SEO TipsPelajari bagaimana SEO bekerja untuk situs Anda!

Pengertian Sejarah Secara Lengkap dan Dan Menurut Ahli

Pengertian Sejarah adalah suatu kejadian di masa lampau disusun berdasar bukti sejarah yaitu peninggalan-peninggalan berupa benda atau non benda yang kemudian disebut sumber sejarah. Sejarah merupakan cermin masa lampau untuk masa depan, untuk itu sangat penting bagi kita mengetahui sejarah sebagai panduan nilai dan moral.

Al-quran sebagai kitab suci ummat islam banyak menceritakan kejadian masa lampau seperti sejarah para nabi, sejarah kerajaan atau pemerintahan jaman dulu dan banyak lagi.

Pengertian sejarah secara umum yaitu peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lampau. Namun, dalam konteks ilmu sejarah, pengertian sejarah bukan hanya sebuah peristiwa atau kejadian yang biasa tetapi merupakan kejadian yang memberikan dampak, efek atau pengaruh yang besar pada masa itu atau pada masa-masa yang akan datang.

Sejarah harus benar-benar memiliki hubungan kausal atau kausalitas. Hubungan kausal adalah hubungan keterkaitan atau ketergantungan dari dua realitas, konsep, gagasan, ide, atau permasalahan.
pengertian sejarah
Dengan adanya hubungan sebab akibat, maka peristiwa-peristiwa tersebut diabadikan atau dicatat oleh pelaku sejarah sehingga benar-benar merupakan kejadian otentik.

Mungkin anda pernah mendengar istilah ” BELAJAR DARI SEJARAH” atau “The best teacher is experience”?

Sangat beruntung sekali jika anda pernah mendengar kata itu, anda telah memahami bagaimana pentingnya sejarah dalam kehidupan manusia.

Tanpa sejarah, kita mungkin akan salah arah.

Secara individu, sejarah adalah pengalaman-pengalaman yang dijadikan dasar untuk masa depan. Pengalaman tersebut merupakan sumber untuk memperbaiki atau merubah prilaku.

Sejarah merupakan prilaku manusia atau prilaku alam yang memberi konstribusi atas keberlangsungan ummat manusia.

Pengertian Sejarah secara etimologis

Ditinjau dari ilmu asal-usul kata, pengertian sejarah dapat dibagi ke dalam beberapa bagian asal usul kata yaitu:

Pengertian Sejarah dalam bahasa arab

Secara etimologis sejarah dalam bahasa arab adalah SYAJARATUN ( شجرة ) yang bermakna POHON. Syajarah atau pohon merupakan sebuah sistem yang struktural dimana terdapat tanah, akar, batang, ranting, daun, bunga dan buah.

Anda mungkin bertanya, kenapa sejarah dikatakan pohon dalam bahasa arab?

Untuk menjawab rasa penasaran anda, saya akan memberi contoh apa hubungan sejarah dengan pohon. Pohon yang tegak berdiri di tanah mempunyai asal-usul. Berasal dari biji kemudian menjadi kecambah, terus mempunyai akar, daun dan tumbuh semakin besar sehingga berbunga. Setelah berbunga pohon tersebut berbuah dan dampaknya kita bisa memakan buah dari pohon tersebut.

Selama proses tumbuh sampai berbuah diperlukan perawatan seperti pemupukan, penyiraman, pemangkasan ranting, penyiangan dan lain sebagainya dan ini berarti bahwa ada peristiwa atau kejadian dalam rentang waktu sehingga pohon tersebut berdampak bagi yang menanamnya atau manusia.

Sejarah dalam bahasa arab juga disebut dengan تاريخ yang berarti masa atau waktu. “Tarikh” menurut lughat ialah : “ketentuan masa”.

Artinya menurut istilah (cara yang tetap terpakai) dalam kitab-kitab, ialah :

Keterangan yang menerangkan sebab akibat segala sesuatu yang telah terjadi pada masa yang telah lampau; atau pada masa yang masih ada”

.

Adapun ilmu tarikh itu ialah suatu pengetahuan yang gunanya untuk mengetahui keadaan- keadaan atau kejadian-kejadian yang telah lampau dan keadaan-keadaan atau kejadian-kejadian yang masih ada (sedang terjadi).

Pengertian Sejarah dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa inggris sejarah disebut HISTORY. Dikutip dari kamus online oxford dictionaries, bahwa yang dimaksud sejarah dalam bahasa inggris adalah :

  1. Sejarah adalah The study of past events, particularly in human affairs atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai studi tentang kejadian atau peristiwa di masa lalu terutama yang berhubungan dengan manusia.
  2. Sejarah adalah The whole series of past events connected with a particular person or thing dan dalam bahasa indonesia diartikan sebagai seluruh rangkaian kejadian atau peristiwa di masa lalu yang berhubungan dengan manusia atau benda.
  3. A continuous, typically chronological, record of important or public events or of a particular trend or institution dapat diartikan berkesinambungan, catatan kejadian yang sangat penting tentang peristiwa.

Pengertian Sejarah dalam bahasa belanda

Sejarah dalam bahasa belanda disebut geschiedenis wetenschap die het verleden onderzoekt yang berarti ilmu yang mengkaji masa lalu atau ilmu yang berhubungan dengan masa lalu.

Pengertian Sejarah dalam Bahasa Prancis

Dalam bahasa prancis, sejarah disebut histoire yang artinya tindakan atau kejadian yang bukan merupakan produk imajinasi. Artinya, kejadian atau peristiwa tersebut nyata dan benar adanya.

Pengertian Sejarah dalam Bahasa Indonesia

DIkutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia sejarah adalah :

  1. asal-usul (keturunan) silsilah
  2. kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau; riwayat; tambo, hikayat, babad. Contoh babad cirebon, babad tanah jawa, hikayat bunga kemuning, hikayat malin kundang dll
  3. pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi dalam masa lampau

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian sejarah secara etimologis atau asal usul kata telah selesai disampaikan. Sekarang saatnya memahami pengertian sejarah menurut para ahli. Berikut adalah pengertian sejarah menurut para ahli :

Pengertian Sejarah menurut Drs. Sidi Gazalba

Drs. Sidi Gazalba. Sejarah sebagai masa lalu manusia dan sepatutnya disusun secara ilmiah dan juga lengkap meliputi urutan fakta pada masa tersebut dengan menggunakan tafsiran dan juga penjelasan yang memberi pengertian dan pemahaman tentang apa yang terjadi.

Pengertian Sejarah menurut Aristoteles

Aristoteles. Sejarah adalah peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian di masa lampau yang mempunyai catatan atau bukti-bukti nyata. Sejarah juga merupakan satu sistem yang meneliti satu kejadian atau peristiwa sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi.

Pengertian Sejarah Menurut R.G Collingwood

Menurut R.G Collingwood sejarah adalah sebuah bentuk penyelidikan mengenai hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lampau.

Pengertian Sejarah menurut Patrick Gardiner

Patrick Gardiner menitikberatkan pengertian sejarah pada prilaku manusia. Menurutnya sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat atau dilakukan oleh manusia.

Pengertian Sejarah menurut E.H Carr

Sejarah adalah dialog yang tidak pernah selesai antara masa sekarang dan masa lampau, suatu proses interaksi yang memiliki kesinambungan antara sejarawan dan fakta-fakta yang dimilikinya.

Pengertian Sejarah menurut R. Moh, Ali

Ada 3 arti sejarah menurut R.Moh. Ali yaitu:

  • Sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa-peristiwa dalam kenyataan sekitar kita.
  • Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa-peristiwa yang merupakan realitas tersebut.
  • Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa yang merupakan realitas tersebut.

Pengertian Sejarah Menurut M Yamin

M Yamin mengatakan bahwa sejarah merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang umumnya memiliki hubungan dengan cerita sebagai hasil dari penafsiran kejadian-kejadian dalam masyarakat manusia pada waktu yang telah lampau atau dengan tanda-tanda yang lain.

Pengertian Sejarah Menurut J.Banks

Menurut J Banks sejarah terbagi ke dalam dua arti yaitu :

  1. Sejarah sebagai Aktualitas artinya Semua peristiwa masa lalu adalah sejarah
  2. Sejarah sebagai Pembelajaran/Studi. Sejarah dapat membantu siswa untuk memahami perilaku manusia dalam, tujuan masa kini dan masa depan yang baru

Pengertian Sejarah Menurut Gustafson

Sejarah merupakan puncak gunung pengetahuan manusia dari mana perbuatan generasi kita mungkin ada dan dipasang ke dalam dimensi yang tepat.

Sejarah menurut Henry Steele Commager

Sejarah merupakan rekaman keseluruhan tentang masa lampau kesusastraan hukum, bangunan, pranata sosial ( nilai dan norma), agama, filsafat, dan semua yang teringat dalam memori manusia.

Sejarah menurut Nugroho Notosusanto

Sejarah adalah peristiwa-peristiwa yang menyangkut manusia sebagai makhluk bermasyarakat yang terjadi pada masa lampau. Sejarah berarti pula kisah mengenai segala peristiwa itu, kisah itu disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa itu.

Ruang Lingkup Sejarah

Sama seperti cabang ilmu lainnya, sejarah juga mempunyai ruang lingkup dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Empiris yaitu diperoleh melalui penemuan dan pengamatan yang dilakukan berdasarkan fakta-fakta sejarah yang ada dan benar – benar terjadi
  2. Memiliki obyek
    • Obyek material yaitu manusia
    • Obyek formal yaitu aktivitas manusia yang pernah terjadi dalam suatu rentang waktu di masa lampau
  3. Memiliki Teori
  4. Metode. sejarah mempunyai cara tersendiri dalam penelitian atau penulisannya .

Aspek dalam Sejarah

Sejarah memiliki tiga aspek yaitu :

  1. Masa lampau merupakan aspek sejarah yang berfungsi sebagai cermin atau gambaran kejadian peristiwa di masa lampau yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur
  2. Saat ini atau masa sekarang merupakan aspek sejarah yang berfungsi untuk perbaikan-perbaikan atas tindakan atau prilaku di masa lampau. Kejadian di masa lampau atas tindakan manusia dikaji dan diperbaiki pada masa ini.
  3. Masa akan datang merupakan aspek sejarah yang menggambarkan sebab akibat atas peristiwa yang akan datang jika tindakan-tindakan dilakukan

Cakupan Sejarah

Sejarah merupakan rentang peristiwa yang sangat panjang sehingga mempunyai cakupan yang luas. Cakupan tersebut meliputi empat hal yaitu :

  1. Kronologis
  2. Kausalitas
  3. Fakta bersifat subjektif
  4. Adanya peristiwa

Jenis-Jenis Sejarah

Secara umum, ada dua jenis sejarah yang saat ini berkembang yaitu sejarah berdasarkan geografis dan sejarah berdasarkan tematis.

Jenis Sejarah Berdasarkan Geografis

Sejarah berdasarkan geografis terbagi kedalam 3 bagian yaitu:

Sejarah lokal

Sejarah lokal adalah sejarah yang menggambarkan tragedi atau peristiwa di suatu daerah dan tidak memiliki dampak penyebaran di daerah yang lain.

Sejarah Nasional

Sejarah Nasional merupakan sejarah yang mengungkapkan kejadian di sebuah negara yang berdampak pada negara tersebut. Sebagai contoh peristiwa sejarah nasional adalah proklamasi kemerdekaan yang dibacakan oleh bung karno, sumpah pemuda atau agresi militer belanda.

Sejarah Dunia

Sejarah dunia merupakan peristiwa masa lampau yang pernah terjadi di sebuah daerah maupun negara dan dampaknya mempengaruhi stabilitas dunia internasional. Contohnya perang dunia, perang salib, revolusi industri di inggris.

Jenis Sejarah Berdasarkan Tematis

Jenis Sejarah Berdasarkan Tematis dibagi dalam lima bagian yaitu :

Sejarah Politik

Sejarah politik merupakan sebuah peristiwa di masa lampau yang terjadi akibat masalah politik. Contoh Sejarah Banten, Sejarah Kerajaan Salakanagara

Sejarah Sosial

Sejarah sosial merupakan peristiwa di masa lampau yang terkait dengan masalah-masalah sosial yang berkembang di masyarakat.

Sejarah Ekonomi

Sejarah Ekonomi merupakan sejarah yang membahas tentang masalah ekonomi, sistem ekonomi dan konsep ekonomi yang terjadi di masa lampau sehingga dijadikan dasar untuk mengembangkan ekonomi di masa kini dan masa akan datang

Sejarah Kebudayaan

Sejarah Kebudayaan adalah sejarah yang membahas tentang kehidupan manusia yang berkaitan dengan kebudayaan atau adat istiadat yang berkembang di masyarakat.

Sejarah Intelektual

Merupakan sejarah yang membahas tentang ide, cara berpikir manusia terkait ideologi politik, idealisme jiwa, dan pandangan terhadap norma dan nilai di masyarakat.

Penutup dan Kesimpulan

Sejarah merupakan cerminan untuk saat ini yang merupakan tolak ukur untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik. Sejarah berfungsi sebagai kemudi atau stir untuk mengendalikan roda kehidupan.

Pentingnya memahami dan mengenal sejarah bagi kita generasi millenal. Generasi yang akan memberikan dampak atau perubahan dimasa yang akan datang.

Demikian artikel tentang pengertian sejarah menurut para ahli ini ditulis dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Akhirul kalam kami ucapkan thank you.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *