Jumlah Kapal Induk Amerika Saat ini


Banyak orang yang bertanya berapa banyak jumlah kapal induk amerika pada saat ini dan seperti apa penampakan kapal induk amerika. Mereka mencari informasi tentang banyaknya kapal induk milik Amerika yang merupakan militer terkuat di dunia saat ini.





Pada era ini, Amerika memang dikenal sebagai negara adi daya dan hegemoninya sangat terasa di semua negara. Amerika merupakan negara yang paling kuat militernya sebagaimana dikutip dari GlobalFirePower.com. 





Jumlah Kapal yang dimiliki amerika sangat banyak terutama kapal tempur. 





Menurut data yang dikeluarkan oleh GlobalFirePower.com, Jumlah pesawat tempur amerika pada saat ini secara keseluruhan adalah 1962 buah.





Lalu, berapakah jumlah kapal induk Amerika pada saat ini?





Sebelum kita masuk pada pokok pembahasan, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu Kapal Induk?





Menurut Wikipedia, Kapal Induk adalah sebutan untuk kapal perang yang memuat pesawat tempur dalam jumlah besar.





Kapal induk bertugas untuk memindahkan kekuatan udara ke dalam armada angkatan laut sebagai pendukung operasi-operasi angkatan laut.





Selain itu, Kapal Induk  juga digunakan sebagai pusat komando operasi dan sebagai kekuatan detterence atau memberikan efek gentar pada lawan atau musuh.





Jumlah Kapal Induk Di Dunia Saat Ini





Jika ada yang bertanya, berapa jumlah kapal induk di dunia saat ini? 





Berdasarkan referensi yang berhasil dikumpulkan oleh thecrazyperfect.com, jumlah kapal induk di dunia pada saat ini berjumlah 42 unit.





Jumlah Kapal Induk Amerika





Amerika sebagai salah satu kekuatan global memegang peranan penting dalam perdamaian dan kedamaian di dunia ini.





Namun kadang amerika juga bersikap sedikit arogan.





Jumlah Kapal Induk Amerika pada saat ini adalah 20 buah dengan rincian sebagai berikut:





USS Gerald R Ford





Jumlah Kapal Induk Amerika USS Gerald Ford
USS Gerald Ford




USS Gerald R. Ford dibangun pada bulan November 2009 dan selesai pada bulan Oktober 2013. Kapal Ini secara resmi ditugaskan pada tahun 2017.





USS Harry S Truman





USS Harry S Truman
USS Harry S. Truman




USS Harry S. Truman (CVN-75) adalah kapal induk kelas Nimitz kedelapan dari Angkatan Laut Amerika Serikat, dinamai Presiden ke-33 Amerika Serikat, Harry S. Truman. Callsign kapal adalah Lone Warrior, dan dia saat ini homeported di Naval Station Norfolk, Virginia.





Harry S. Truman diluncurkan pada 14 September 1996 oleh Newport News Shipbuilding, Newport News, Virginia, dan ditugaskan pada tanggal 25 Juli 1998 dengan Kapten Thomas Otterbein





USS Nimitz





USS Nimitz




USS Nimitz (CVN-68) adalah supercarrier dari Angkatan Laut Amerika Serikat, dan kapal pemimpin di kelasnya. Nimitz merupakan salah satu kapal perang terbesar di dunia.





Kapal dinamakan untuk komandan armada Perang Dunia II Pasifik Chester W. Nimitz, sebagai laksamana armada ketiga angkatan laut.





USS Nimitz berpangkalan di Naval Station Norfolk sampai tahun 1987, ketika ia pindah ke Puget Sound Naval Shipyard di Bremerton, Washington.





USS Dwight D. Eisenhower





USS Dwight D. Eisenhower
USS Dwight D. Eisenhower




USS Dwight D. Eisenhower adalah kapal induk bertenaga nuklir saat ini dalam pelayanan dengan Angkatan Laut Amerika Serikat. Ditugaskan pada tahun 1977, kapal adalah yang kedua dari sepuluh kapal induk kelas Nimitz saat ini dalam pelayanan, dan merupakan kapal pertama bernama setelah Presiden ke-34 Amerika Serikat, Dwight D. Eisenhower.





USS George H.W. Bush





USS George H.W. Bush adalah kapal induk amerika seri ke sepuluh dari kelas nimitz. Kapal ini diambil dari nama presiden Amerika ke-41 yaitu George H.W. Bush dan merupakan mantan penerbang Angkatan Laut Amerika (Navy Seal) selama perang dunia II.





Kapal dengan panjang 1.092 kaki ini mempunyai kecepatan tertinggi 30 knot dan berat 100.000 ton yang merupakan kapal perang terbesar di dunia.





USS George H.W. Bush
USS George H.W. Bush Sedang Berlayar di Samudera Atlantik




USS John C. Stennis





Jumlah kapal induk amerika




Merupakan supercarrier bertenaga nuklir kelas Nimitz ketujuh di Angkatan Laut Amerika Serikat, nama untuk Senator John C. Stennis Mississippi. 





Kapal ini mulai bertugas untuk militer amerika tahun 1995 dengan kecepatan puncaknya 30 knot atau setara dengan 56 km per jam.





USS George Washington





USS George Washington (CVN-73) adalah kapal induk ("supercarrier") bertenaga nuklir Angkatan Laut Amerika Serikat, pembawa keenam di kelas Nimitz dan kapal Angkatan Laut AS yang keempat dinamai George Washington, presiden pertama Amerika Serikat. 





USS George Washington
USS George Washington




Kapak Induk ini dibangun oleh Newport News Shipbuilding dan ditugaskan pada 4 Juli 1992.





USS Theodore Roosevelt





Theodore Roosevelt dikenal juga dengan panggilan T.R., dan di kalangan masyarakat dikenal dengan Teddy (walaupun ia sendiri tidak menyukai nama panggilan ini).





jumlah kapal induk amerika




Nama boneka mainan beruang Teddy, dinamakan menurut presiden ini karena suatu kali pada saat berburu ia menolak membunuh seekor anak beruang.





Theodore Roosevelt adalah presiden Amerika ke-26 dan menjadi nama salah satu kapal induk milik AS yaitu USS Theodore Roosevelt.





USS Theodore Roosevelt (CVN-71)  adalah kapal induk kelas Nimitz keempat dan mulai bertugas pada tahun 1984.





Kesimpulan





Jumlah kapal induk amerika secara adalah 20 buah berdasarkan data dari GlobalFirePower.com. Namun dalam artikel ini kami tidak membahas dan memberikan gambaran jumlah kapal induk amerika semuanya.





Dalam artikel ini hanya diulas 8 kapal induk saja karena keterbatasan kuota internet.













Demikian artikel yang kami beri judul "Jumlah Kapal Induk Amerika Saat ini" dibuat dan semoga bermanfaat bagi kita semuanya.


BERIKAN KOMENTAR ()