Cara Mengetahui Pengunjung Website atau Blog Kita

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Bagaimana cara mengetahui pengunjung website atau blog kita punya? atau bagaimana mengetahui berapa banyak jumlah pengunjung website kita. Ini dia caranya yang wajib kamu tahu, Yuk disimak caranya disini.

Website atau Blog identik dengan pengunjung atau visitor. Maka dari itu, penting bagi kita mengetahui pengunjung website atau blog kita. Dari mana mereka berasal, apa yang mereka cari dan butuhkan, berapa lama mereka berada di website anda.

Analisis yang akurat dan mendalam diperlukan guna menunjang keberlangsungan website atau blog yang kita jalankan. Tanpa analisa dan perhitungan yang matang, maka akan sulit untuk bersaing.

Salah satu cara analisa yang saya lakukan adalah dengan memantau pengunjung website saya. Saya melakukan analisa prilaku pengunjung dan prilaku website.

Tak dapat dielakan lagi bahwa persaingan semakin tinggi dan semakin ketat. Saat ini, banyak orang yang ingin terjun menjadi pebisnis online dan mereka mempunyai skill yang sangat bagus. Orang – orang berharap mereka dapat menghasilkan uang dari internet.

Dengan atau tanpa analisa blog anda, terutama analisa pengunjung/visitor maka anda satu langkah ketinggalan.

Meski, sumber uang online bukan hanya dari blog saja. Banyak cara menghasilkan uang dari internet salah satunya adalah menjadi member situs jual beli online atau anda bisa buat toko online sendiri.

Kenapa artikel cara mengetahui pengunjung website ini saya tulis? Bukankah itu tak penting?

Ok, saya tidak berbicara penting atau tidak penting. Saya tidak mengatakan ini penting tapi harus anda fahami bahwa ini akan menjadi penting bagi anda dan bukan sekedar ilusi optik belaka.

…. atau fatamorgana

Apa saja yang anda dapat saat anda membaca tulisan ini?

Tidak banyak yang akan anda dapatkan. Saya hanya akan mengulas sedikit saja. Apa saja itu?

Harapan saya, setelah anda mengetahui pengunjung website atau blog anda, anda bisa melakukan beberapa hal sederhana ini :

  1. Memantau performa website anda sehingga anda mengetahui kwalitas website anda
  2. Memantau kata kunci atau keyword populer website anda sehingga anda bisa melakukan optimasi ulang dan membuat keyword turunan ( TOP Banget dah.. )
  3. Mengetahui berapa lama mereka berada di website anda, ini sebagai indikator kwalitas website. Semakin lama semakin bagus
  4. Apakah mereka melakukan konversi atas iklan atau sesuatu yang anda jual dalam website anda..

Beberapa Cara Mengetahui Pengunjung Blog atau Website

Banyak tools online yang bisa digunakan untuk memantau dan mengetahui pengunjung website atau blog kita. Tools tersebut tersedia dengan keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Walau dengan kelemahan dan kelebihan, tools website traffic check tersebut bisa anda pakai sebagai bahan analisa dan komparator.

Beberapa website tersebut ada yang mengharuskan anda untuk menjadi member atau melakukan buying ( paid membership ) dan ada juga yang gratis, artinya anda bisa menggunakan website tersebut bebas tanpa biaya.. hehhee

Berikut adalah website yang bisa anda coba :

1. SiteWorthTraffic.com Free Calculate Website Traffic

Dikutip dari laman resminya, website traffic check online ini mengatakan

SiteWorthTraffic is a free service designed to estimate value, daily pageviews, daily visitors and daily revenue of a website. Quickly calculate the website worth and worldwide ranking of any website. View detailed website traffic statistics, including Alexa statistics, last shared links on Facebook social network, country where is located the web server, IP address, monthly earning and yearly earnings. The usage of this service does not require any registration and is completely free for everyone.

Dari kutipan pernyataan website tersebut, mereka tidak mengharuskan anda menjadi member dan website ini gratis untuk digunakan. Mereka mengatakan bahwa webiste mereka di rancang untuk mengetahui estimasi nilai website ( perkiraan harga website ) jumlah pageviews harian, pengunjung harian dan pendapatan harian website anda.

Selain itu, mereka juga bisa menampilkan statistik alexa dan share terakhir ke media sosial. Lebih jelasnya, silahkan dicoba sendiri. Cara menggunakannya, lihat gambar dibawah !

siteworthtraffic website traffic check

SiteWorthTraffic.com

SitePrice.Org

Website traffic check yang kedua adalah siteprice yang mungkin bisa anda coba. website ini hampir sama dengan siteworthtraffic namun lebih unggul dari segi sumber traffic. maksudnya, siteprice menampilkan keywords yang banyak dicari untuk website anda.

website traffic check

SitePrice.Org

Histats

Ini adalah tools statistic yang paling banyak digunakan oleh blogger. Histats adalah tool favorit untuk memantau visitor blog.

Bahkan segelintir kabar mengatakan situs portal berita besar juga menggunakan histats untuk memantau pengunjung website mereka.

Banyak yang masih bertanya bagaimana cara daftar histats dan ini sebenarnya mudah untuk dilakukan.

Kenapa mudah? Ikuti saja instruksi yang dilakukan..

Cara Mengetahui Pengunjung Website di Blogger.com

Sebenarnya blogger sudah menyediakan statistik traffic namun menurut pendapat beberapa orang kurang akurat. Saya bertanya tingkat keakuratan seperti apa yang dimaksud?

Bukankah blogger itu milik google dan tentu saja mereka sudah terintegrasi dengan crawl milik google juga. I don’t know

Cara mengetahui pengunjung website di blogger sebenarnya sangat mudah dan ini berlaku untuk semua jenis website namun beda cara kerja nya..

Ok.. langsung saja…

  1. Cara pertama adalah dengan melihat statistik di blogger langsung.
  2. Kedua menggunakan jasa pihak ketiga yaitu histats
  3. Google search console patut anda pertimbangkan

Secara pribadi, saya lebih suka menggunakan analytics milik google karena menurut saya cukup lengkap dan up to date.

Ya, analytics google memang patut anda pertimbangkan karena mereka terintegrasi dengan semua produk google.

Cara Mengetahui Pengunjung Website WordPress

Cara mengetahui pengunjung website wordpress adalah yang paling mudah. kita tahu bahwa wordpress begitu banyak plugin yang disediakan dan ini cukup mudah membantu kita selaku pengguna wordpress.
cara mengetahui pengunjung website
Ketika anda membuat blog di wordpress, maka anda tidak perlu lagi mencari bagaimana cara mengetahui pengunjung blog.

Selain bisa menggunakan analytic google, histats atau tools online pihak ketiga lainnya anda juga bisa menggunakan plugin jetpack

..dan..

Jetpack adalah salah satu plugin dan satu-satunya plugin yang saya pakai untuk memantau website atau blog saya.

Kenapa saya pilih jetpack plugin?

yang pertama adalah mudah dan yang lainnya…

  1. Terintegrasi dengan wordpress.com
  2. Memantau artikel yang paling banyak dikunjungi
  3. Mengetahui keyword yang paling sering digunakan atau search terms
  4. refferer atau dari link mana saja visitor yang datang ke blog saya

dan masih banyak lagi fitur yang disediakan…..

Perlu agan ketahui, bahwa memantau visitor website adalah salah satu cara untuk mengoptimasi website kita.

ini menjadi tolak ukur bagaimana kita bekerja dan bagaimana kita harus memaksimalkan kerja kita. Meningkatkan performa website adalah harus dan wajib mengingat kompetisi yang semakin tinggi..

Blogger harus terus berkembang dengan belajar dan terus belajar dan perlu tahu bagaimana bekerja sesuai dengan standar blogger indonesia.

Blogger harus punya visi yang jelas dengan membawa misi yang terarah.

demikian cara mengetahui pengunjung website atau blog ini ditulis dengan terburu-buru krena anak saya nangis terus dari tadi… hehehee

Beginilah nasib blogger berkeluarga, bergelut dengan waktu…

Artikel serupa yang mungkin Anda cari

Leave a Reply

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE