Pengertian Youtube dan Sejarahnya

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Siapa sih tidak kenal YouTube? Semua kalangan mengenal apa itu YouTube. Tapi, apakah anda tahu pengertian youtube dan sejarah youtube?.

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang YouTube secara lengkap dan mengulas dari sisi yang berbeda. Maksudnya apa yang saya sampaikan ini berdasarkan data yang saya kumpulkan dari berbagai sumber yang terpercaya.

Pengertian YouTube memang dapat diartikan sebagai website yang memuat video akan tetapi sebenarnya bukan hanya itu saja yang ingin saya sampaikan.

Ketika anda membaca artikel pengertian youtube dan sejarah youtube ini, ada empat hal yang diharapkan yaitu :

  1. Anda dapat memahami pengertian youtube
  2. Mengetahui sejarah singkat youtube
  3. Mengetahui perkembangan youtube

pengertian youtube

Sejarah Singkat YouTube

Menurut sumber yang saya baca, YouTube pertama kali didirikan pada tahun 2005. Tahun 2005 adalah tahun dimana saya lulus SMA, jadi sekarang usia YouTube cukup tua tapi bagi manusia usia youtube adalah usia remaja.

Tokoh yang berperan dalam berdirinya YouTube adalah Jawed Karim, Chad Hurley dan Steve Chen. Menurut kabar yang dimuat dari berbagai media cetak, bahwa berdirinya youtube berawal dari tidak adanya media untuk berbagi video. Saat itu, mereka ingin mengabadikan momen makan malam disebuah apartemen tetapi mereka tidak bisa membagikan momen tersebut dan dari situ timbul ide membuat situs berbagi video.

Untuk lebih mengenal lebih dekat pendiri youtube, saya akan mengulas sedikit biografi mereka.

Biografi Jawed Karim

Jawed Karim lahir di Jerman dan tumbuh besar di Amerika. Pada tahun 1992, ia bersama keluarganya pindah ke Amerika Serikat. Karim adalah orang yang berperan dalam sistem anti penipuan PayPal.

Nama Lengkap:Jawed Karim
Tempat dan Tanggal Lahir:Jerman, 28 Oktober 1979
Nama Orang Tua:Ayah Naimul Karim
Ibu Christine Karim
Riwayat Pendidikan:

  1. Central High School Of Minnesota

  2. University of Illinois at Urbana-Champaign

  3. Stanford University

Pasangan:Tidak Ada

Karim adalah orang yang pertama kali mengunggah video di Youtube. Video yang berjudul Me at the zoo diunggah pada tanggal 23 April 2005

Biografi Steven Chen

Chen merupakan karyawan pertama facebook dan juga merupakan mantan karyawan PayPal. Dia adalah salah satu pendiri youtube dan dipercaya sebagai Chief Technology Officer.

Nama Lengkap:Steve Chen
Tempat dan Tanggal Lahir:Taiwan, 18 Agustus 1978
Nama Orang Tua:-
Riwayat Pendidikan:University of Illinois at Urbana-Champaign
Pasangan:Jammie Chen

Chen dijuluki Bussines 2.0 yaitu kumpulan orang-orang yang terpenting dalam bisnis. Selain itu Chen juga masuk dalam daftar Asian Scientists To Watch.

Chen Menikah dengan Park Ji-hyun yang merupakan karyawan google korea dan dikaruniai seorang anak. Steve Chen sekarang tinggal di San Fransisco, Amerika Serikat.

Biografi Chad Hurley

Chad Hurley merupakan mantan CEO YouTube, Chad merupakan orang yang paling berperan dalam pengembangan YouTube. Chad yang merupakan seorang yang mencintai seni terjun ke dunia internet dan berhasil menjadi orang yang terpenting dalam list bussines 2.0.

Pria yang lahir dari pasangan Don Hurley dan Joann Hurley ini merupakan seorang yang cerdas. Ia adalah pendiri AVOS System dan sekarang menjabat sebagai penasihat YouTube, Blogger dan Google.

Diakuisisi oleh Google,Inc

Pada tahun 2006 secara resmi dibeli oleh Google dalam bentuk saham. YouTube kemudian berkembang menjadi salah satu anak perusahaan google sampai sekarang. Menurut statistik, jumlah video yang diunggah di YouTube per hari mencapai 65.000 video dengan total kunjungan per hari mencapai 4 miliar kunjungan.

Tidak heran jika YouTube adalah salah satu website yang mempunyai keuntungan yang luar biasa. Pada tahun 2008, YouTube memperoleh keuntungan sebesar US% 200 Juta atau setara dengan 3,6 Triliun Rupiah.

Teknologi YouTube

Sebagai website berbagi video, YouTube dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang membuat pengguna betah berlama-lama.

Teknologi YouTube yang terkenal diantaranya adalah Playback, Video 3D, mendukung berbagai jenis format video, Subtitle, Dapat ditonton secara offline dan masih banyak lagi.

Pengertian YouTube secara Umum

Secara etiomologis, youtube berasal dari bahasa inggris yaitu You dan Tube, You artinya anda, kamu, kalian dan Tube artinya Tabung.

Namun, pengertian youtube secara umum adalah Website berbagi video yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah, menonton dan membagikan video.

YouTube adalah salah satu jenis website berbagi video yang paling banyak dikunjungi selain vimeo dan hulu.

Program YouTube

Sebagai salah satu anak perusahaan google, YouTube terintegrasi langsung dengan AdSense dan Google+. Salah satu program yang terkenal dari YouTube adalah Mitra YouTube.

Mitra YouTube adalah pengguna yang secara langsung dipercaya oleh YouTube untuk menampilkan iklan AdSense dalam video yang diunggah oleh pengguna.

Jika dulu untuk menjadi mitra YouTube tidak sulit, namun sekarang ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar menjadi mitra mereka. Syarat diterima AdSense melalui youtube diantaranya adalah jumlah vieo yang harus mencapai 10 K views.

Dan update terbaru jika anda ingin menjadi publisher youtube maka harus punya 1000 subscriber.

Kesimpulan

Sebagai salah satu website berbagi video paling banyak dikunjungi di dunia, youtube memegang kendali penuh atas video yang bertebaran di internet.

Youtube sangat menghargai kearifan lokal dan budaya lokal dan mereka cukup fair dengan tidak menampilkan video yang tidak cocok untuk lokasi tertentu.

Pengertian youtube bukan hanya soal berbagi video tetapi juga melingkupi seluruh akibat yang ada di dalam video. Sebagai imbasnya, banyak orang yang terinspirasi dengan menonton video di youtube.

Banyak kisah kita dengar tentang orang2 yang menjadi pintar setelah menonton youtube

Banyak kisah juga kita dengar tentang mereka yang berpenghasilan milyaran rupiah dari youtube.

….dan

Anda atau saya juga bisa seperti mereka

Demikian artikel tentang pengertian youtube ini saya sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda. Terima Kasih

Artikel serupa yang mungkin Anda cari

Leave a Reply

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE