SEO

Teknik SEO 2018. Kenali Perubahan Trend SEO

Ad Blocker Detected

Website ini dibiayai dari iklan yang ditampilkan. Mohon non-aktifkan AdBlocker Anda untuk keberlangsungan THECRAZYPERFECT.COM

Teknik SEO 2018 adalah judul artikel pertama saya di tahun 2018 yang khusus membahas SEO. Saya tidak menulis artikel tentang SEO di bulan lalu karena selama 1 bulan saya mempelajari strategi SEO pada tahun 2018 dan perubahan apa yang akan dilakukan oleh mesin pencari.

SEO adalah ilmu yang kompleks. Tiap waktu selalu berubah dan tiap hari mereka mengatakan bahwa mereka selalu memperbaiki algoritma pencarian mereka. Seperti tahun 2018 ini, anda pasti melihat beberapa perbedaan di SERPs.

Ingat, bahwa ada 200 faktor lebih dalam algoritma google yang secara terus menerus bekerja untuk menampilkan hasil pencarian yang relevan.

….dan hasil pencarian relevan bukan hal baru di kancah SEO

Fokus utama mesin pencari adalah HASIL yang RELEVAN

Tahun 2018, apakah teknik SEO akan sama dengan tahun 2017? Strategi apa yang akan dipraktekan untuk mendongkrak #1 google?

Secara umum tidak ada perubahan yang signifikan pada teknik SEO antara tahun lalu dengan tahun ini. Hanya saja, yang menjadi perbedaan adalah beberapa perubahan pada hasil penelusuran.

Dari beberapa website SEO seperti neil patel dan backlinko memprediksi bahwa SEO pada tahun 2018 di dominasi oleh delapan faktor.

Mereka juga memprediksi bahwa teknik SEO pada tahun 2018 sedikit berbeda dari tahun2 lalu

Teknik SEO 2018. Apa dan Bagaimana?

Untuk mendominasi hasil pencarian pada tahun 2018 dirasa cukup rumit dan memang selalu begitu. Ini bukan sekedar bagaimana orang mencari sesuatu atau bertanya sesuatu.

SEO pada tahun 2018 lebih kaya dan lebih sulit ditaklukan dengan alasan ” Mereka menampilkan hasil yang mirip “.

Mungkin anda tidak mengerti apa maksud dari pencarian yang mirip?

..dan ini tidak akan anda temukan dalam artikel yang khusus membahas SEO. Anda hanya dapat membacanya disini.

Dalam industri SEO, para pakar SEO selalu berusaha melakukan pengujian. Mereka mencari formula yang tepat pada sebuah laman.

  1. Bagaimana google bekerja
  2. Bagaimana google menyaring
  3. Bagaimana google menampilkan

Pengujian A/B merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh anda lewatkan. Anda membuat laman A dengan teknik lama dan laman B dengan teknik terbaru, dari keduanya mana yang keluar sebagai juara.
….cukup simple

Prediksi SEO di tahun 2018

Dalam laman resminya moz yang merupakan website yang khusus membahas SEO membuat prediksi tentang SEO pada tahun 2018.

Rand Fishkin memprediksi bahwa SEO pada tahun 2018 akan sedikit sulit. Dia memperkirakan bahwa klik organik dari hasil penelusuran akan berkurang sekitar 5%.

Kenapa?

Penelusuran berbayar akan lebih mendominasi dan ini akan sedikit merepotkan pakar SEO. Google memang sudah menampilkan paid search di SERPs tapi tidak begitu banyak dan kemungkinan besar pada tahun 2018 akan ditingkatkan

Facebook, snapchat dan instagram telah sukses meng update algoritma mereka untuk membatasi link yang masuk seperti link yang ditanamkan oleh pengguna dan ini berarti sosial signal akan sedikit berkurang seandainya hal yang sama dilakukan oleh linkedin dan twitter.

Selain MOZ, Backlink.com juga mengulas prediksi SEO tahun 2018 dan cukup menarik untuk saya sampaikan disini.

Dalam tulisannya, bakclinko mengemukakan beberapa hal penting untuk teknik SEO pada tahun 2018.

Google RankBrain

Google mengumumkan bahwa RankBrain adalah faktor paling penting ketiga dalam hal peringkat. RankBrain akan menjadi lebih penting pada SEO di tahun 2018.

RankBrain merupakan algoritma yang dirilis bersamaan dengan Hummingbird. Dan seperti kata mereka bahwa RankBrain merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh kita.

RankBrain adalah sistem kecerdasan buatan ( Artificial Intelegent ) yang mampu menyortir dan menganalisa kata kunci yang diketik oleh manusia. RankBrain mampu menghasilkan prediksi yang akurat atau semantic yang relevan.

RankBrain berusaha menampilkan hasil pencarian yang paling relevan.

Apa yang harus anda lakukan?

Anda tidak perlu melakukan apa-apa untuk mengakali RankBrain. Tapi, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian anda.

#1. Fokus pada konten

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa google rankbrain adalah AI ( Artificial Intelegent ) atau kecerdasan buatan. RankBrain memilah miliaran laman web untuk ditampilkan

…dan

Mereka berusaha mencari yang paling relevan dengan maksud manusia.

Sebagai contoh saya ketik es teh manis di bar penelusuran dan lihat hasilnya :
teknik seo

Dari gambar diatas dapat dijelaskan bahwa ketika anda mencari kata kunci es teh manis maka secara CERDAS algoritma RankBrain google memberikan anda pilihan

  • Apakah anda mencari cara membuat es teh manis?
  • Apakah anda mencari bahaya minum es teh manis?
  • Ini video tentang es teh manis?

..lalu

teknik seo 02

Anda juga diberi pilihan ini gambar es teh manis

Sampai titik ini, apakah anda sudah faham apa yang dimaksud dengan rankbrain?

… mari kita fahami apa yang dimaksud dengan fokus pada konten

Logikanya begini ” Anda sedang mencari sesuatu di google dan google berusaha menampilkan apa maksud anda”. Algoritma google secara cerdas memberikan hasil pencariannya untuk diberikan kepada anda dan menurut mereka itu adalah yang terbaik. Maka mereka menawarkan kepada anda beberapa pilihan”

….dan #1 hal yang tidak akan pernah tergantikan dalam SEO Backlink dan Konten ( Kata-kata ).

Sebelumnya, saya telah membahas teknik dasar SEO dan bagaimana cara belajar seo

Dalam tahap ini, saya hanya akan menjelaskan tentang konten dan ini pernah saya ulas dalam tulisan saya tentang konten berkualitas. Anda harus memahami bagaimana cara menulis artikel yang berkualitas untuk blog anda.

Sisi penting dari kualitas konten di era rankbrain adalah menampilkan hasil yang mungkin tidak memiliki kata-kata untuk dicari.

#2. Kenapa kualitas konten diutamakan?

Mari kita simak 2 fokus utama google rankbrain. Pertama adalah DWELL TIME dan CTR.

  1. Dwell Time adalah berapa lama mereka berada di laman website anda
  2. CTR merupakan jumlah klik laman website

Google memberikan perhatian lebih tentang ” berapa lama mereka di laman website anda “. Dan studi ini telah dikonfirmasi oleh SearchMetrics dan mereka mengatakan bahwa ketika laman anda dikunjungi dengan waktu lebih dari 3 menit 10 detik itu merupakan sinyal yang bagus untuk peringkat.

Konten website yang berkualitas akan membuat pengguna betah berlama-lama di web page anda.

…. yang kedua, CTR menjadi sangat penting untuk SEO. Ketika mereka mencari informasi dan mereka lakukan klik pada website lain dan kemudian mereka kembali mencari informasi yang sama dan mereka klik laman website anda lebih lama dari laman pertama ini pertanda bahwa anda akan naik peringkat.

Bukankah kualitas konten adalah cara lama dalam kancah SEO? Ya,,,, dan ini adalah paling penting

Google sangat memperhatikan konten yang komprehensif dan mereka membenci konten dengan topik yang terpotong sehingga tidak menemukan jawaban yang jelas

Ini menjadi sangat penting bagi anda untuk diketahui :

  1. Anda harus menulis minimal 2.000 kata
  2. Topik yang mendalam dan menyeluruh

….lalu ketika mereka menemukan 2 faktor diatas dalam konten website anda, maka peluang menjadi halaman pertama google akan terbuka sangat lebar.

Spider google tidak lantas meninggalkan konten lama anda dan mereka akan selalu kembali memeriksa website anda dengan kata kunci tertentu.

dengan kata lain, spider google fokus 100% pada konten website anda dan untuk itu anda harus memelihara artikel anda

Apa saja yang mereka periksa :

  1. Tag Judul
  2. URL
  3. Teks Alt pada gambar
  4. Tag Deskripsi
  5. Tag H1

Dalam satu penelitian menemukan bahwa konten yang panjang berpeluang besar masuk peringkat pertama.

konten website

Via Backlinko

Dari gambar diatas anda dapat melihat bahwa konten dengan 2000 kata memiliki peringkat yang lebih bagus dan ini menjadi masalah ketika ada yang mengatakan bahwa ” Panjang Artikel Tidak Penting

Salah satu website yang cukup sukses di Indonesia yaitu PanduanIM mengatakan bahwa dia menulis 1 bulan sekali dengan lebi dari 3000 kata….

Menyisipkan LSI pada tiap paragraf

Latent Sematic Indexing bukan hal baru dalam industri SEO. LSI merupakan kelompok kata kunci yang timbul sebagai akibat dari relevansi keyword utama. Relevansi dimaksud bisa berupa sinonim atau persamaan kata atau beberapa kelompok kata yang mempunyai topik yang sama yang saling berhubungan.

LSI adalah keyword yang sangat dekat dan terkait dengan keyword utama.

Sebagai contoh, ketika anda melakukan riset keyword untuk menulis artikel, maka LSI wajib disisipkan dalam tiap paragraf.

Latent Semantic Indexing

…dan beberapa topik yang sama muncul dan ini merupakan produksi dari RankBrain sebagai artificial intelegent.

#1. Bagaimana cara menyisipkan LSI dalam artikel?

Teknik SEO melalui artikel dan menyisipkan keyword belum sepenuhnya dipahami dan ini merupakan sebuah eksperimen yang luar biasa.

Dalam beberapa kesempatan saya selalu berusaha menyisipkan kata kunci yang relevan dengan kata kunci utama dengan formula :

  1. Keyword utama 2,5% dari jumlah kata
  2. Keyword Turunan ( LSI ) maksimal 5% dari jumlah kata

Keyword utama berada dalam paragraf pertama dan beberapa keyword turunan pada paragraf kedua dan ketiga. Selebihnya dalam setiap 100 atau 150 kata menyisipkan keyword utama dan disusul keyword turunan

Ini adalah salah satu teknik keyword mapping dimana pemetaan keyword dan penyebarannya natural.

Menyisipkan keyword secara natural dan tidak dipaksakan akan berdampak sangat baik pada peringkat dan ini berarti anda telah memahami faktor peringkat google.

UX dan UI atau User Experience/User Interface

Google sangat menghargai penggunanya untuk itu mereka berusaha bekerja keras memberikan pengalaman pengguna yang baik. Coba anda perhatikan halaman google sangat sederhana dan tidak terlalu banyak widget.

Clean dan Clear…..

Apa itu User Experience?

Sederhananya UX adalah mudah digunakan dan ini akan memberikan pengalaman pengguna yang baik. Mudah digunakan disini berarti website anda tidak ribet dan mempunyai navigasi yang jelas.

User Interface adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang kamu buat terlihat dan berbentuk seperti apa. Hal tersebut mencakup Layout (tata letak), Visual Design (desain visual) dan Branding.

Gunakan AMP

AMP atau Accelarated Mobile Page merupakan dari pengembangan mobile friendly yang dirilis bersamaan dengan algoritma mobilegeddon.

Google memahami bahwa 60% pengguna mengakses google dari perangkat mobile dan ini menjadi masalah serius bagi mereka sehingga mereka bekerja untuk memaksimalkan hasil yang lebih berfokus pada mobile.

Mobile Indexing First merupakan salah satu faktor SEO dan ini berarti memaksa kita untuk menggunakan AMP template pada website.

Voice Search atau penelusuran suara

Berdasarkan data yang beredar bahwa 20% pengguna smartphone menggunakan voice search untuk melakukan penelusuran.

Dan anda pasti masih ingat dengan iklan OK Google?

Ya, google berusaha menciptakan sesuatu yang unik dan baru dimana mereka dapat berinteraksi dengan pengguna melalui suara.

Voice search memungkinkan anda memerintahkan search engine tanpa harus mengetik dan ini sangat membantu sekali

…..tetapi, secara pribadi saya meragukan hal itu karena suatu alasan ” Saya Seperti Orang Gila

Sosial Signal. Apakah masih efektif?

Seperti yang telah diungkapkan diatas bahwa sosial signal masih menjadi misteri apakah ini bagus untuk SEO atau tidak.

pakar SEO masih berdebat soal ini

#Apa penyebabnya?

Situs Sosial Media terbesar semacam facebook dikabarkan telah melakukan perubahan atas algoritma mereka dan beberapa kasus ditemukan bahwa ada banyak link yang ditandai sebagai SPAM oleh facebook.

Mereka berusaha mencegah “link sampah” berserakan di laman mereka

Sepertinya Google plus akan memberikan jawaban bagaimana sinyal sosial berdampak pada peringkat website anda.

Apakah teknik SEO pada tahun 2018 ini perlu perbaikan? silahkan bertanya di kolom komentar

Artikel serupa yang mungkin Anda cari

Leave a Reply

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE