cara menghilangkan cegukan berkepanjangan

Cara Menghilangkan Cegukan Berkepanjangan

Posted on

Cara Menghilangkan Cegukan Berkepanjangan adalah tips kesehatan yang akan saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Bagi anda yang mengalami cegukan berkepanjangan atau terus menerus, baca tips ini agar cegukan anda lekas hilang.

Cegukan? Memang terasa sungguh sangat tidak nyaman dan itu sangat mengganggu sekali.

Anda pasti mengalaminya, Kalo belum pernah, pasti anda sedang berbohong

Terutama bagi anda yang mempunyai pekerjaan yang berhubungan dengan suara seperti penyanyi, pembawa acara atau operator dan juga call center.

cara menghilangkan cegukan berkepanjangan

Gak asyik dong ketika sedang kita nyanyi eh malah cegukan. Bisa-bisa nanti penonton akan kabur atau bahkan anda jadi bahan tertawaan.

Mari kita lihat apa sebenarnya dan bagaimana cara menghilangkan cegukan yang berkepanjangan secara alami.

Cegukan atau disebut juga dengan istilah singultus adalah kontraksi pada diafragma yang terjadi secara tiba-tiba, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menit.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Dalam Semalam

Apa itu Cegukan?

Hal tersebut dikarenakan adanya Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru dan menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik.

Cegukan umumnya akan selesai dengan sendirinya, meskipun ada beberapa obat cegukan paling mujarab yang membantu untuk mempercepat menghentikan cegukan.

Apa yang menyebabkan cegukan?

Cegukan seringkali berkembang dalam situasi dan kondisi tertentu, beberapa penyebab cegukan yang umum ditemukan adalah :

  1. makan yang terlalu cepat
  2. minum air dingin sesaat setelah makan makanan yang panas
  3. makan makanan yang sangat panas atau pedas
  4. tertawa atau batuk terlalu keras
  5. kelebihan minuman yang mengandung alkohol
  6. kehilangan keseimbangan elektrolit.

Selain beberapa sebab diatas, cegukan dapat pula disebabkan karena tekanan saraf frenik oleh struktur anatomi yang lain, atau karena tumor dan penyakit ginjal lainnya, meskipun hal ini jarang sekali terjadi.

American Cancer Society melaporkan bahwa 30% dari pasien kemoterapi menderita cegukan sebagai efek samping perlakuan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bekas Luka

6 Cara Menghilangkan Cegukan Berkepanjangan

Ada beberapa tips yang akan saya sampaikan untuk mengobati cegukan atau menghilangkan cegukan berkepanjangan, yaitu dengan melakukan tindakan berikut:

  1. Ambil posisi membungkuk seperti hormatnya orang jepang,dalam posisi itu minumlah air putih sampai mulut penuh. perlahan lahan posisikan tubuh berdiri tegak sambil ditelan air yang ada dalam mulut. Ulangi beberapa kali sampai cegukan hilang.
  2. Menahan napas, karena dengan menahan napas maka kadar karbondioksida di dalam darah meningkat,sehingga kecegukan berhenti.
  3. Bernapas di dalam kantong kertas.
  4. Minum segelas air dingin atau mengunyah roti kering atau es batu yang diserut.
  5. Menarik lidah atau menggosok bola mata secara perlahan.
  6. Membalik posisi tubuh dengan meletakan kepala dibawah kaki diatas.

Apa Obat Cegukan Paling Mujarab?

Banyak orang yang bertanya, apa sih obat cegukan paling mujarab? Apakah ada obat pabrikan atau obat alami untuk mengatasi cegukan?

Menurut beberapa sumber yang saya baca, tidak ada obat yang pasti untuk mengobati cegukan. Ingat, cegukan disebabkan oleh konstraksi otot diafragma sehingga menurut medis tidak ada obat yang pasti untuk mengatasi cegukan.

Apakah obat peregang syaraf bisa digunakan? Silahkan tanya sama dokter terdekat

Namun, secara tradisional orang tua kita memberikan beberapa tips untuk menghilangkan cegukan yaitu :

  1. Konsumsi Gula Batu atau Gula Pasir
  2. Minum Air Putih atau Air Hangat
  3. Konsumsi sedikit cuka, Asam Jawa atau Lemon

Silahkan mencoba 6 tips cara menghilangkan cegukan berkepanjangan yang saya sampaikan diatas atau anda juga bisa mencoba beberapa alternatif pengobatan yang sudah saya sampaikan. semoga berhasil.. dengan catatan apabila cegukan bersifat menetap memerlukan pengobatan yang lebih intensif atau tidak kunjung sembuh, segera hubungi dokter terdekat.

Sumber Tulisan : AloDokter

Gravatar Image

I am Heidy Hadiningrat a Writer, Blogger, SEO Practice and Internet Marketer owner TheCrazyPerfect.com. I started my blog in 2013 and get daily unique visitor 10K+. Sharing is sexy is my moto.

Leave a Reply