Contoh RAB Gorong-Gorong dan Cara Menghitungnya

Pada dasarnya, setiap pembangunan infrastruktur jalan desa adalah 1 paket lengkap. Maksudnya, selain perhitungan badan jalan juga ada bangunan pendamping yaitu Drainase, Tembok Penahan Tebing ( TPT), bronjong dan gorong-goorong. Untuk melengkapi contoh rab jalan yang sudah saya buat, maka kali ini saya akan memberikan contoh rab gorong gorong.

Dalam contoh RAB Gorong Gorong atau Buis Beton ini saya juga akan melampirkan analisa perhitungan pekerjaan gorong gorong.
contoh rab gorong gorong
Perhitungan gorong gorong beton pada dasarnya adalah perhitungan yang cukup kompleks dimana kita harus menghitung volume gorong gorong flat beton secara keseluruhan yang dimulai dari perhitungan galian tanah, volume fondasi dan perhitungan lantai beton.

Sebelumnya, silahkan baca kembali beberapa contoh RAB Jalan yang sudah saya buat sebelumnya :


  1. RAB Rabat Beton Jalan


  2. Rabat Beton Ready Mix


  3. Perhitungan Perkerasan Jalan Telford


  4. Perhitungan Perkerasan Jalan Telasah


  5. RAB Bronjong



Diatas adalah beberapa contoh RAB untuk pembangunan infrastruktur Desa.

Contoh RAB Gorong Gorong dan Analisa Perhitungannya



Dalam menghitung volume pekerjaan 1 unit gorong gorong cukup banyak dan ini sudah saya sampaikan diawal. Kita akan memulainya dari analisa perhitungan pekerjaan galian tanah, analisa perhitungan fondasi, dan perhitungan beton dengan tulangan.

KAYA DARI INTERNET, MAU? DAPATKAN $500 PERTAMA ANDA


Seperti biasa, saya tidak akan menulis semua rumus volume gorong-gorong dalam artikel ini tetapi anda dapat melihat langsung dalam file google drive saya.

Namun sebelumnya saya mengingatkan anda bahwa analisa perhitungan pekerjaan gorong-gorong ini merupakan standar untuk desa yang biasa saya buat untuk badan jalan dengan ukuran lebar jalan 2,5 meter.

Untuk dimensi gorong-gorong yang mungkin lebih besar atau lebih kecil anda bisa mengubahnya dalam file excel contoh RAB gorong-gorong yang saya buat ini.

File excel contoh rab gorong-gorong ini saya buat mudah dengan standar analisa menggunakan analisa SNI, jadi anda tidak perlu ragu untuk memakainya.

Ketika anda ingin membangun infratruktur jalan desa, maka sangat penting untuk memperhatikan bangunan penunjang seperti gorong-gorong.

Silahkan lihat contoh RAB Gorong gorong dalam file excel

Demikian contoh rab gorong-gorong dan analisa perhitungan gorong-gorong ini saya sajikan khusus untuk para perangkat desa seluruh indonesia terutama kader teknik desa. Salam semangat
BERIKAN KOMENTAR ()