SEO TipsPelajari bagaimana SEO bekerja untuk situs Anda!

Manfaat dan Tujuan Penghijauan Bagi Ummat Manusia

Manfaat dan Tujuan Penghijauan Bagi Manusia – Alam ini semakin hari semakin rusak dan bencana setiap saat bisa datang dengan tiba-tiba. Erosi, tanah longsor, banjir adalah hiasan sehari-hari di layar kaca.

Belum selesai di Kota A, giliran kota B tertimpa bencana dan satu minggu kemudian terjadi lagi di Kota C.

Ini salah siapa?

Yang jelas, bukan alam yang salah.

Apakah ini kesalahan manusia?

Manusia yang mana yang mau disalahkan, tidak ada yang mau disalahkan.

Apakah ini bisa dicegah? Bisa dengan usaha salah satunya adalah penghijauan kembali alam sekitar sehingga manfaat dan tujuan penghijauan itu dirasakan oleh manusia

Saya teringat suatu kisah dimana malaikat melarang Allah menciptakan manusia…

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: “Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” SQ. Al-Baqarah: 30

Selanjutnya dalam QS Ar-Rum ayat 41

Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

manfaat dan tujuan penghijauan

Lalu, siapakah yang pantas untuk disalahkan?

Ternyata kita sebagai ummat manusia yang patut untuk disalahkan..

Telah tampak keruskan di darat dan dilaut disebabkan oleh perbuatan tangan manusia”

Ternyata, tangan-tangan manusia lah yang menyebabkan kerusakan di darat dan di laut..

“Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari akibat perbuatan mereka”

Hukum sebab akibat berlaku. sebab dirusak timbul bencana.. sebab mata air dirusak, kekeringan..

Mari kita simak apa yang harus dilakuan……

Di Indonesia, masalah lingkungan berada dibawah kementerian lingkungan hidup dengan semua stake holder nya…

Kemen LH dengan semua jajarannya berusaha melestarikan alam dan lingkungan dengan berbagai program unggulan. Salah satu program unggulan yang digadang oleh kementerian lingkungan hidup adalah program hutan rakyat.

Program ini bertujuan agar hutan kembali hijau sehingga manfaat dan tujuan penghijauan dapat dirasakan…

Bagi saya yang hanya seorang yang berasal dari desa, menaman tomat atau pisang di halaman rumah sudah cukup.. hehe..

Pengertian Penghijauan menurut wikipedia

Pengertian penghijauan adalah proses, cara, atau perbuatan membuat lingkungan supaya menjadi hijau kembali, sedangkan pengertian Reboisasi (bahasa Inggris: reforestation) adalah penanaman kembali hutan yang telah ditebang (tandus, gundul). Sumber : Wikipedia

Tradisi Baduy dalam Menjaga Lingkungan

Saya sangat salut dengan tradisi yang ada di masyarakat baduy yang ada di kabupaten lebak. Saya sebagai orang lebak memahami betul bagaimana orang-orang baduy menjaga dan melestarikan lingkungan.

Bukan hanya itu, masyarakat baduy juga menjaga dan melestarikan bahasa sampai sekarang, salah satu seni sastra yang sampai saat ini masih dipegang teguh oleh masyarakat baduy adalah pantun dan mantera baduy

Man of Baduy

Dikuti dari detik.com, seba baduy pada tahun ini ke bapa gede ( gubernur ) beda dengan seba pada tahun sebelumnya. Tahun ini adalah seba ageung ( seba besar ) dan mereka meminta bapak gede untuk menjaga lingkungan dan alam sekitar.

…..Jaro Tanggungan 12 Saidi Putra sebagai perwakilan, menuturkan maksud permintaan suku Baduy sebagai yang dititipkan untuk pelestarian alam. Apalagi, di tanah Banten ada Gunung Karang, Pulosari, Panaitan, Ujung Kulon dan sebagainya.

“Mohon dilongok anu kuterkait, sakitu khususna di Provinsi Banten. Atanapi dilestarikeun adat jeung budayana (mohon diperhatikan oleh Provinsi Banten. Juga dilestarikan adat dan budayanya),” kata Jaro Tanggungan 12 Saidi Putra di hadapan semua perwakilan pemerintah yang hadir.

Mendengar permintaan tersebut Penjabat Banten Nata Irawan berjanji ikut menjaga alam hutan di mana suku Baduy tinggal. “Kita akan bersama-sama menjaga alam agar menjadi lestari,” kata Nata Irawan.

Menutup pertemuan tersebut, Jaro Tanggungan 12 Saidi Putra memberikan pantun Sunda. Yang kira-kira artinya pesan kepada pemimpin Banten agar tidak korupsi.

Disadur dari : Detik.com

Lihatlah, betapa masyarakat baduy sangat memperhatikan lingkungan yang merupakan tempat tinggal manusia…

Masyarakat baduy mengenal istilah LEUWEUNG TUTUPAN yang berarti hutan tersebut tidak boleh ditebang atau dirusak, jangankan ditebang, masyarakat baduy pun ( puun ) melarang memasuki hutan tersebut

Leuweung = Hutan
Tutupan = tertutup atau terlindungi
Leuweung Tutupan = Hutan Lindung

Baduy juga mengenal istilah POE PANTANG dan LARANGAN BULAN, artinya pada hari atau bulan tertentu masyarakat baduy tidak boleh beraktifitas seperti biasanya, mereka hanya diperbolehkan berada di sekitar rumah…

Manfaat dan Tujuan Penghijauan

Setiap kegiatan pasti ada manfaat dan tujuan yang ingin dicapai. Begitu juga ketika kita melakukan penghijauan kembali alam sekitar, manfaat dan tujuan penghijauan akan terasa jika benar2 sukses dilaksanakan..

manfaat dan tujuan penghijauan 2

Jangan hanya bicara Go Green….

Manfaat Penghijauan

Manfaat penghijauan yang akan dirasakan baik dalam jangka pendek atau pun jangka panjang sangat banyak. Manfaat tersebut akan terus menerus dirasakan jika kita berhasil mempertahankan tradisi ” Hutan Larangan “..

Manfaat penghijauan bagi ummat manusia :

  1. Berguna untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan menyerap polusi dan debu dari udara
  2. Membangun kembali habitat dan ekosistem alam
  3. Mencegah pemanasan global dengan menangkap karbon dioksida dari udara,
  4. Dapat dimanfaatkan hasilnya ( Kayu atau Getah )

Tujuan Penghijauan

Pada dasarnya, tujuan utama dari penghijauan adalah mengembalikan kembali alam kepada keadaan semula. Diharapkan dengan dilakukan penghijauan, maka alam seimbang sehingga tidak terjadi bencana yang merugikan.

Penghijauan juga bertujuan melestarikan alam dan menjaga lingkungan agar dapat dirasakan manfaatnya oleh ummat manusia..

Demikian artikel tentang manfaat dan tujuan penghijauan ini dibuat.. thanks..

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *