SEO TipsPelajari bagaimana SEO bekerja untuk situs Anda!

SEO Seluler: sebagai Teknik SEO 2018

SEO seluler atau Mobile SEO bagi pemula mungkin merupakan istilah asing dan untuk itu Anda perlu panduan meningkatkan SEO Seluler dan memberi tahu apa yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan lalu lintas organik dari penelusuran seluler.

Dan mungkin Anda bertanya ” Apa itu SEO Seluler ?

Baiklah, sebelum materi SEO Seluler ini dilanjutkan pada tahap yang lebih serius saya menekankan kepada Anda bahwa SEO Seluler atau Mobile SEO adalah teknik SEO yang sangat efektif.

Dalam materi ini, Anda akan mengetahui beberapa hal penting. Pertama, apakah SEO Seluler itu penting untuk blog Anda dan yang kedua bagaimana cara menciptakan SEO Seluler?

Wow, ini sepertinya sangat menarik

Siapkan mental Anda, mari kita lanjutkan

SEO Seluler: Apakah penting?

Pertanyaan yang bagus, mari kita cari tahu apakah SEO Seluler benar-benar penting untuk meningkatkan traffic blog anda dan seberapa besar pengaruhnya terhadap blog Anda.

Mari kita bicara data dan fakta. Studi terbaru mengungkapkan bahwa 58% pencarian kini dilakukan oleh seluler dan ini berarti sisanya 42% diakses dari dekstop.

Google mengatakan bahwa ada 27 miliar kueri penelusuran diakses oleh seluler. Ini benar-benar fakta yang sangat mengagumkan.

Dan tak diragukan lagi fakta ini memaksa raksasa mesin pencari terbesar itu harus merubah cara kerja mesin pencari mereka dan lebih fokus pada penelusuran seluler.

Hal tersebut adalah sinyal bahwa SEO Seluler sangat penting karena membantu Anda menjangkau pelanggan Anda di tempat yang tepat pada waktu yang tepat dan dan memberi mereka pengalaman terbaik.

Lalu lintas seluler kini telah melampaui lalu lintas desktop. Setiap hari, semakin banyak orang yang menemukan keuntungan luar biasa dari smartphone dan bagaimana keterikatan kita dengan smartphone.

Banyak orang menyebut bahwa smartphone sebagai perpanjangan dari diri mereka sendiri dan bahkan yang paling mengerikan adalah mereka tidak dapat hidup tanpa smartphone.

Melihat fenomena tersebut, maka untuk menjangkau orang-orang ini, Anda memerlukan strategi SEO seluler.

Studi telah menemukan bahwa orang sering menggunakan ponsel mereka untuk mencari informasi dengan cepat dan lebih mudah. Mereka menggunakannya untuk menginformasikan tentang produk sebelum membuat keputusan untuk membeli sesuatu.

Alasannya cukup simple, Anda dan saya bisa mencari informasi apa saja, kapan saja, di mana saja.

Menurut penelitian oleh Google, pengguna ponsel cerdas memiliki minat beli yang lebih tinggi daripada pengguna desktop. Mereka sangat fokus dan siap menjadi pembeli produk Anda.

Apa itu SEO Seluler?

SEO Seluler adalah praktik mengoptimalkan website Anda untuk pengguna ponsel cerdas dan tablet. Pengoptimalan seluler juga termasuk membuat sumber daya website Anda dapat diakses oleh spider mesin telusur.

..dan kemudian muncul suatu masalah baru. “Apakah SEO sekarang fokus pada konten SEO Seluler?”

Ya, jika dekstop sudah benar-benar punah dari dunia ini dan kenyataannya tidak. Dekstop menguasai 5% istilah penelusuran.

Studi GSMA terbaru mengatakan bahwa pada tahun 2017 pengguna ponsel cerdas mencapai 5 miliar orang dan ini jumlah yang sangat besar. Bayangkan, seandainya diambil 30% saja dari mereka yang menggunakan internet, berapa banyak lalu lintas yang dihasilkan?

Apakah SEO Dekstop menjadi tidak penting?

Dikutip dari laman resmi Yoast SEO bahwa ada perbedaan yang cukup signifikan antara SEO Dekstop dengan SEO Seluler. Anda ingin menjangkau audiens Anda dan ingin mentargetkan mereka sebagai pengunjung website anda dan apa bila anda seorang marketer anda ingin mengubahnya menjadi pelanggan yang membayar.

Dalam beberapa hal, taktik desktop SEO juga berfungsi untuk SEO seluler, tetapi dalam bentuk yang sedikit berbeda. Tiga tema SEO utama masih berlaku: fokus pada kinerja, pengalaman pengguna, dan konten atau artikel berkualitas.

Perbedaannya, dalam SEO desktop biasanya lebih fokus pada masyarakat umum, sementara SEO seluler lebih fokus pada pembeli/buyer yang mampu mengkonversi kueri penelusuran menjadi uang.

Awal Mula SEO Seluler

SEO Seluler atau Mobile SEO bukan hal yang baru dalam kancah SEO. Para praktisi SEO sudah memperkirakan bahwa algoritma google akan lebih fokus pada konten seluler.

Pada tanggal 22 April 2015 Google secara resmi telah merilis algoritma khusus dengan fokus konten seluler yang dinamakan MobileGeddon. Pembaharuan algoritma google MobileGeddon untuk menghukum website yang tidak mobile friendly

Ini artinya sudah 3 tahun berlalu konten seluler menjadi perhatian serius Google dan terbukti pada tahun 2018 ini Google sudah melakukan update algoritma terbaru sebanyak 4 kali.

NoNamaTanggal RilisKeterangan
1Unnamed Update20 Februar1 2018Tidak di konfirmasi
2"Brackets" Core Update
7 Maret 2018Dikonfirmasi
3Zero-result SERP Test14 Maret 2018Dikonfirmasi
4Mobile-First Index Roll-out
26 Maret 2018Tidak DIkonfirmasi

dan tidak menutup kemungkinan akan disempurnakan di masa depan.

Apa itu Mobile-First Index

Walau secara resmi belum dikonfirmasi oleh pihak Google bahwa mereka telah melakukan update algoritma google Mobile-First Index tetapi para pakar SEO berpendapat bahwa Google telah merilis algoritma terbaru mereka.

Bagaimana Mobile-First Index bekerja?

Mobile-First Index bekerja sesuai dengan device yang digunakan oleh pengguna. Mobile-First Index merangking hasil penelusuran hanya berdasarkan versi halaman seluler.

….ini berbeda dengan versi dekstop.

Ketika anda lebih cermat dan teliti maka bandingkan hasil penelusuran Anda antara versi mobile dan versi dekstop.

Anda akan menemukan hasil yang berbeda, seperti 2 mata pisau…..

Versi dekstop untuk versi dekstop dan versi seluler untuk versi seluler

Ini menjadi sangat penting ketika Google mengumumkan bahwa website dengan versi ramah seluler mendapat perhatian lebih. Ketika website Anda dibangun dengan dua versi yang berbeda maka besar kemungkinan anda adalah kompetitor hebat.

Praktik Terbaik dalam Menerapkan SEO Seluler/Mobile SEO

Bab ini adalah bagian yang paling penting dalam teknik SEO. Pada Bab ini juga akan dijelaskan dari mana Anda harus memulai dan apa yang harus Anda lakukan.

Situs web Anda mesti dioptimalkan untuk versi seluler dengan memenuhi beberapa unsur dibawah ini

  1. Sumber daya dapat dimuat di semua perangkat
  2. Tidak menyembunyikan konten di versi seluler
  3. Fast loading
  4. Memiliki tautan dan pengalihan internal yang berfungsi
  5. Menerapkan UX yang dioptimalkan pada perangkat apa pun

Apa sebenarnya perangkat seluler itu?

Anda pasti beranggapan bahwa yang dimaksud dengan seluler adalah semua ponsel pintar. Itu ada benarnya, tetapi tepatnya perangkat seluler terbagi ke dalam dua kategori yaitu Mobile dan Tablet.

  1. Mobile atau dikenal dengan device mobile merujuk pada smartphone pintar yang dijalankan dengan sistem Android, iOS, atau Windows Phone.
  2. Tablet sebenarnya termasuk dalam mobile devices namun mempunyai layar yang lebih lebar

Keuntungannya, Mobile SEO tidak begitu rumit dan hanya terbatas pada tiga aspek utama untuk membuat situs web Anda ramah seluler.

Apa yang harus saya lakukan untuk menerapkan SEO seluler?

Pertama……

Responsive Web Design / RWD

Telah disinggung diatas bahwa update algoritma google tahun 2015 adalah salah satunya mobilegeddon yang mengharuskan seluruh situs web mempunya tampilan mobile friendly atau ramah seluler.

RWD berarti laman tersebut menggunakan URL dan kode yang sama baik pengguna menggunakan komputer desktop, tablet, atau ponsel – hanya tampilannya yang menyesuaikan atau “merespons” berdasarkan ukuran layar.

…tetapi

URL terpisah lebih memungkinkan meningkatkan SEO secara sempurna.

Bagaimana cara membuat desain responsive?

Anda tidak perlu bingung karena untuk platform blogger telah disediakan versi seluler. Jika anda bukan pengembang website dan bukan ahli tidak perlu ragu akan hal ini.

Desain responsive ditandai dengan meta viewport seperti

<meta name="viewport" content="initial-scale=1, maximum-scale=1">

atau kode

&amp;amp;lt;meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0"&amp;amp;gt;

Bagaimana Cara Saya Mengetahui Website dengan Responsive Desain?

Cukup mudah dan bisa anda lakukan kapan pun. Anda dapat melihat desain website anda jika diakses dengan device yang berbeda-beda.

Pertama, silahkan cek responsive desain website anda di link ini http://responsivedesignchecker.com/

SEO Seluler

Kedua, anda bisa ketahui apakah situs web anda ramah seluler. Lakukan uji Mobile friendly.

Klik Mobile Friendly Test

mobile friendly test

KETIGA, cek versi amp. Klik https://search.google.com/test/amp

SEO Seluler
AMP Test

Dinamic Serving

Apa itu penyajian dinamis dan apa fungsinya? Bagaimana ia bekerja kepada Anda? Dikutip dari laman resmi google bahwa yang dimaksud penyajian dinamis ( dinamic serving ) adalah :

penyiapan dengan server yang menanggapi HTML (dan CSS) yang berbeda di URL yang sama, tergantung pada agen pengguna yang meminta laman.

Karena pengubahan HTML untuk agen pengguna seluler oleh situs tidak langsung terlihat dalam penyiapan ini (konten seluler “tersembunyi” saat dirayapi dengan agen pengguna desktop), sebaiknya server mengirimkan petunjuk guna meminta agar Googlebot untuk ponsel cerdas juga merayapi laman, sehingga menemukan konten seluler. Petunjuk ini diterapkan menggunakan header HTTP Vary.

Anda perlu menambahkan header Vary agar Google merayapi situs Anda. Dengan cara ini, Google segera mengetahui bahwa ia akan menerima file yang dioptimalkan untuk seluler dari tempat lain. Header Vary muncul seperti ini ketika browser membuat permintaan.

GET /page-1 HTTP/1.1
Host: www.example.com
(...rest of HTTP request headers...)

HTTP/1.1 200 OK
Content-Type: text/html
Vary: User-Agent
Content-Length: 5710
(... rest of HTTP response headers...)

URL Terpisah

Opsi ketiga adalah membuat URL terpisah. maksudnya begini, Anda membedakan URL untuk dekstop dan URL untuk seluler. Sebagai contoh anda menggunakan m. domainanda.com untuk versi mobile dan www.domainanda.com untuk versi dekstop.

Seperti halnya blog ini…

Jika anda akses melalui perangkat seluler maka anda akan dialihkan pada versi seluler dengan URL

https://www.thecrazyperfect.com/seo-lengkap/amp

sedang…

Jika anda akses melalui browser desktop maka secara otomatis di redirect ke non amp.

Versi seluler dan Dekstop mempunya tampilan berbeda dan url berbeda. Ini yang saya katakan sebagai dua mata pisau

Apakah ini bagus untuk SEO?
Google mendukung metode ini, tetapi hanya jika Anda membuat koneksi yang benar antara domain desktop dan domain seluler. Gunakan rel = “alternate” dan rel = “canonical” untuk memberi tahu Google bagaimana halaman-halaman ini terhubung.

Apakah 3 komponen diatas sudah cukup untuk SEO Seluler?

Ya,, tapi ada satu lagi yang sangat penting yaitu kecepatan website Anda. Pada artikel belajar SEO telah saya jelaskan bagaimana teknik dasar SEO ini diterapkan.

Terakhir….

Saya ingin mengatakan dan mengucapkan terima kasih atas apresiasi Anda. Berikan yang terbaik untuk kami agar karya kami terus berkibar.

Demikian artikel tentang SEO Seluler atau Mobile SEO sebagai Teknik SEO 2018 ini ditulis dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi Anda yang ingin belajar SEO lengkap website. Terima kasih

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *