Anda Blogger? Anda butuh ilmu yang dinamakan SEO dan penting bagi seorang blogger untuk Belajar SEO. Dalam artikel ini akan dibahas tentang ilmu SEO lengkap. Anda sangat membutuhkan artikel ini karena ini sangat penting bagi anda.

Artikel Belajar SEO yang saya tulis adalah panduan paling lengkap dalam mendalami SEO pada tahun 2018 ini. Kenapa dikatakan lengkap? Karena anda akan diajak menyelami dalamnya SEO yang belum anda ketahui secara real.
SEO Lengkap
Perlu anda ketahui bahwa banyak sekali artikel yang membahas tentang SEO baik itu artikel dalam bahasa inggris atau dalam bahasa indonesia.

Untuk tingkat internasional atau artikel bule, saya lebih suka atau lebih sering membaca artikel yang milik neil patel atau saya sering baca juga backlinko.

Untuk lokal, saya sangat tertarik dengan ulasan yang dibuat panduanIM yang menurut saya sangat menarik walau saya harus menafsirkan bahasa yang begitu kompleks.

SEO Lengkap. Panduan paling Fenomenal

Belajar SEO adalah hal yang paling dan sangat membosankan serta rumit karena SEO itu dinamis.

Ya, ilmu SEO itu dinamis karena 1 hal yaitu “Algoritma”.

Anda belajar SEO berarti anda sedang menaklukan algoritma mesin pencari yang dibuat serumit mungkin untuk menghasilkan tingkat relevansi yang tinggi.

Maksudnya begini, jika anda ingin belajar SEO maka satu hal penting yang tidak boleh anda lewatkan dan harus anda lakukan yaitu MELAWAN RASA BOSAN.

Kenapa anda harus melawan rasa bosan? Simple, SEO tidak singkat…

…dan ini artinya anda akan belajar cukup lama untuk mendalami SEO.

Ada beberapa kasus yang saya temukan terutama dari teman2 pemula yang ingin belajar SEO dan bertanya kepada saya.

A. Gan, saya ingin belajar SEO?
Q. Boleh.. tapi saya sarankan harus sabar
A. Iya gan…

Eh.. baru 1 minggu udah nyerah…

Kembali pada topik utama, ada 6 materi yang akan saya sampaikan dalam artikel BELAJAR SEO LENGKAP ini yaitu :

  1. Konsep Dasar SEO
  2. Mengenal Algoritma Mesin Pencari
  3. Mengenal On Page SEO
  4. Riset Kata Kunci
  5. Mengisi Konten
  6. Mengenal Off Page SEO

Saya rasa, sangat cukup bagi anda untuk menyelami lautan SEO jika anda menguasai 6 materi yang anda baca ini.

1. Konsep Dasar SEO

Saya sering mengatakan berkali-kali bahwa SEO itu sebenarnya sederhana namun tidak instant. Mereka yang berfikir SEO itu rumit itu karena mereka menyulitkan diri sendiri.

Kalau bisa dibuat gampang, ngapain dibuat susah

Saya menemukan video yang sangat menarik tentang SEO. Simak video ini baik2 dari Ibrahim Vatih.

Berdasarkan penjelasan yang disampaikan dalam video diatas, apakah anda sudah memahami apa sih sebenarnya SEO itu?

Lanjut…. anda masih bingung, baiklah akan saya perjelas lagi..

Apa Itu SEO?

SEO merupakan akronim dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan optimasi mesin pencari.

Pengertian SEO tidak terbatas pada optimasi mesin pencari saja tetapi mempunyai ruang lingkup yang luas. Dalam kajiannya, SEO tidak bergerak sendiri tetapi SEO itu digerakkan oleh algoritma yang ditulis oleh pemilik mesin pencari.

SEO adalah sebuah upaya untuk menampilkan website atau blog agar tampil di halaman pertama google atau halaman pertama mesin pencari.

Jadi, pada intinya SEO adalah upaya atau aktifitas yang disertai pengetahuan untuk optimasi mesin pencari agar si pemilik website mudah ditemukan atau tampil di halaman pertaman google.

Kenapa Harus SEO?

Mesin pencari seperti Bing, Yahoo, Goolge, Yandex adalah sebuah produk dan didalamnya ada bisnis, tepatnya bisnis informasi.

Jika kita mempelajari sejarah SEO atau flash back pada beberapa tahun ke belakang, maka akan ditemukan bahwa SEO awalnya tidak ada.

SEO adalah ilmu baru yang berkembang bersama teknologi mesin pencari dan ini dimanfaatkan sebagai bisnis digital yang sangat menjanjikan.

Terbukti, google adalah salah satu website yang berpendapatan paling tinggi di dunia dan membawa pendirinya menjadi konglomerat terkaya di dunia.

Bisnis selalu identik dengan kompetisi, siapa kalah dia tumbang dan siapa menang dia akan berjaya.

Nah, dengan istilah SEO ini mesin pencari menjual produk mereka kepada anda dan saya. SEO adalah konsep pasar untuk menampilkan yang terbaik baik itu mesin pencari atau website.

….lalu bagaimana dengan website kita?

1. apakah harus SEO juga?

Ya harus.

2. Bagamaimana cara membuat SEO pada website?

Nanti dulu, kita belajar step by step ya gan…..

Contoh SEO

Seperti apa sih SEO? dan berikan contoh SEO?. Pernahkah anda mencari sesuatu di google? Saya yakin kids jaman now sudah pasti jawabannya serempak… PERNAH..

Hanya sekedar ilustrasi, saya mau membeli mobil bekas dan saya ingin mencari informasi mobil bekas. Saya buka heng pong saya dan saya ketik ” Cara Memilih Mobil Bekas Murah “, “Ciri mobil bekas yang masih bagus” dan Pusat penjualan mobil bekas.

Dari contoh kasus diatas, saya butuh informasi yang lengkap agar saya tidak salah dalam memilih mobil nanti. Saya ketik kata kunci pertama yaitu ” cara memilih mobil bekas ”

SEO

Dari gambar diatas, anda dapat melihat lingkaran sebagai tanda contoh artikel SEO.

2. Mengenal Algoritma Mesin Pencari

Algoritma merupakan suatu urutan dari beberapa langkah yang logis guna menyelesaikan masalah. Algoritma berisi instruksi dan komputasi untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.

Algoritma bekerja secara sistematis dan otomatis sesuai dengan perintah saat algoritma itu ditulis. Begitu juga dengan google yang menggunakan algoritma khusus untuk crawling, filter, choosing dan showing.

Algoritma adalah suatu mekanisme perhitungan yang melibatkan banyak faktor di dalamnya untuk menghasilkan suatu fungsi atau keluaran logis dan dalam hal ini terdiri dari 2 unsur yaitu input dan output.

Input atau masukan berupa keyword dan outputnya adalah beberapa kumpulan link website yang disebut dengan SERPs atau serach engine result pages.

Sejarah Perkembangan Algoritma Google

Dikutip dari laman resmi moz bahwa google sudah melakukan update algoritmanya sejak tahun 2000 yang dikenal dengan google toolbar.

2 tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 01 September 2002 google kembali merilis update algoritmanya yang dinamakan dengan 1st Documented Update.

Untuk lebih mengenal dan memahami update algoritma google, silahkan lihat tabel dibawah ini :

NoNamaTahunKeterangan
1Google Toolbar01 Desember 2000Confirmed
21st Documented UpdateSeptember 1, 2002Unconfirmed
3Boston
February 1, 2003Confirmed
4CassandraApril 1, 2003Google cracked down on some basic link-quality issues, such as massive linking from co-owned domains. Cassandra also came down hard on hidden text and hidden links
5DominicMay 1, 2003While many changes were observed in May, the exact nature of Dominic was unclear. Google bots "Freshbot" and "Deepcrawler" scoured the web, and many sites reported bounces. The way Google counted or reported backlinks seemed to change dramatically.
6EsmeraldaJune 1, 2003This marked the last of the regular monthly Google updates, as a more continuous update process began to emerge. The "Google Dance" was replaced with "Everflux". Esmerelda probably heralded some major infrastructure changes at Google.
7FritzJuly 1, 2003The monthly "Google Dance" finally came to an end with the "Fritz" update. Instead of completely overhauling the index on a roughly monthly basis, Google switched to an incremental approach. The index was now changing daily.
8Supplemental Index September 1, 2003In order to index more documents without sacrificing performance, Google split off some results into the "supplemental" index. The perils of having results go supplemental became a hotly debated SEO topic, until the index was later reintegrated.
9FloridaNovember 1, 2003This was the update that put updates (and probably the SEO industry) on the map. Many sites lost ranking, and business owners were furious. Florida sounded the death knell for low-value late 90s SEO tactics, like keyword stuffing, and made the game a whole lot more interesting.
10AustinJanuary 1, 2004What Florida missed, Austin came in to clean up. Google continued to crack-down on deceptive on-page tactics, including invisible text and META-tag stuffing. Some speculated that Google put the "Hilltop" algorithm into play and began to take page relevance seriously.
11BrandyFebruary 1, 2004Google rolled out a variety of changes, including a massive index expansion, Latent Semantic Indexing (LSI), increased attention to anchor text relevance, and the concept of link "neighborhoods." LSI expanded Google's ability to understand synonyms and took keyword analysis to the next level.

Dari sekian banyak update algoritma google pada dasarnya tujuannya cuma 1 yaitu MENAMPILKAN HASIL YANG PALING RELEVAN yang sesuai dengan input.

Sistem Kerja Algoritma Google

Anda mungkin pernah bertanya, bagaimana cara kerja algoritma google? dan bagaimana mereka memilih milyaran laman website dan menampilkannya dalam waktu singkat.

Secara umum, ada tiga langkah yang dilakukan oleh sistem pencarian Google yaitu:

  1. Crawling & Indexing
  2. Algoritma
  3. Fighting Spam

Dikutip dari laman resmi google yaitu ” How Google Search Works ” dikatakan bahwa sistem kerja mesin pencari merupakan sistem kerja yang rumit dan kompleks.

Proses awal yang dilakukan oleh mesin pencari adalah meng – crawl yaitu suatu proses perayapan triliunan laman website yang terdapat dalam sitemap pemilik website.

Silahkan simak video dibawah tentang bagaimana sistem mesin pencari bekerja

Diatas adalah video penjelasan singkat bagaimana sistem kerja mesin pencari dalam menampilkan laman website. Nah, selengkapnya anda bisa membaca dalam materi Cara Kerja Google Search Engine

3. Mengenal On Page SEO

Pengertian dari On Page SEO atau sering disebut juga SEO On Page ( dalam Bahasa Indonesia ) merupakan teknik optimasi website dari dalam struktur website untuk mendapatkan peringkat yang tinggi dari search engine dan mendapatkan lalu lintas yang relevan dari search engine seperti Google, Bing, Yandex dan Search Engine lainnya.

Penerapan On Page SEO dalam sebuah website harus benar-benar tertarget dan ada keterkaitan antara satu sama lain, artinya penerapan tersebut tidak boleh sembarangan.

Sesuai dengan pengertiannya, bahwa On Page SEO memiliki banyak faktor. Faktor tersebut yaitu :

  • Struktur Data Website seperti tag div, body, p, span dan lain-lain
  • Konten Laman
  • URL atau Uniform Resources Locator
  • Title Gambar dan Alt Gambar
  • Backlink

Dari lima faktor tersebut, semuanya harus ada keterkaitan satu sama lain agar tidak terjadi kesalahan dalam penerapannya nanti.

Untuk dapat lebih memahami enam faktor diatas, sekarang saatnya saya memberi penjelasan yang terperinci dan detail supaya dapat dipahami oleh anda yang ingin belajar tentang SEO. On Page SEO adalah salah satu materi seo yang harus dikuasai oleh pemilik website. Baca Selengkapnya

4. Riset Kata Kunci

Dalam materi keempat ini sudah saya bahas berkali-kali didalam blog ini. Keyword (Kata Kunci ) menurut pengertiannya adalah kata atau kumpulan beberapa yang digunakan oleh pengguna internet untuk mencari informasi yang diinginkan. Jika kita tafsirkan dari pengertian keyword (kata kunci) ini berarti suatu susunan suku kata yang diketikkan di mesin pencarian atau juga bisa satu kata saja.

Beberapa materi riset keyword yang telah disampaikan diantaranya

  1. Riset Keyword Menggunakan GKP
  2. Cara Riset Keyword yang Benar

Mengisi Konten

Didalam menulis artikel, pokok utama tulisan adalah struktur yang tepat. Jika kita cermati, pengertian struktur artinya adalah sesuatu yang disusun atau sesuatu yang dibangun. Struktur dalam menulis artikel yang baik dan benar mempunyai makna sesuatu yang terbentuk dan terkait.

Struktural dalam kaitannya dengan kegiatan menulis adalah makna yang terbentuk karena dikarenakan penggunaan kata dalam kaitannya dengan tata bahasa yang digunakan.

Dalam ilmu nahwu ( bahasa arab ) atau tata bahasa ( dalam bahasa indonesia ), menulis erat kaitannya dengan kaidah bahasa yang lazim digunankan. Meski tidak menjadi kaidah yang resmi yang berlaku bagi si Penulis.

Sebagai contoh : Saya menulis ini dan saya boleh saja menggunakan tata bahasa yang baku dan saya juga berhak menulis semau saya tanpa memperhatikan kaidah bahasa.

Untuk mengetahui bagaimana mengisi konten website anda dan bagaimana strategi terbaik dalam menulis artikel, silahkan baca beberapa materi dibawah ini :

  1. Cara Menulis Artikel SEO Friendly
  2. Tips Memulai Menulis Artikel
  3. Menulis Artikel Berkualitas

Mengenal Off Page SEO

stilah seo off page sebenarnya sangat sederhana yaitu optimasi situs web dari luar. Pengertian SEO Off Page yaitu teknik optimasi website yang dilakukan di luar struktur website.

Diluar?
Maksudnya gimana?

Pertanyaan yang mungkin terbersit didalam benak anda Apa yang dimaksud dengan “ Diluar”?

Sebelum saya menjawabnya, ada baiknya anda terlebih dahulu memahami Pengertian SEO agar tidak terjadi salah penafsiran.

Silahkan baca selengkapnya Materi SEO Off Page

Apakah cara diatas akan berhasil?

Tingkat keberhasilan dalam praktek SEO terletak pada diri anda sendiri. Ketika anda konsisten dalam menjalani sesuatu maka hasil yang didapatkan pun akan setimpal

Belajar SEO bukan sekedar belajar menerapkan teknik tetapi juga anda dituntut sabar dan tidak terpengaruh oleh rasa malas.

Dan berikut saya tambahkan beberapa materi yang mungkin dibutuhkan.

  1. Teknik SEO 2018
  2. Teknik Dasar SEO Blogspot Bag. 2
  3. Teknik Dasar SEO Blogspot Bag. 1
  4. Submit Sitemap Standar SEO
  5. Tips SEO Era RankBrain