SEO TipsPelajari bagaimana SEO bekerja untuk situs Anda!

Cara Meningkatkan Daya Ingat dengan Mudah

Pernahkah anda lupa ketika menaruh barang seperti pulpen, buku atau barang lainnya padahal anda baru saja meletakannya? Jika pernah mengalaminya berarti daya ingat anda sudah menurun. Yuk kita simak gimana cara meningkatkan daya ingat dengan mudah.

Ok guys, Daya ingat secara harfiah diartikan sebagai kemampuan mengingat sesuatu yang telah terlewat. Sesuatu yang dimaksud itu disebut pengalaman. Jadi, daya ingat merupakan kemampuan mengingat pengalaman.

Daya ingat atau juga memori adalah anugerah Tuhan yang maha kuasa untuk manusia. Seseorang yang mempunyai daya ingat yang kuat disebut jenius, cerdas atau pintar. Sedangkan orang dengan daya ingat yang rendah akan disebut bodoh.

Sebelum melangkah pada pembahasan inti, silahkan simak Video cara kerja otak dibawah ini :

Apa sih pengertian sebenarnya pengertian dari daya ingat itu? Berikut adalah beberapa pengertian daya ingat menurut para ahli.

Dikutip dari definisi-pengertian.com bahwa yang dimaksud dengan daya ingat adalah :
Dalam buku Menjadi Pendidik Profesional Team Trainer K-100 (2002 : 98) menjelaskan ingatan adalah kemampuan rohaniah untuk mencamkan, menyimpan dan mereproduksi kesan-kesan.

Dengan demikian ada 3 aspek dalam berfungsinya ingatan, yaitu :
1. Mencamkan
2. Menyimpan dan
3. Mereproduksi

Menurut Woodwort (Team Trainer K-100, 2002 : 98) Mencamkan adalah aktivitas dalam belajar (learning) dimana subyek menerima kesan-kesan yang kemudian disertai kegiatan lain yaitu penyimpanan, dimana subyek menyimpan hal-hal yang telah dipelajari (retention) dan kemudian diikuti dengan kegiatan mereproduksi atau menimbulkan kembali kesan-kesan yang pernah dimiliki (remembering).

cara meningkatkan daya ingat

Sesuai dengan kemampuan masing-masing individu dalam menerima pesan ada orang yang menyimpan kesan dengan setia atau dapat menahan dalam waktu lama dan ada orang yang hanya sebentar. Demikian juga dalam mereproduksi kesan, ada orang yang dapat melakukan dengan mudah dan cepat, dan ada yang sulit dan lambat, Dakir (1986:65).

Daya ingat sendiri merupakan kemampuan seseorang untuk mengingat atau menyimpan setiap memory atau kejadian yang pernah ia lakukan atau lewati. Biasanya Otak yang berfungsi untuk menyimpan ingatan dalam jangka panjang adalah otak kanan.

Kemampuan daya ingat seseorang berbeda-beda dan tidak sama. Tidak terbayangkan seandainya memory didalam otak kita ini tidak bisa menyimpan setiap kejadian-kejadian yang kita ingat dan lalui.

Daya ingat ini sendiri sangatlah penting sekali bagi kehidupan kita, apalagi untuk urusan akademik, dimana dibutuhkan sebuah daya ingat yang tinggi agar kita bisa menghafal rumus atau setiap materi-materi pelajaran yang sudah diberikan oleh para guru di Sekolah.

Cara Meningkatkan Daya Ingat dengan Simple

Berikut kami akan memberikan beberapa tips atau cara meningkatkan daya ingat anda dengan mudah, yang bisa anda terapkan untuk lebih mempertajam lagi daya ingat

  1. Pernafasan. Bernafas melalui hidung dengan cara menarik nafas dalam-dalam dan keluarkan juga melalui hidung, karena cara ini bisa berguna untuk meningkatkan fungsi otak anda agar lebih cepat lagi.

  2. Rajin Membaca. Rajin membaca dan belajar, agar otak tetap terus bergerak aktiv mempelajari hal-hal yang baru, cara ini baik untuk meningkatkan daya ingat anda.

  3. Membuat Jurnal. Dengan rajin membuat jurnal atau catatan harian. Usahakan catat sekecil apapun hal-hal penting yang anda lalui sehari-harinya.

  4. Berolah Raga. Lakukan Olah raga pernapasan secara rutin, seperti meditasi ataupun jogging. Selain itu, dengan olah raga secara rutin dapat mensuplai darah ke otak dan tentu sirkulasi darah akan semakin lancar.

  5. Sarapan. Jangan lewatkan juga untuk selalu sarapan setiap paginya, agar konsentrasi kita semakin focus dalam mengingat segala hal yang perlu kita ingat dan simpan didalam memory otak tersebut. Hindarilah juga untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung gulanya seperti roti, pasta dan sebagainya yang bisa memberikan efek lemas dan malas pada anda dan sulit sekali untuk bisa berfikir dengan jernih.

  6. Olah Otak. Selain olah raga, maka olah otak juga perlu dilakukan untuk meningkatkan daya ingat anda. Anda dapat bermain catur, puzzle, mengisi teka teki silang dan sebagainya untuk olah otak. Ibaratnya, semakin diasah maka akan semakin tajam.

  7. Aktif Bermasyarakat. Dunia pergaulan sangat penting dan lebih banyak bergaul dengan teman2 akan membantu otak kita bekerja. Berkumpul dan bercanda bersama teman bisa mengurangi stress dan ini akan berakibat pada berkurangnya beban otak.

  8. Istirahat yang cukup. Istirahat sangat penting untuk kesehatan. ” dan kami menjadikan malam agar kamu beristirahat”. itulah sepenggal ayat Allah betapa pentingnya istirahat bagi tubuh kita.

  9. Makanan atau Nutrisi. Makanan sangat berpengaruh pada kemampuan daya ingat. Pilih makanan yang baik dan sehat.

Bagaimana? Apakah anda sudah mengerti bagaimana cara meningkatkan daya ingat anda?. Silahkan dibaca ya guys.

Sumber Tulisan :
1. Definisi atau Pengertian Daya Ingat
2. AloDokter.Com
3. BBC Indonesia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *