Cara Membuat Slime : Mudah, Murah, Aman dan Efektif

Apa itu SLIME? Bagaimana cara membuat slime ?. Saya penasaran dengan kata "SLIME" yang populer di pencarian google dan banyak orang yang mencari cara buat slime.

Secara pribadi, saya tidak tahu apa itu slime ( awalnya ) dan kemudian saya belajar dan mencari sumber resmi yang mempunyai data yang valid serta akurat tentang SLIME.

Slime ( dalam bahasa inggris ) adalah sarana permainan atau mainan anak-anak..

Permainan seperti apa ? Ya seperti slime..

Permainan anak - anak atau dewasa? SU alias semua umur.. kalo ada gak malu sama anak anda boleh koq main slime..

Ketika menulis artikel ini, saya membutuhkan waktu dua hari untuk melakukan study dan riset tentang " Slime ". Mempelajari dan mencari referensi dari berbagai sumber yang siqqah ( terpercaya )..

Awalnya, saya heran dengan sugest keyword google yang selalu menampilkan slime pertama kali sebagai popular keyword suggestion.

Perhatikan gambar dibawah !
cara membuat slime

Gambar diatas adalah query pencarian untuk keyword " cara membuat ...." dan " slime " adalah suggest pertama dengan AMS ( average monthly search ) sebanyak 450.000 / bulan. FANTASTIS

Artikel " cara membuat slime " ini saya tulis atas dasar ingin tahu sekaligus saya akan memberitahu anda semua tentang permainan slime yang sangat mendunia seperti kerugian dan keuntungan, bahaya main slime dan sebagainya..

....kesohor sejagat raya.. se alam marcapada....

Dalam artikel ini, anda akan mengetahui beberapa hal :


  1. Sejarah Slime


  2. Apa itu Slime ?


  3. Bagaimana cara membuat slime ?


  4. Manfaat Slime


  5. Apakah Slime aman atau berbahaya ?




Harapan saya, setelah anda membaca artikel ini anda akan memahami semua hal tentang slime termasuk kerugian slime atau keuntungan bermain slime yang belum anda ketahui..

Sejarah Slime



Tidak ada yang tahu pasti kapan mainan slime ini muncul dan populer. Sejarah slime tidak terlepas dari penemuan polimer sintetis pertama kali pada tahun 1920.

Tokoh Penemu Slime



Hermann Staudinger, kimiawan Jerman adalah penemu polimer sintetis yang merupakan asal mula slime ini populer saat ini. Polimer sintetis merupakan hasil sintesis senyawa-senyawa organik dimana molekul-molekulnya berupa monomer-monomer yang bergabung membentuk rantai yang panjang melalui ikatan kovalen.

Reaksi pembentukan polimer ini disebut reaksi polimerisasi. Reaksi polimerisasi merupakan reaksi berantai dari monomer-monomer di mana monomernya paling sedikit harus mempunyai sebuah ikatan rangkap dua.

Namun ternyata polimer sintetis ini banyak jenisnya dan kita akan cari tahu mana yang termasuk ke dalam polimer yang cocok untuk dijadikan slime.

Dari hasil reaksi polimerisasi ini dikelompokan menjadi tiga bagian yaitu berdasarkan jenis reaksi pembentuk, jenis monomer penyusunnya, dan sifat-sifat atau karakteristik.

Untuk lebih jelasnya. Lihat video dibawah ini !

[video width="1280" height="720" mp4="https://www.thecrazyperfect.com/wp-content/uploads/2017/12/cara-membuat-slime.mp4"][/video]

..dan berikut penjelasan apa itu polimer sintetis sebagai kimia pembentuk slime ?


  1. Berdasar Jenis Reaksi Pembentuk

    • Polimer Adisi : terbentuk dari penggabungan monomer-monomer melalui reaksi polimerisasi adisi yang melibatkan ikatan rangkap

    • Polimer Kondensasi terbentuk dari penggabungan monomer-monomer melalui reaksi kondensasi di mana dilepas molekul kecil, seperti H2O, HCl, dan CH3OH.

  2. Berdasar Jenis Monomer Penyusun

    • Homopolimer terdiri dari monomer-monomer yang sejenis

    • Kopolimer terdiri dari setidaknya 2 jenis monomer.


  3. Berdasar Sifat Karakteristiknya

    • Termoplas bersifat lunak jika dipanaskan, dan dapat dicetak kembali menjadi bentuk lain. Contoh Plastik, PVC, Nilon 6

    • Termoset mempunyai bentuk permanen dan tidak menjadi lunak jika dipanaskan. Contoh Bakesit

    • Elastomer adalah polimer elastis atau dapat mulur jika ditarik, tetap kembali ke bentuk awal jika gaya tarik dihilangkan. Contoh Karet Sintetis ABR




Anda bisa jawab Slime termasuk reaksi kimia yang mana?

Ssstt.... belum selesai lho kita membahas sejarah slime...

Ok.. lanjutkan..

Ketika saya masih kecil paling suka main tanah liat, tahu kan tanah liat? Ya... dengan tanah liat saya bisa membentuk apa aja.. membentuk burung, mobil-mobilan, kotak, bulat dan sebagainya..

setelah selesai membuatnya, ya dihancurin lagi.. Duh... jadi inget masa kecil..

Kita tidak sedang membahas saya waktu kecil, kita sedang mempelajari sejarah slime..

Dari ilustrsi tadi, ternyata mainan slime awalnya terbuat dari tanah liat dan berkat dua ilmuwan Meyer dan Mark yang mempelajari molekul polimer sintetis karya Hermann Staudinger akhirnya banyak pabrik - pabrik yang menjual slime sebagai mainan untuk anak- anak atau orang dewasa..

Ok. anda sudah tahu sejarah slime dan kita lanjutkan pada bagian dua....

Apa itu Slime



Slime berasal dari bahasa inggris dan bahasa indonesianya adalah lendir yaitu sarana atau alat permainan yang dapat dibentuk sesuka hati, bertekstur lembut, kenyal, elastis dan berwarna, namun ada juga yang wangi dengan berbagai jenis.
cara membuat slime paling mudah

Jenis - Jenis Slime



Nah lho, ternyata slime ini banyak jenisnya.. mau tahu? Yuk kita intips jenis - jenis slime..


  1. Basic Slime


  2. Clear Slime


  3. Barell o'slime


  4. Milky Slime


  5. Jelly Slime


  6. Foam Slime


  7. Milky Foam Slime


  8. Creamy Slime


  9. Thai Slime


  10. Galaxy Slime



Jenis Slime udah tahu, sekarang kita cari tahu cara membuat slime ....

Ragam Cara Membuat Slime



Slime, yang merupakan mainan populer dan digandrungi semua kalangan ini sangat unik. Proses pembuatannya pun sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah.
cara membuat slime mudah
Bagi slimer, membuat slime adalah wajib dan harus bisa. Memanfaatkan barang - barang yang ada dirumah adalah alternatif terbaik selain membeli slime pabrikan..

Dalam video youtube banyak sekali tutorial cara membuat slime dengan berbagai bahan...

Mengenal Bahan Pembuat Slime



Sebelum anda memutuskan untuk membuat slime, ada baiknya kita mengenal dulu bahan - bahan pembuat slime..

Bahan pembuat slime yang paling sering digunakan adalah :


  1. Air


  2. Lem


  3. Tepung Kanji

  4. Borax

  5. Pewarna Makanan


  6. Baking Powder


  7. Shampoo


  8. Sabun


  9. Tepung Terigu


  10. Bedak


  11. Glitter

  12. Slime Aktivator



Setelah agan mengetahui bahan dasar pembuat slime, kini kita menuju pada TKP kedua, cara membuat slime aktivator..

Apalagi nih.....

Cara membuat slime aktivator



Slime aktivator adalah bahan aktif untuk membuat slime. Lho, kenapa disebut dengan bahan aktif? Ya, karena tanpa slime aktivator gak akan jadi slime.

Masih kurang jelas? Anda tentu tahu makanan khas indonesia yaitu TEMPE.. ya, proses pembuatan tempe dari kedelai sampai jadi tempe membutuhkan aktivator yaitu RAGI...

Anda orang bandung pasti tahu PEUYEUM BANDUNG.. Enak dan manis.. Berbahan dasar singkong, kemudian diaktifkan pake ragi, jadi deh tape alias peuyeum bandung..

Deuh,,, inget colenak euy...

Ok, no basa basi.. langsung praktek bagaimana cara membuat slime aktivator...

Cara Membuat Slime Aktivator dengan GOM



Anda tahu GOM? yang jelas ini bukan software pemutar video, kalo yg itu namanya GOM Player... apa itu GOM? GOM adalah obat untuk sariawan yang bisa anda dapatkan di toko obat tetangga sebelah..

Kandungan Gom adalah natriumtetraborat atau Borax Gliceryne dan dipasaran biasanya kadarnya 10%... ya harga gom untuk slime sekitar 5000 sampai 7000 rupiah saja.. dengan isi 100 ML..

Apakah GOM itu berbahaya? TIDAK sama sekali, kalo berbahaya buat apa dijadiin obat sariawan.....

Dimana saya bisa dapatkan GOM? di toko obat atau apotek sekitar rumah anda.. kalo tidak ada apotik berarti anda harus cari apotik.. Beli online juga banyak koq..

Anda mau membuat slime aktivator dengan GOM? Ini caranya..
Siapkan Air sebanyak 125 ML. Wadah dan Pengaduk ( Bisa sendok atau anda bisa membuatnya dari kayu ) dan GOM isi 100 ML..

Cara membuat slime aktivator dengan GOM : Tuang GOM kedalam wadah yang sudah disiapkan, isi air 125 ML aduk hingga rata... SELESAI...

Cara membuat slime aktivator dengan deterjen



Anda tahu deterjen? Iya lah ibu2 rempong pasti tahu detergen.. Ini bisa dibikin slime aktivator lho..? caranya sama dengan cara membuat slime aktivator menggunakan GOM.. Merk Tide lebih bagus ya bray...

Pengganti Slime Aktivator yang patut anda coba



Selain GOM dan Deterjen, ada banyak bahan lain yang bisa dijadiin slime aktivator. Apa saja itu :


  • Obat tetes mata seperti rohto, lotte dan insto bisa jadi pengganti gom sebagai slime aktivator


  • Anda pengguna Softlens, air softlens bisa juga sebagai slime aktivator


  • Boraks Bubuk di campur air juga bisa koq.. ( saya tidak menyarankan yang ini )..



Cara membuat slime dari tepung Tapioka dan tepung terigu



Lho, koq pake tepung terigu gan? bukan cukup pake tepung kanji.. iya cukup sih soalnya selain membuat slime anda juga bisa sekalian buat kue.

Membuat slime menggunakan bahan tepung terigu dan tepung tapioka adalah cara membuat slime yang paling mudah dan paling aman.

Slime dari bahan tepung ini juga bisa dibuat tanpa memakai gom atau slime aktikvator lainnya. Kenapa?
Sifat Rekat dan Kenyal pada tepung tapioka adalah alternative atau pengganti gom ( slime aktivator )...

Ndak percoyo? Buktikan...

Bahan :

Tepung Terigu 2 Gelas
Tepung Tapioka 1/2 Gelas
Air Secukupnya
Slime Aktivator ( Bisa tidak dipake )
Pewarna Makanan ( Merah Kuning dan Hijau atau sesuai selera anda )


Caranya :


  1. Kukus tepung terigu sampai hangat ( jangan terlalu lama )


  2. Setelah itu, angkat tepung terigu dan masukan ke dalam wadah.


  3. Masukan tepung tapioka, selagi hangat aduk sampai kalis sambil ditambah air sedikit demi sedikit


  4. Masukan Slime aktivator, aduk kembali


  5. Pisahkan adonan slime menjadi 3 bagian atau lebih sesuai selera anda ..


  6. Kasih warna pada masing-masing adonan slime yang sudah dipisahkan tadi....


  7. Selesai



Cara membuat slime dengan lem



Ada banyak lem yang bisa anda gunakan untuk membuat slime. Namun yang paling banyak dicari adalah menggunakan lem kertas, lem kayu ( merk fox ) atau lem Povinal.. Mari kita cari tahu cara membuat slime dari lem. Cek out bray..

Cara Membuat Slime dari Lem Fox



Lem FOX sebenarnya adalah lem kayu dan berwarna putih. Lem ini mempunyai sifat rekat yang kuat dan tidak mudah putus.. apa lagi putus cinta...

Bahan :

Lem Fox
Air putih
Bedak bubuk ( yang wangi bedaknya )
Body Lotion
Slime Activator
Gom / Borax Gliceryn
Sabun Mandi Cair
2 gelas Air bening ( 400 ML )
Pewarna Makanan ( Pilih variasi warna sesuai selera anda )
Pengaduk


Cara Membuatnya:


  1. Masukkan lem fox ke dalam wadah plastik yang sudah anda siapkan. secukupnya saja..


  2. Masukkan slime activator sedikit demi sedikit dan aduk sampai lem sedikit encer tetapi jangan sampai menggumpal


  3. Masukkan lebih kurang setengah sendok makan bedak bubuk, aduk hingga merata


  4. Masukkan sedikit body lotion, supaya adonan tidak lengket ditangan;


  5. Tuangkan secukupnya atau lebih kurang 1 sendok makan adonan yang telah dibikin ke dalam gelas aqua lainya, untuk mencampuri bersama dengan warna cocok yang diinginkan;


  6. Tuangkan 1 tetes pewarna makanan, aduk hingga merata;


  7. Sabun cair dimasukkan sedikit ke dalam adonan,


  8. Adonan terus diaduk agar lebih mengental; Jika adonan belum kental, tambahkan kembali slime aktivatornya



Cara Membuat Slime dari Lem Povinal



Lem Povinal mendadak laku keras dan terkenal semenjak slime menjadi popular di berbagai negara. Lem Povinal adalah lem kertas yang biasa digunakan di kantor - kantor. Kantor tempat saya juga menggunakan lem povinal lho.. hehe..

Harga lem povinal bervariasi tergantung ukuran. ada yang 50.000, 25.000 dan sebagainya lah..

Langsung menuju praktek membuat slime dari lem povinal...

Bahan :

Lem Cair Povinal
Air putih
Pewarna makanan
Baby Oil
Obat Tetes mata / Insto
Sabun Mandi Cair
Pengaduk


Cara Membuatnya:

Masukkan lem Povinal kedalam wadah plastik secukupnya, Masukkan air secukupnya, Tuangkan beberapa tetes pewarna makanan dan kemudian aduk perlahan hingga merata. Obat tetes mata dituang secukupnya dan aduk terus sampai adonan menjadi sedikit mengental

Campurkan sedikit sabun cair dan baby oil ( agar tidak lengket ditangan ), aduk hingga merata. Diamkan adonan beberapa saat.. Done....


Selain dari bahan diatas, ada banyak lain bahan yang biasa digunakan untuk membuat slime. Jika anda ingin berkreasi dengan slime. silahkan baca cara membuat slime dari merdeka.com

Bahan lain yang saya maksud seperti shampoo, sabun, susu cair dsb... cari sendiri lah..

Manfaat Slime



Selain sebagai alat bermain, ternyata slime banyak memiliki manfaat. Manfaat slime bagi anak adalah :



dan...... manfaat paling utama dari slime adalah ALAT PEMBERSIH YANG PALING EFEKTIF..

Slime mampu menjangkau sudut dan kelokan barang yang akan kita bersihkan

Apakah Slime Aman atau Berbahaya



Apakah slime aman? YA.. Aman kalo tidak dimakan... tidak aman kalo memakai bahan berbahaya seperti pestisida...
cara membuat slime aman untuk anak
Jadi, ketika anak anda bermain slime.. Awasi dan kasih tahu mereka... karena peran orang tua dalam pola asuh anak sangat besar..

Ucapan Terima Kasih



Sebagai penutup artikel yang saya rasa masih kurang panjang ini saya ucapkan terima kasih. Artikel cara membuat slime ini semoga nangkring di nomor satu di google dan menjadi halaman pertama google.. Semoga... Akhir kata saya berucap.. TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA SAMPAI SELESAI..
BERIKAN KOMENTAR ()