Belajar SEO. Panduan Teknik Dasar SEO Bagi Pemula

Ad Blocker Detected

Website ini dibiayai dari iklan yang ditampilkan. Mohon non-aktifkan AdBlocker Anda untuk keberlangsungan THECRAZYPERFECT.COM

Belajar SEO hukumnya wajib jika anda ingin bersaing dengan blogger lain. Anda tahu bahwa profesi blogger sekarang menjamur bahkan sampai ke pelosok desa.

Saya, berasal dari desa terpencil dan itu berarti saya orang dusun. Apakah saya putus asa dan minder? Tidak.

Are yo beleive me?

Saya tidak memaksa anda untuk mempercayai saja tapi satu hal yang jangan pernah anda tinggalkan yaitu jangan sampai anda tidak percaya TUHAN.

Kenapa harus belajar SEO?

…logikanya begini…

Anda membuat catatan online dalam sebuah dokumen online dan anda berniat bahwa catatan anda itu bisa DITEMUKAN dan DIBACA oleh pengguna internet.


Ketika ingin ditemukan dan dibaca anda butuh sesuatu yang disebut SEO.

Mari kita simak beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh beberapa orang yang ingin belajar SEO..

Apa itu SEO ?

Sederhananya begini, SEO singkatan dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa indonesia disebut optimalisasi mesin pencari.

Apa itu mesin pencari?

Mesin Pencari atau Search Engine adalah website yang menyediakan jasa pencarian dokumen secara online dan menampilkannya dalam beberapa laman.

Dokumen online dimaksud seperti file text, audio, video atau image

Apa itu optimalisasi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Optimalisasi adalah berasal dari kata dasar optimal yang berarti terbaik, tertinggi, paling menguntungkan, menjadikan paling baik, menjadikan paling tinggi, pengoptimalan proses, cara, perbuatan mengoptimalkan (menjadikan paling baik, paling tinggi, dan sebagainya) sehingga optimalisasi adalah suatu tindakan, proses, atau metodologi untuk membuat sesuatu (sebagai sebuah desain, sistem, atau keputusan) menjadi lebih/sepenuhnya sempurna, fungsional, atau lebih efektif.

Dari pemaparan diatas kita dapat menyimpulkan pengertian SEO secara umum dan sederhana.

SEO adalah suatu tindakan untuk membuat website menjadi lebih sempurna dan fungsional untuk dapat ditemukan oleh pengguna internet sebagai pencari informasi.

Anda sebagai informan diharuskan memberikan informasi yang mereka butuhkan. Informasi yang anda berikan haruslah benar-benar berbobot dan mempunyai nilai.

Konsep Dasar Belajar SEO

Seri ini adalah seri dasar bagi yang ingin belajar SEO. Dalam sesi ini saya hanya memaparkan secara global apa saja yang harus anda ketahui dalam belajar SEO.

Konsep dasar dalam belajar SEO secara umum terbagi ke dalam tiga garis besar yaitu :

  1. Memahami cara kerja mesin pencari
  2. Memahami faktor pemeringkatan google
  3. Mengetahui struktur dasar SEO website

Karena ruang lingkup SEO itu luas, jadi saya akan menyederhanakan tulisan ini kedalam beberapa bab. harap baca baik-baik sampai tuntas.

Konsep dasar belajar SEO tidak serta merta dapat diterapkan tanpa ada KEMAUAN dan disini diperlukan KESABARAN. Anda mau bersabar maka peluang untuk berhasil akan terbuka lebar.

Memahami Cara Kerja Mesin Pencari

Apakah memahami cara kerja mesin pencari penting bagi yang ingin belajar SEO? Tidak. Anda tidak perlu memahami bagaimana cara kerja mesin pencari.

Tetapi, ada keuntungan yang akan anda dapatkan jika anda memahami bagaimana cara kerja mesin pencari terhadap milyaran website.

Dalam satu kesempatan saya bertanya kepada temen2 saya di forum SEO international.

How Do Search Engines Work?
Ada beragam jawaban yang saya dapatkan, ada yang serius menjawab dan ada pula yang bercanda. Bahkan salah seorang webmaster asal Kanada berkata :

“What for we understand how search engine works, they change every time”.

Benar sekali, bahwa mesin pencari berubah setiap waktu, Ini dikonfirmasi oleh google dalam laman resminya bahwa mereka secara berkala melakukan update atas algoritma nya.

Tapi….

Bukan itu maksud saya. Begini..

Kenapa anda harus memahami cara kerja mesin pencari ?

Pertama, anda akan mudah memahami bagaimana mengaplikasikan SEO pada website anda
Kedua. Anda bisa memberikan informasi yang relevan untuk ditampilkan oleh mesin pencari.

Lalu, bagaimana cara kerja mesin pencari yang sebenarnya?

Google mempunyai satu database yang besar dan mereka menamakan indeks google. Nah, didalam database ini disimpan milyaran informasi yang berasal dari milyaran website di seluruh dunia.

Informasi tersebut disimpan dan disajikan ketika ada orang yang membutuhkan informasi tersebut.

Selain database, google juga mempunyai satu mesin yang bertugas mencari informasi yang dinamakan Googlebot. Googlebot atau spider ini bekerja secara terus menerus untuk merayapi segala informasi yang diperbaharui setiap saat dan menyimpannya dalam indeks google.

Tugas googlebot hanya sebatas merayapi dan menyimpan. Lalu siapakah yang bertugas memberikan nilai “RELEVANSI” untuk dapat ditampilkan di halaman pertama google?

Masih googlebot, mereka tidak sebatas menyimpan dan merayapi saja tetapi juga melihat konten seperti tag judul, atribut alt, link keluar, interlink dan semua yang ada di dalam website termasuk struktur website anda.

Setelah semua disimpan dan dinilai isinya, maka selanjutnya mesin pencari tersebut menampilkannya. Proses menampilkan ini dilakukan oleh algoritma google dengan memperhatikan ratusan faktor.

Menurut data yang saya baca, ada sekitar 200 faktor yang dijadikan kriteria pemeringkatan oleh google. Sangat banyak…

…dan ini akan dibahas di bab dua dibawah ini :

Faktor Ranking Google

Dalam sesi ini adalah bagian yang tersulit dan terpanjang yang harus dijelaskan. Perlu anda ketahui, bahwa tidak semua faktor ini diketahui oleh pakar SEO.

Bahkan, Matt Cuts selaku pakar SEO international merahasiakan faktor-faktor yang jadi pemeringkatan google. Namun, bukan berarti ini tidak bisa diketahui, para pakar SEO sepakat bahwa sebagian faktor yang menjadi dasar google ranks adalah :

Struktur URL

Faktor pertama dimulai dari struktur URL yang menjadi faktor pemeringkatan oleh google. Pemilihan url yang salah dapat berakibat fatal untuk SEO anda.

Kita tahu bahwa protokol website itu seperti http://namawebsite.com dan http://www.contoh.com adalah SAMA, namun akan dianggap sebagai dua lokasi yang berbeda oleh mesin pencari jika anda salah menempatkannya.

Maksudnya…
Apakah anda memilih protokol tanpa www atau dengan www. pilih salah satu..

Bagaimana cara memilihnya?

Untuk pengguna WordPress Self Hosted bisa dilakukan saat pertama kali install wordpress di cpanel dan untuk pengguna blogspot anda bisa submit di webmaster tools dan set prefered domain..

bagi anda pengguna blogspot dan ingin belajar seo blogspot dan ingin mengetahui teknik seo blogspot silahkan lihat gambar dibawah bagaimana cara memilih protokol blogspot

#Masuk ke Webmaster Tools dan Klik Site Settings

belajar seo setting url

#Pilih salah satu sebagaimana tampilan gambar dibawah ini !

belajar seo pilih protokol

Lalu bagaimana jika saya lupa set prefered domain?

Mudah. Silahkan tambahkan rel canonis di bawah ke dalam struktur website anda. Panduannya bisa anda baca disini Fungsi Rel Canonis dan Cara Menambah Rel Canonis

Masih dalam tahap pemilihan protokol website yang tepat untuk SEO anda. Selain protokol HTTP ada juga yang disebut secure protokol atau SSL / HTTPS.

Apakah Sertifikat SSL Penting untuk SEO?

Ya. Ini sangat penting sekali dan jika ingin SEO anda bagus maka segera pasang SSL pada website anda. SSL atau HTTPS protokol adalah salah satu sinyal yang baik sebagai faktor pemeringkatan google.

Mas, Saya pengguna custom domain blogger dan tidak bisa pasang SSL pada custom domain?. Bisa, silahkan fahami bagaimana cara memasang SSL pada custom domain blogspot

UX alias User Experience

Dalam dunia desain ada istilah WYSIWYG atau What You See Is What You Get. Apa yang anda lihat itulah yang anda dapatkan.

Google sangat mengapresiasi website yang memberikan pengalaman pengguna yang baik. Jika kita mengulas kembali masa lalu dimana update algoritma google mobilegeddon dirilis.

Google berharap semua website memiliki pengalaman pengguna yang baik untuk itu mereka merilis algoritma mobile friendly dan akhir – akhir ini diganti dengan AMP ( accelarated mobile page ).

Apa yang dimaksud User Experinece

Dalam satu kesempatan lain pula saya bertanya di grup facebook tentang dasar SEO dan apa yang dimaksud dengan User Experience ini..
belajar seo user experience

Faktor User Experience

Website yang ramah pengguna harus memiliki ciri-ciri dibawah ini :

  1. Useful : Harus mempunyai konten yang unik dan memberikan apa yang dibutuhkan pengguna ( fulfill need )
  2. Usable : Mudah digunakan atau navigasi nya sempurna
  3. Desirable : Website anda harus membangkitan selera pengguna sehingga ada alasan bagi mereka untuk kembali
  4. Findable : Selain dari search engine, konten dalam website anda juga harus bisa ditemukan didalam website anda sendiri, seperti widget popular dan kolom search
  5. Accessible : Konten bisa diakses oleh penyandang disabilitas
  6. Credible : Website anda harus berisi informasi yang terpercaya

Backlink

Backlink difahami sebagai link balik, itu benar. Namun arti sebenarnya dari backlink adalah faktor perhitungan google rank dari luar dan dalam website dalam bentuk link.

banyak orang beranggapan bahwa semakin banyak link yang ditanam diluar website maka peringkat semakin bagus..

Bisa. Tapi dengan teknik link building yang benar. Kalo anda salah arah justru bahaya..

Logikanya begini….

Website anda membahas tentang ” Budaya Indonesia ” kemudian anda menanamkan backlink di website yang membahas tentang Blogging. Apakah relevan? TIDAK, jadi ini tidak akan dihitung.

Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink

Sepertinya sangat susah tapi bukan berati tidak bisa dilakukan. Untuk mendapatkan backlink yang relevan, salah satu teknik terbaik adalah dengan menyajikan artikel yang berkualitas dan kredible.

Mereka percaya bahwa artikel anda sangat berbobot dan patut dijadikan sebagai sumber tulisan. ( MANTAP )

Selain dari artikel, anda juga bisa mendapatkannya dengan cara :

  1. Menjadi Penulis Tamu
  2. Berkonstribusi dalam Forum
  3. Berkomentar ( Not Recommended )

Type of backlink

Ada dua jenis backlink yang saat ini berkembang yaitu :

Backlink Satu Arah

Backlink satu arah adalah backlink yang berasal dari luar website kita dan mengarah pada link yang ada di dalam website kita.

backlink satu arah ini sangat bagus untuk SEO dan google melihat bahwa otoritas situs anda sangat tinggi sehingga ada website lain yang rela memberikan link keluar..

I Trust You Trust.

Namun, ada sebagian blogger yang beranggapan bahwa link keluar buruk untuk SEO. Tidak benar, link keluar merupakan suatu nilai yang tersembunyi dalam proses pemeringkatan.

Artinya…

Saya percaya bahwa situs A itu baik, maka google akan memberikan apresiasi bahwa situs saya juga baik..

