Arti PANSOS: Kata-Kata Gaul Jaman Sekarang

Pansos alias Panjat Sosial bukan istilah yang baru akan tetapi istilah ini baru menjadi trending topik di media sosial baru-baru ini. Pansos adalah kata-kata gaul jaman sekarang yang sering dituturkan oleh warga medsos sebagai suatu " Cibiran" atas status orang lain di media sosial.

Saya sering sekali menemukan istilah pansos dalam komentar seseorang di facebook dan ini menjadi salah satu tanda tanya besar bagi saya.

Apa sebenarnya arti pansos ini?

Arti Pansos dalam Bahasa Gaul


Bahasa dan kata-kata memang akan selalu berkembang apa lagi bahasa gaul atau kata-kata gaul. Selalu akan ditemukan istilah-istilah atau kata-kata baru oleh kids jaman now dan contohnya adalah pansos.

Sudah banyak kata-kata gaul yang kita kenal seperti baper, gabut, swag, coeg , kepo, kamseupay dan masih banyak lagi deh pokoknya.

Pansos adalah

Mungkin kamu sudah penasaran apa pengertian pansos dan yuks mari kita simak penjelasan singkat dibawah ini.

Pansos adalah Singkatan


Awalnya saya berpikiran bahwa pansos adalah singkatan dari panti sosial atau panitia sosial karena agak mirip-mirip gitu dan ternyata dugaan itu meleset jauh dari akronim yang sebenarnya.

Berdasarkan dari sumber yang saya baca di brilio.net, istilah pansos berawal dari luar negeri sanah yaitu Social Climber.

Social Climber jika ditranslate kedalam bahasa indonesia menjadi pendaki sosial atau pemanjat sosial.

Maka, berdasarkan kaidah bahasa indonesia yang baku istilah social climber dalam bahasa indonesia adalah panjat sosial ( pansos ).

Udah tahu kan singkatan pansos itu apa? Ya, pansos singkatan dari panjat sosial.

Bukan panjat pinang....

Pengertian Pansos dalam Bahasa Gaul


Pengertian pansos adalah suatu sikap yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan mendapatkan pengakuan atau perhatian.

Panjat Sosial adalah suatu cara untuk menunjukan eksistensi seseorang dan menunjukan bahwa seseorang itu lebih dari siapa pun.

atau...

Dalam istilah lain pansos adalah miskin belaga kaya. Artinya, seseorang yang berusaha menunjukan dirinya orang kaya padahal itu hanya ilusi nya saja.

Pengertian pansos yang lain adalah orang yang berusaha mendapatkan pengakuan sosial yang lebih tinggi dengan cara-cara diluar nalar atau logika seperti buat status yang kontroversial atau semacamnya.

Ciri-Ciri Orang Pansos


Pada intinya orang yang mempunyai sikap pansos adalah ingin mendapatkan pengakuan dan untuk itu mereka melakukan hal-hal diluar batas.

Pansos bukan saja berlaku di dunia maya akan tetapi juga di dunia nyata. Kita dapat mengenali mereka dari ciri-cirinya.

Ciri-ciri orang pansos adalah:

  1. Selalu Modis: Dari segi penampilan mereka selalu tampil modis dan kekinian. Berdandan menor kayak vampire.

  2. Show Of: Selalu ingin menunjukan sisi lebih yang dimiliki baik itu rumah, kendaraan, atau tempat yang dikunjungi.

  3. Aktif 24 Jam di Sosmed: Ini mungkin sedikit berlebihan, tetapi ada sedikit benarnya juga

  4. Membuat Status yang Sensasional atau Kontroversial: Hanya karena ingin tenar banyak orang yang bikin status kontroversial.

  5. Tertutup: Pada intinya orang yang terkena penyakit ini adalah pribadi yang tertutup dalam kehidupan sehari-hari. Informasi pribadi mereka ditutup serapat mungkin.

  6. Merasa Paling Pintar: Selalu menganggap orang lain tidak lebih pintar darinya.

  7. Sombong: Besar kepala dengan pamer perhiasan mewah.

  8. Hobi Selfie


Nah, apabila kamu menemukan orang dengan ciri-ciri diatas, segera hubungi psikiater terdekat

Kesimpulan


Dalam kehidupan manusia tidak jarang banyak orang yang belaku ingin selalu diatas, ingin terkenal dan tentu saja ingin menjadi kaya.

Akan tetapi, semua rezeki sudah diatur.

Dalam berbagai kasus yang terjadi, banyak yang tercyduk hanya karena status facebook yang mengandung unsur SARA atau menyudutkan suatu golongan dan ini bertentangan dengan Undang Undang nomor 11 tahun 2008 tentang ITE atau Informasi dan Transaksi Elektronik sehingga harus berurusan dengan hukum.

Pansos adalah penyakit kejiwaan dan merupakan salah satu faktor penyebab social crash.

Social Climber atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan istilah pansos adalah orang caper atau carmuk alias cari muka. Mereka ingin mendapatkan pengakuan sosial dengan cara-cara yang tidak wajar. Bahkan ada yang bertindak nekat dan diluar batas.

Bagi kamu yang merasa mempunyai ciri-ciri diatas, sebaiknya dari sekarang mulai dikurangin dech karena itu tidak baik.

Demikian ulasan tentang " Arti PANSOS: Kata-Kata Gaul Jaman Sekarang " ini selesai ditulis dengan perubahan seperlunya.
BERIKAN KOMENTAR ()