Berbagi Inspirasi dan Solusi

Cara Kerja Mesin Pencari Google Dkk

Memahami cara kerja mesin pencari adalah hal yang sangat penting dikuasai oleh praktisi SEO terutama mereka yang terjun dalam bisnis SEO atau jasa SEO.

Praktisi SEO selalu meng - update informasi tentang sistem kerja mesin pencari terutama algoritma terbaru yang dikeluarkan atau isu-isu yang berkaitan dengan perubahan dan kebijakan mesin pencari.

Dengan memahami cara kerja mesin pencari tentu saja para pakar SEO akan selalu bisa mengatasi permasalahan yang ditimbulkan sebagai akibat dari perubahan kebijakan mesin pencari.
cara kerja mesin pencari
Bagaimana jika tidak memahami cara kerja mesin pencari?

" Tidak ada masalah anda faham atau tidak faham cara kerja mesin pencari jika anda hanya seorang blogger biasa saja seperti saya, tetapi jika anda ingin terjun dalam bisnis SEO, maka sangat penting"

Jadi, dengan tidak memahami cara kerja mesin pencari kita tetap bisa ngeblog?

" Ya. Bisa, siapa bilang tidak bisa "

Cara Kerja Mesin Pencari


Masa ini, banyak sekali mesin pencari yang cukup terkenal seperti ask, bing, myway, duck duck go, yahoo, yandex, baidu dan lain sebagainya namun google tetaplah raksasa mesin pencari dan menjadi salah satu mesin pencari yang paling banyak digunakan.

Bagaimana cara kita memahami mesin pencari?

Jawaban atas pertanyaan tersebut terletak pada apa yang harus kita ketahui lebih dahulu. Apa itu? Ya mesin pencari. Mesin pencari atau search engine adalah sebuah sistem yang diciptakan untuk menampilkan informasi dalam jaringan World Wide Web yang berada didalam sejumlah server.

Seperti hal nya anda yang merasa penasaran bagaimana cara kerja mesin pencari, saya pun demikian adanya. Maka, untuk menjawab rasa penasaran saya mengumpulkan berbagai informasi tentang cara kerja mesin pencari.

Dalam laman resmi google yang berjudul " How Google Search Works " dijelaskan tentang bagaimana cara mesin pencari bekerja.

https://youtu.be/BNHR6IQJGZs

Secara umum, ada 3 komponen utama sistem kerja mesin pencari yaitu :

  1. Crawling dan Indexing


  2. Pencarian dan Algoritma


  3. Fighting SPAM dan Respon yang berguna



Nah, ketiga komponen itulah yang bekerja terus menerus untuk menampilkan hasil yang diinginkan oleh pengguna.

Crawling dan Indexing


Crawling dan Indexing adalah proses awal cara kerja mesin pencari. Sebelum mesin pencari menampilkan hasil yang relevan, maka terlebih dahulu perlu dirayapi ( Crawling ) dan diindeks oleh robot atau dikenal dengan spider.

Untuk itu, sangat penting bagi pemilik website mempunyai peta situs agar robots dapat menghampiri website anda dan melakukan indeks terhadap laman website yang anda kelola.

Selain sitemap, yang tidak kalah penting yang harus ada dalam sebuah website adalah robots.txt.

Apa itu robots.txt?

Robots.txt adalah sebuah file yang berisi perintah index atau noindex, snipet atau nosnipet, ikuti atau jangan ikuti.

Crawling atau Perayapan


Proses yang paling awal yang dilakukan oleh mesin pencari adalah merayapi seluruh halaman website yang tersedia yang tidak diarsipkan secara terpusat. Ini seperti sebuah perpustakaan besar dimana triliunan buku tersebar. Maka, robot atau spider mesin pencari merayapi semua informasi atau mengumpulkan buku tersebut dalam satu arsip.

SpiderBot bekerja secara otomatis dan tanpa henti merayapi berbagai informasi yang masuk atau link yang sudah mati sekalipun akan dikumpulkan.

Pada tahap ini, anda bisa mencegah atau membiarkan spider mesin pencari untuk merayapi blog atau website anda dengan memasang robots.txt.

Pada fase ini juga, anda bisa submit link anda atau memberitahukan spiderbot bahwa anda mempunyai link baru dan perlu diindeks.

Anda bisa meminta spider bot untuk merayapi artikel terbaru anda dengan cara submit url atau add url. Caranya cukup mudah.

Ketik Add URL. Maka akan tampil sebuah laman, paste link anda dikolom yang disediakan dan silahkan klik add. Selesai...

Selain itu, ada cara yang cukup efektif adalah dengan memanfaatkan Fetch As Google di Webmaster Tools

Indexing


Masih dalam fase awal yaitu indexing. Indexing adalah proses pengumpulan informasi dan mengatur informasi yang didapatkan dari hasil crawling tadi.

Fase ini merupakan fase penyimpanan informasi, jika kita ibaratkan fase ini seperti lembaran buku yang sangat tebal dan banyak untuk kemudian disimpan dalam pusat data google.

Kemudian, dalam proses ini juga informasi disimpan dan diurutkan serta dikelompokkan sesuai dengan konten nya masing-masing.

Pencarian dan Algoritma


Proses yang kedua dalam sistem cara kerja mesin pencari adalah algoritma yaitu proses yang paling ditakutkan dan diperhatikan oleh praktisi SEO.

Kenapa sangat menjadi perhatian?

Pertama, dalam proses algoritma pencarian ini website dipilih dan dikelompokan serta di ranking untuk ditampilkan. Maka proses ini harus menjadi fokus utama praktisi SEO.

Kedua, dalam fase ini juga mesin pencari selalu berubah dari waktu ke waktu. disinilah perubahan algoritma google menjadi isu global.

Bagaimana Algoritma Pencarian Bekerja?


Anda menginginkan jawaban bagaimana algoritma pencarian google bekerja?. Sistem peringkat Google menyortir ratusan miliar laman website dalam indeks Penelusuran. Kemudian untuk memberi hasil yang bermanfaat dan relevan dalam sepersekian detik inilah algoritma google bekerja.

Sistem peringkat ini terdiri dari serangkaian algoritme yang menganalisis apa yang Anda cari dan informasi apa yang anda inginkan. Google selalu menyempurnakan algoritme untuk menilai penelusuran Anda dan hasilnya ditampilkan secara detail.

Jelasnya, berikut adalah bagaimana algoritma pencarian bekerja

1. Menganalisa Kata-Kata

Memahami arti pencarian sangat penting untuk memberikan jawaban yang paling baik atas kata-kata yang diketikan oleh pengguna. Jadi untuk menemukan halaman dengan informasi yang paling relevan, langkah pertama adalah menganalisis apa kata-kata dalam permintaan pencarian.

Algoritma mesin pencari google dibangun dengan model bahasa untuk mencoba menguraikan string kata-kata apa yang harus kita cari dalam indeks.

Ini melibatkan langkah-langkah yang tampaknya sederhana seperti menafsirkan kesalahan ejaan dan untuk mencoba memahami jenis kueri yang telah dimasukkan dengan menerapkan beberapa penelitian terbaru tentang pemahaman bahasa alami.

Sebagai contoh, sistem sinonim membantu Pencarian untuk mengetahui apa yang Anda maksud, bahkan jika suatu kata memiliki beberapa definisi. Sistem ini dikembangkan selama lima tahun dan secara signifikan meningkatkan hasil di lebih dari 30% pencarian di seluruh bahasa.

Selain itu, algoritma pencarian juga mencoba memahami kategori informasi apa yang dicari. Kategori informasi itu seperti :

  1. Apakah ini pencarian yang sangat spesifik atau pencarian yang luas?


  2. Adakah kata-kata seperti "ulasan" atau "gambar" atau "jam buka" yang menunjukkan kebutuhan informasi khusus di balik pencarian?


  3. Apakah Anda mencari kata kunci yang sedang tren yang menyiratkan Anda ingin konten dipublikasikan hari itu?


  4. Atau apakah Anda mencari bisnis terdekat dan ingin info lokal?



Intinya, algoritma pencarian google mampu memberikan hasil yang sangat relevan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

2. Mencocokan Pencarian

Setelah melalui proses analisis kata-kata atau keyword, selanjutnya akan ditampilkan laman web dengan informasi yang cocok dengan kueri.

Sebagai contoh, Ketika Anda mencari pada tingkat paling dasar, algoritma mencari istilah pencarian Anda itu didalam indeks untuk menemukan halaman yang sesuai.

Algoritma mesin pencari menganalisis seberapa sering dan di mana kata kunci tersebut muncul di halaman website, baik dalam judul, sub judul atau dalam teks / paragraf*).

3. Memberikan Peringkat Laman Website

Untuk kueri umum, ada ribuan bahkan jutaan halaman website dengan informasi yang berpotensi relevan. Jadi untuk membantu memberi peringkat laman terbaik maka ditulis algoritme untuk mengevaluasi seberapa berguna laman website tersebut dan dalam istilah SEO ini disebut dengan Dweling Time. Silahkan dibaca dalam Teknik SEO 2018

Algoritme Pencarian menganalisis ratusan faktor yang berbeda untuk mencoba memunculkan informasi terbaik yang ditawarkan oleh website anda mulai dari kesegaran konten hingga berapa kali istilah penelusuran muncul dan apakah laman memiliki pengalaman pengguna yang baik.

Untuk menilai kelayakan dan otoritas pada materi pokok yang diberikan oleh website maka algortima mencari situs yang tampaknya bernilai banyak pengguna untuk pertanyaan serupa.

Jika ada website lain yang relevan dan memberikan tautan balik pada subjek mengarah ke laman itu pertanda baik bahwa informasinya berkualitas tinggi.

Ini dikenal dengan backlink satu arah atau backlink relevan

Fighting SPAM
Ada banyak situs spam yang mencoba menjadi halaman pertama google melalui teknik mengulang kata kunci atau membeli backlink / tukar backlink. Backlink tersebut sangat tidak bermanfaat dan bahkan bisa dianggap SPAM.

Situs-situs ini memberikan pengalaman pengguna yang sangat buruk dan bahkan dapat membahayakan atau menyesatkan pengguna Google. Jadi algoritma ditulis untuk mengidentifikasi spam dan menghapus situs yang melanggar pedoman webmaster Google.

4. Mempertimbangkan Konteks Untuk ditampilkan

Informasi seperti lokasi Anda, riwayat pencarian sebelumnya dan pengaturan Pencarian semua diperhitungkan untuk menyesuaikan hasil dengan apa yang paling berguna dan relevan bagi Anda pada saat itu.

Algoritma menggunakan negara dan lokasi Anda untuk mengirimkan konten yang relevan yang sesuai dengan wilayah Anda.

Misalnya, jika Anda berada di Indonesia dan menelusuri "sepak bola", Google kemungkinan besar akan menampilkan hasil tentang sepak bola Indonesia dan TIMNAS INDONESIA di laman pertama. Sedangkan jika Anda mencari "sepak bola" di London, Google akan memberi peringkat hasil tentang sepak bola dan Liga Primer yang lebih tinggi. Pengaturan pencarian juga merupakan indikator penting yang hasil Anda mungkin menemukan berguna, seperti jika Anda mengatur bahasa pilihan atau memilih untuk ke Safe Search (alat yang membantu menyaring hasil eksplisit).

5. Menampilkan Hasil Terbaik

Sebelum hasil pencarian disajikan ke hadapan Anda, maka terlebih dahulu di evaluasi bagaimana semua informasi yang relevan itu cocok untuk Anda. Apakah hanya ada satu topik di antara hasil pencarian atau banyak sekali topik? Apakah ada terlalu banyak halaman yang berfokus pada satu interpretasi yang sempit?

Respon yang berguna


Website terus berkembang dengan jutaan halaman website baru diterbitkan setiap detik. Itu tercermin dalam hasil yang Anda lihat di Google Penelusuran.

Mesin pencari terus merayapi website untuk mengindeks konten baru. Bergantung pada permintaan Anda, beberapa halaman hasil berubah dengan cepat, sementara yang lain lebih stabil.

Misalnya, ketika Anda mencari skor terbaru pertandingan olahraga, maka mesin pencari harus melakukan pembaruan terbaru, sementara hasil tentang tokoh historis mungkin tetap statis selama bertahun-tahun pada suatu waktu.

Hari ini, Google menangani triliunan penelusuran setiap tahun. Setiap hari, 15% pertanyaan yang diproses adalah yang belum pernah ada sebelumnya.

Membangun algoritma Penelusuran yang dapat memberikan hasil paling bermanfaat untuk semua kueri ini adalah tantangan rumit yang memerlukan pengujian dan investasi kualitas berkelanjutan.
Tag : Blogging
4 Komentar untuk "Cara Kerja Mesin Pencari Google Dkk"

Visitor Rating: 5 Stars

Visitor Rating: 5 Stars

Visitor Rating: 5 Stars

[…] tak diragukan lagi fakta ini memaksa raksasa mesin pencari terbesar itu harus merubah cara kerja mesin pencari mereka dan lebih fokus pada penelusuran […]

Ajukan Pertanyaan Anda Disini?

Back To Top