Backlink Dua Arah

Ini tak perlu dibahas, backlink type ini biasanya didapat dari hasil tukar menukar link..

Internal Link

Penggunaan internal link yang tepat akan memudahkan spider google merayapi setiap laman website secara cepat ini dikarenakan mereka tidak perlu lagi menuju home page untuk mengcrawl setiap laman.

Selain itu, fungsi dari internal linking ( terutama di dalam artikel ) membantu memudahkan orang menemukan artikel yang relevan dalam situs anda.

Fungsi lainnya adalah membantu meningkatkan trust score. Sebagai contoh : Saya mempunyai artikel page one di google dan saya membuat artikel baru yang relevan dengan artikel tersebut. Kemudian saya membuat link ke artikel yang page one di google maka artikel baru saya juga setidaknya akan masuk page dua.

Kualitas Konten

Bagi pemula yang ingin belajar seo website ada sebagian yang mengabaikan bagian ini. Google sendiri mengatakan bahwa konten adalah raja dan apa yang mereka cari didalam website anda adalah kontenya, bukan tampilannya..

Membuat konten yang berkualitas adalah salah satu teknik SEO website yang tidak boleh dilewatkan. Konten yang berkualitas tidak harus panjang yang penting unik.

Saya kasih contoh : Coba anda ketik keyword ” Belanja Langsung” dan klik blog saya. Artikelnya singkat tapi bisa page one.

Hal yang harus anda pahami dalam menulis konten adalah :

  1. Gunakan Frasa yang tepat
  2. Buat kalimat se natural mungkin
  3. Ada penjelasan dan penekanan penjelasan
  4. Usahakan kaya akan kalimat yang informatif

Memilih Keyword yang Tepat

Salah satu teknik SEO website yang paling sulit ditaklukan adalah keyword. Orang bertanya bagaimana cara memilih keyword dan bagaimana pula cara mengaplikasikannya ke dalam website.

Keyword merupakan pintu gerbang menuju website anda. Pemilihan keyword yang tepat akan meningkatkan traffik website anda. Itu bisa terjadi jika keyword yang anda targetkan tepat sasaran.

Untuk mengetahui keyword yang tepat untuk anda, anda bisa melakukan riset keyword dengan menggunakan adwords planner atau pun yang lain

Hal Lain yang Perlu Anda Tahu dalam Belajar SEO

Selain beberapa hal diatas yang saya paparkan diatas, ada banyak hal yang harus anda ketahui dalam belajar SEO. Tak peduli apakah itu SEO blogspot, SEO wordpress atau SEO Youtube.

Apa saja yang harus saya ketahui dalam belajar SEO ?

SEO, masing orang masing pula teknik nya. Jika saya menerapkan teknik seo A maka orang lain juga mempunyai teknik B.

Dalam belajar SEO letaknya pada pengalaman seseorang namun tidak jauh dari koridor yang telah ditetapkan karena pada intinya SEO itu satu namun ruang lingkup nya sangat luas.

Berdasarkan kabar yang beredar, bahwa google telah melakukan update algoritma terbarunya yang dinamakan ccTLD update dan Mid-Nov Update.

Pengguna domain lokal mungkin akan kecipratan trafik yang melimpah..

Sebagai tambahan, silahkan cari informasi tentang ini :

  • Domain Authority dan Page Authority
  • Domain Trust
  • Latest Semantic Keyword

Saran bagi yang ingin Belajar SEO bagi Pemula

Sebelum saya menutup seri Belajar SEO ini, saya ingin menyarankan beberapa hal kepada pemula yang ingin mengembangkan teknik seo website.

  1. Jangan putus asa
  2. Teruslah belajar
  3. Cari informasi terbaru
  4. Bangun solidaritas
  5. Percaya Diri

Anda tidak sendiri, saya juga bukan master saya adalah seseorang yang sama – sama sedang belajar SEO dan berusaha mengembangkan teknik seo untuk blogspot atau wordpress yang saya kelola..

2 Comments

Leave a Reply

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
%d bloggers like this: