Mengembangkan Semangat Wirausaha
  3. Menumbuhkan Minat Berwirausaha Yang Berhubungan Dengan Bidang Produk Dan Jasa

Banyak hal yang akan saya bahas dalam artikel yang saya beri judul pengertian wirausaha dan kewirausahaan dan bukan hanya terbatas pada pengertiannya saja tetapi juga meliputi beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian wirausaha dan kewirausahaan diantaranya adalah :

  1. Pengertian Wira Dan Usaha
  2. Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan
  3. ENTREPRENEURSHIP
  4. Sejarah Wirausaha dan Kewirausahaan
  5. Manfaat Wirausaha Dan Kewirausahaan
  6. Ciri, Sifat dan Karakteristik Wirausaha Dan Kewirausahaan
  7. Perbedaan Wirausaha Dan Kewirausahaan

Ok, sekarang saya akan membahas satu demi satu tujuan dari penulisan ini serta materi yang telah saya sampaikan diatas.

Pengertian Wira dan Usaha

Dikutip dari wikipedia bahasa indonesia, secara etomologi bahwa pengertian wirausaha berasal dari dua kata yaitu “wira” dan “usaha”.

Wira mempunyai arti berbudi luhur, pahlawan, pejuang, berbudi pekerti, gagah berani, tauladan, manusia unggul, jantan.

Usaha diartikan sebagai kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud; pekerjaan (perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya) untuk mencapai sesuatu. Usaha juga bisa diartikan sebagai perbuatan, amal, bekerja dan berbuat sesuatu.

Sedangkan dalam ilmu fisika bahwa yang dimaksud dengan usaha adalah energi yang disalurkan gaya ke sebuah benda sehingga benda tersebut bergerak dan dilambangkan dengan W atau Work.

Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan

Untuk lebih memudahkan anda memahami pengertian wirausaha dan kewirausahaan, silahkan baca dengan seksama beberapa pengertian wirausaha dan pengertian kewirausahaan dibawah ini :

Pengertian Wirausaha

Dari dua pengertian wira dan usaha diatas, dapat kita kita tarik kesimpulan pengertian wirausaha yaitu

  1. Wirausaha adalah seseorang yang berjuang atau bekerja untuk mencapai suatu maksud.
  2. Pengertian wirausaha menurut kamus besar bahasa indonesia adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya
  3. Wirausaha adalah orang yang mempunyai semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan
  4. Pengertian wirausaha menurut Arif F. Hadipranata, wirausaha merupakan sosok yang mengambil resiko yang dibutuhkan untuk mengelola & mengatur segala urusan serta menerima sejumlah keuntungan financial maupun non financial
  5. Pengertian wirausaha menurut Mas’ud Machfoedz & Mahmud Machfoedz, Wirausaha ialah seorang yang mempunyai inovasi untuk mengubah kesempatan menjadi suatu ide yang bisa di jual, mampu memberikan nilai plus lewat usaha, biaya, waktu dan kecakapan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Pengertian Kewirausahaan

Kewirausahaan erat kaitannya dengan wirausaha. Banyak orang yang memberikan arti yang sama antara wirausaha dan kewirausahaan padahal sesungguhnya berbeda.

Berikut ini saya sampaikan beberapa pengertian kewirausahaan menurut pandangan beberapa ahli.

  1. Menurut Thomas W Zimmerer, Pengertian Kewirausahaan ialah penerapan keinovasian & kreativitas untuk pemecahan masalah & memanfaatkan berbagai peluang yang dihadapi orang lain setiap hari.
  2. Peter F Drucker, mengatakan bahwa pengertian kewirausahaan adalah sebuah kemampuan untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang baru & berbeda

ENTREPRENEURSHIP

Karena wirausaha merupakan kerabat Entrepreneurship apa salahnya jika kita bahas juga yak. Pengertian Entrepreneur adalah orang yang menciptakan pekerjaan yang berguna bagi diri sendiri. Entre berasal dari kata entrependere (bahasa France) yang artinya sebuah usaha yang berani dan penuh resiko (sulit).

Pengertian Entrepreneurship Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian entrepreneurship menurut para ahli

Peter Drucker seorang Pemikir, dan pakar Manajemen, Amerika Serikat mengatakan bahwa yang dimaksud Entrepreneurship adalah “Aktivitas yang secara konsisten dilakukan guna mengkonversi ide-ide yang bagus menjadi kegiatan usaha yang menguntungkan”

Peggy A. Lambing dan Charles R. Kuehl menyampaikan bahwa pengertian entrepreneurship adalah tindakan kreatif yang membangun sesuatu value dari suatu yang tidak ada. Entrepreneurship merupakan proses untuk menangkap dan mewujudkan peluang, terlepas dari sumber daya yang ada, serta membutuhkan keberanian untuk mengambil resiko yang telah diperhitungkan

Robert T. Kiyosaki yang merupakan penulis buku The CashFlow Quadrant mengatakan bahwa “Entrepreneurship adalah Orang yang mampu bertahan secara cerdas dan TETAP WARAS TANPA UANG

Sebagai Pengusaha, memberikan darma baktinya melancarkan proses produksi, distribusi, dan konsumsi. Wirausaha mengatasi kesulitan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat.

Sebagai pejuang bangsa dalam bidang ekonomi, meningkatkan ketahanan nasional, mengurangi ketergantungan pada bangsa asing.

Sejarah Wirausaha dan Kewirausahaan

Wirausaha diperkenalkan oleh Richard Castillon pada tahun 1755. Di luar negeri, istilah kewirausahaan telah dikenal sejak abad 16, sedangkan di Indonesia baru dikenal pada akhir abad 20.

Beberapa istilah wirausaha seperti di Belanda dikenal dengan ondernemer, di Jerman dikenal dengan unternehmer. Pendidikan kewirausahaan mulai dirintis sejak 1950-an di beberapa negara seperti Eropa, Amerika, dan Kanada.

Bahkan sejak tahun 1970-an banyak universitas yang mengajarkan kewirausahaan atau manajemen usaha kecil. Pada tahun 1980-an, hampir 500 sekolah di Amerika Serikat memberikan pendidikan kewirausahaan.

Di Indonesia, kewirausahaan dipelajari baru terbatas pada beberapa sekolah atau perguruan tinggi tertentu saja. Sejalan dengan perkembangan dan tantangan seperti adanya krisis ekonomi, pemahaman kewirausahaan baik melalui pendidikan formal maupun pelatihan-pelatihan di segala lapisan masyarakat kewirausahaan menjadi berkembang.

Manfaat Wirausaha dan Kewirausahaan

Kegiatan kewirausahaan dapat membantu perekonomian menjadi lebih baik. Masyarakat yang menekuni bidang wirausaha seperti ini akan menciptakan banyak peluang kerja sehingga menyerap banyak tenaga kerja.

Sebagai contoh, Saya memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan kerajinan dan saya jual di pasar. Seiring perkembangan teknologi, akhirnya saya memutuskan untuk mejual secara online. Saya sangat beruntung karena kerajinan dari barang bekas tersebut banyak orang yang berminat ingin membelinya. Karena keterbatasan tenaga, akhirnya saya merekrut pekerja sebagai karyawan saya.

Dari contoh diatas, dapat kita simpulkan bahwa manfaat wirausaha adalah meningkatkan perekonomian dan mampu menciptakan lapangan. Bagi seorang wirausahawan, manfaat yang dia peroleh adalah meningkatkan status sosial ekonominya dan bagi orang lain juga mempunyai manfaat yang sama.

Hal lain adalah peran kewirausahaan yang sangat besar tidak hanya pada masyarakat pada umumnya. Pemerintah, lembaga, serta perusahaan swasta juga memerlukan kewirausahaan, atau disebut sebagai intrapreneurship, yaitu entrepreneurship yang ada terorganisir dan mempunyai majemen yang baik sehingga segala bentuk administrasi dapat

Kewirausahaan memiliki empat manfaat sosial; memperkuat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan produktivitas, menciptakan teknologi, produk dan jasa baru, serta mengubah dan meremajakan pasar.

Pertumbuhan Ekonomi. Dengan kewirausahaan, dapat menciptakan lowongan pekerjaan baru bagi masyarakat. Contohnya dalam bidang elektronika yang berdiri kurang dari 5 tahun akan lebih menciptakan pekerjaan daripada perusahaan yang sudah berdiri lebih dari 20 tahun. Dengan meningkatnya penciptaan pekuang atau lapangan pekerjaan baru akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Produktivitas. Yaitu kemampuan untuk menghasilkan lebih banyak barang dan jasa dengan tenaga kerja dan input lain yang lebih sedikit. Fungsi wirausaha adalah menjalankan aset organisasi untuk mendesain, menguji dan menghasilkan produk baru.

Teknologi, Produk dan Jasa baru. Kewirausahaan memainkan peran penting dalam memajukan perubahan teknologi, produk dan jasa inovatif. Contoh usaha inovatif yang dihasilkan dari kewirausahaan misalnya: penemuan radio FM, penisilin, mesin fotocopy, bolpen dan lain-lain. Kewirausahaan juga menciptakan revolusi industri pada abad kedelapan belas, yaitu industri penenunan kain dari kapas di Inggris yang awalnya diimpor dari India. Karena kapasitas mesin terbatas, maka kuantitas kain yang dihasilkan tidak maksimal. Proses yang panjang dari penenunan kain tersebut pada akhirnya menciptakan suatu mesin pintal yang meningkatkan kapasitas produksi.

Perubahan Pasar. Dengan globalisasi akan menciptakan pasar baru yang sebelumnya tidak mendapat perhatian dari pengusaha lain. Contohnya pasar komputer yang awalnya dikuasai oleh IBM mendapat pesaing dari microsoft serta Apple computer.

Sifat dan Karakteristik Wirausaha dan Kewirausahaan

Seorang yang mempunyai sifat wirausaha akan mempunyai pandangan yang berbeda dari lazimnya. Wirausahawan selalu melihat suatu peluang dan selalu menangkap peluang tersebut.

Wirausahawan mempunyai motivasi, panggilan jiwa, persepsi dan emosi yang sangat terkait dengan nilai nilai, sikap dan perilaku sebagai manusia unggul.

Ciri dan Sifat Wirausaha dan Kewirausahaan

Wirausahawan mempunyai sifat – sifat :

  1. Memiliki sifat keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme yang tinggi.
  2. Selalu berusaha untuk berprestasi, berorientasi pada hasil, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik dan memiliki inisiatif.
  3. Memiliki kemampuan mengambil risiko dan suka pada tantangan.
  4. Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun.
  5. Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.
  6. Memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa depan.
  7. Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras.

Selain memiliki sifat-sifat diatas, seorang wirausahawan mempunyai ciri – ciri sebagai berikut :

  1. Percaya diri
  2. Berorientasikan tugas dan hasil
  3. Berani mengambil risiko
  4. Kepemimpinan
  5. Keorisinilan
  6. Berorientasi ke masa depan
  7. Jujur dan tekun

Karakteristik Wirausaha dan Kewirausahaan

Menurut McClelland, seorang wirausahawan mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  1. Keinginan untuk berprestas, pengusaha yang sukses selalu mengejar prestasi yang lebih baik dari pada prestasi sebelumnya.
  2. Keinginan untuk bertanggung jawab segala aktivitas yang dijalankannya, baik sekarang maupun yang akan datang. Tanggung jawab seorang pengusaha tidak hanya pada segi material, tetapi juga moral kepada berbagai pihak.
  3. Preferensi kepada resiko-resiko menengah, hal ini merupakan sifat yang harus dimiliki seorang pengusaha kapanpun dan dimanapun, baik dalam bentuk uang maupun waktu.
  4. Persepsi kepada kemungkinan berhasil, selalu bersikap optimis bahwa usaha yang dijalankannya akan sealu berhasil dan membawa keuntungan.
  5. Rangsangan oleh umpan balik, cepat tanggap akan situasi yang ada
  6. Aktivitas energik, Ini merupakan ciri mendasar di mana pengusaha tidak hanya menunggu sesuatu terjadi, tetapi terlebih dahulu memulai dan mencari peluang sebagai pelopor dalam berbagai kegiatan.
  7. Orientasi ke masa depan, Memiliki visi dan tujuan yang jelas.Hal ini berfungsi untuk menebak ke mana langkah dan arah yang dituju sehingga dapat diketahui langkah yang harus dilakukan oleh pengusaha tersebut.
  8. Keterampilan dalam pengorganisasian, mempunyai kemampuan dalam hal organisasi untuk mengembangkan usahanya.
  9. Sikap terhadap uang, selalu bisa memanfaatkan uang yang di dapat untuk mengembangkan usahanya.

Perbedaan Wirausaha dan Kewirausahaan

Banyak yang bertanya, apakah sama antara wirausaha dan kewirausahaan? Apakah wirausaha dan kewirausahaan berbeda?. Untuk dapat menentukan apakah sama atau berbeda kita dapat menentukan dari pengertiannya.

Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kemauan untuk berusaha, sedang kewirausahaan adalah suatu sikap untuk menciptakan sesuatu.

Jika kita perhatikan dari pengertian diatas, wirausaha merupakan suatu Subjek dan Kewirausahaan adalah Predikat. Apabila masih kurang jelas, mari kita buat contoh.

Konot membawa drum besar ke Pasar.

Konot sebagai Subjek yang artinya seseorang yang mau berusaha
Membawa Drum adalah Kewirausahaan yang artinya mempunyai kemampuan untuk berusaha atau menciptakan sesuatu
Ke Pasar adalah Objek yang merupakan tujuan dari seorang wirausaha dengan kewirausahaannya.

Keuntungan dan Kelemahan Wirausaha

Keuntungan Wirausaha adalah Terbuka peluang untuk:

  1. Mencapai tujuan yang dikehendaki sendiri.
  2. Mendemonstrasikan kemampuan serta potensi diri secara penuh.
  3. Memperoleh manfaat & keuntungan secara maksimal.
  4. Membantu masyarakat dengan usaha-usaha konkrit.

Sedangkan kelemahan wirausaha adalah :

  1. Memperoleh Pendapatan yang tidak pasti, dan memikul berbagai resiko
  2. Bekerja keras dan waktu kerjanya panjang
  3. Kualitas kehidupannya masih rendah sampai usahanya berhasil, sebab dia harus berhemat
  4. Tanggung jawabnya sangat besar, banyak keputusan yang harus dia buat.

Demikian artikel tentang Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan ini ditulis dengan malas. Semoga bermanfaat


Sumber tulisan

#Wikipedia
#Airin Blog

Gravatar Image

I am Heidy Hadiningrat a Writer, Blogger, SEO Practice and Internet Marketer owner TheCrazyPerfect.com. I started my blog in 2013 and get daily unique visitor 10K+. Sharing is sexy is my moto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *